take and give

Dalam sebuah hubungan penting untuk saling memberi dan menerima. Keseimbangan ini akan menciptakan hubungan yang sehat baik hubungan pertemanan, persaudaraan maupun percintaan.

Yuk, kenali lebih jauh mengenai apa itu take and give. 

Apa itu take and give?

Dalam kamus Cambridge, take and give diartikan sebagai kesediaan untuk menerima saran yang diberikan oleh orang lain dengan mengorbankan sebagian pendapat kamu. 

Dalam hubungan, take and give ini memiliki arti kesediaan untuk merelakan atau menerima pendapat, perhatian, materi ataupun kasih sayang. Berbagai hal ini merupakan dinamika penting untuk membangun sebuah hubungan yang sehat.

Memberi dan menerima akan menjaga hubungan yang baik. Timbal balik ini akan membuat hubungan di antara kedua belah pihak menjadi lebih harmonis. 

Bagaimana jika tidak ada take and give dalam hubungan

Hubungan yang sehat akan terjalin ketika saling memberi dan menerima. Pasangan akan saling bekerja sama untuk memberi dorongan dan kasih sayang baik ketika senang, sedih maupun bila terdapat masalah. 

Dalam beberapa kasus, ketika salah satu pasangan hanya menerima tanpa memberi, hubungan menjadi tidak seimbang dan tidak lagi sehat secara mental dan emosional karena salah satu diantara mereka hanya berperan sebagai pemberi tanpa menerima.

Ini akan menciptakan hubungan yang tidak sehat. Begitu pun sebaliknya. 

Pada sisi penerima (taker) yang memiliki pasangan yang selalu terus memberi mungkin ia dapat merasa tertekan jika pasangan terus berkorban untuknya. Sedangkan, dari sisi pemberi (giver) dapat merasa lelah dan merasa atau merasa usahanya tidak dihargai. 

Cara menjaga hubungan sehat dengan take and give 

Cara menjaga hubungan sehat

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan yang sehat melalui take and give, seperti:

1. Komunikasi yang baik

Komunikasi bukan hanya tentang pertukaran informasi, tapi akan membantu orang saling terhubung untuk berbagi perasaan, merasa lebih lega, dan mendapatkan pendapat dari orang lain ketika sedang menghadapi masalah. 

Kesalahan umum dalam komunikasi yang kerap dilakukan adalah hanya berbicara mengenai diri sendiri namun tidak memberi ruang untuk lawan bicara berbicara. Padahal, menjadi pendengar juga sebuah hal yang penting. 

Tidak masalah untuk membicarakan masalah dan perasaan kamu, namun jangan lupa untuk memberikan waktu pada orang lain untuk berbicara. Pastikan untuk mendengarkannya dengan baik, sehingga orang tersebut nyaman untuk berbicara dengan kamu. 

2. Saling membantu

Dalam sebuah hubungan penting untuk saling membantu satu sama lain, termasuk dalam urusan pekerjaan. Contohnya adalah pada hubungan suami istri.

Seorang suami mungkin benar-benar bisa istirahat di akhir pekan, namun istri tetap mengerjakan pekerjaan rumah sepanjang waktu. Cobalah untuk saling membantu pekerjaan tersebut. 

3. Memberikan pujian

Ini mungkin terdengar sebagai sesuatu yang kecil namun memiliki peran penting untuk menjaga hubungan yang sehat. Pasangan kerap membutuhkan kamu untuk membantu mengenai pencapaian dan kualitas diri mereka. Memberikan pujian dapat membantu pasangan untuk merasa lebih percaya diri. 

Contohnya adalah memuji penampilannya, memuji kemampuannya dalam bekerja, dan pujian lain atas usaha yang sudah ia lakukan. Berikan pujian yang jujur, dengan begitu pasangan akan merasa lebih baik dalam memandang dirinya sendiri. Cara ini juga dapat menciptakan hubungan yang sehat dan harmonis. 

4. Memberi ruang

Take and give bukan berarti kamu terus mengikutinya selama 24/7 dan harus selalu bersama. Memberikan ruang juga penting untuk kedua belah pihak. Setiap orang membutuhkan waktu sendiri, untuk menikmati hobinya, bertemu teman, atau melakukan hal-hal yang ia senangi. 

Memahami bahwa setiap orang dalam sebuah hubungan dapat memiliki hobi yang berbeda, dan dapat melakukan berbagai aktivitas dengan orang lain juga akan membantu menciptakan hubungan yang lebih baik. 

Untuk pasangan yang selalu bersama, mungkin akan sulit untuk memberi ruang kebebasan pada pasangan. Namun, nantinya kamu juga akan lebih terbiasa untuk melakukannya.

Selagi pasangan me time, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan dengan teman-teman yang jarang kamu temui. Terkadang, kita juga butuh untuk bertemu dengan orang lain. Tidak ada salahnya untuk sesekali melakukan hal-hal seperti ini

5. Bersikap terbuka

Penting untuk memiliki sikap terbuka dalam sebuah hubungan. Membuka diri dengan mengungkapkan rasa khawatir dan pengalaman yang pernah dilalui dapat membangun keintiman baik dalam hubungan pertemanan maupun dengan kekasih.

Share artikel ini
Reference