apa itu pacar virtual

Apakah kamu pernah menjalani jenis pacaran virtual? Saat ini jenis pacaran yang hanya dilakukan melalui dunia maya banyak dilakukan. Media sosial yang semakin beragam dan dekat dengan kehidupan menjadikan suatu hubungan juga dapat dilakukan melalui car aini.

Entah lewat media sosial seperti instagram, twitter atau facebook, kamu mungkin bisa tertarik dengan lawan jenis dan mulai intens untuk berhubungan hingga memutuskan untuk berpacaran. Apakah hal ini memungkinkan? Yuk simak plus minusnya di sini!

Apa itu pacaran virtual?

Pacaran virtual adalah jenis hubungan yang diawali dengan berkenalan di media sosial. Pasangan yang merasa cocok dengan satu sama lain ketika saling berkirim pesan tentunya bisa menjalin hubungan lebih daripada sekedar teman. 

Namun, pacaran virtual sangat berbeda dengan hubungan jarak jauh atau LDR. LDR atau long distance relationship biasanya hubungan antara sepasang kekasih yang berbeda kota atau negara, namun mereka umumnya sudah pernah bertemu namun berpisah baik itu alasan pekerjaan, pendidikan, atau lainnya. 

Pacaran virtual berbeda karena pasangan bisa saja belum tau kondisi asli pasangannya dan jenis hubungan ini mulai banyak dilakukan sata media sosial dan internet sangat populer seperti saat ini. Banyaknya aplikasi kencan juga menjadi alasan terbesar pacaran dengan jenis virtual menjadi menjamur. Apa saja plus minus dari jenis hubungan ini?

Tips Aman Menggunakan Aplikasi Kencan Online, Yuk Simak!

Kelebihan pacaran virtual

pacar virtual adalah

Untuk kamu yang ingin mencoba pacaran virtual, tentunya kamu harus tau ada beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan saat menjalin jenis hubungan ini. Yuk simak!

Hemat biaya

Salah satu kelebihan saat menjalin hubungan virtual adalah kamu akan menghemat biaya untuk kencan. Biasanya pasangan yang bertemu langsung baik itu hanya jalan-jalan, makan atau menonton film bersama, tentu akan mengeluarkan biaya rutin untuk itu kan?

Nah, untuk kamu yang menjalin hubungan virtual tanpa bertemu secara fisik, kamu tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk keperluan tersebut.

Punya banyak waktu sendiri

Terkadang pasangan yang berpacaran dan sering bertemu juga kerap mengalami kebosanan karena tidak dapat melakukan apapun yang diinginkan. Pacaran virtual memungkinkan kamu untuk tetap memiliki waktu untuk me time dan hanya untuk diri kamu sendiri, lho!

Tetap punya privasi

Tanpa bertemu dengan pasangan secara langsung, kamu juga akan tetap memiliki privasi yang terkadang tidak bisa kamu dapatkan saat menjalani hubungan dekat dan bertemu langsung dengan pasangan. Kamu juga tetap dapat bermain dan menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga tanpa harus pusing membagi waktu dengan pacar untuk bertemu.

Komunikasi setiap hari

Kamu yang berhubungan secara virtual tentu dapat melakukan komunikasi setiap hari. Ponsel kamu tidak akan pernah sepi karena kamu ingin selalu berkomunikasi dengan sang pacar yang jauh di sana.

Nilai plus ini bisa menjadi hal yang positif saat kamu menjalin hubungan secara virtual, namun di lain itu, kamu juga perlu apa kekurangan dari jenis hubungan ini.

9 Ciri-Ciri Pacaran Sehat dan Cara Membangun Hubungan Sehat dengan Pasangan

Kekurangan pacaran virtual

arti mimpi pacar selingkus

Pacaran virtual memang memberikan banyak hal positif untuk kamu dan pasangan, seperti menguji rasa percaya dan tidak perlu pusing membagi waktu untuk bertemu. Namun, adakalanya kamu akan mendapati beberapa hal ini saat melakukan pacaran virtual, yaitu:

Sering terjadi salah paham

Berkomunikasi secara teks atau pesan singkat saja memungkinkan pasangan salah paham dengan apa yang kamu katakan. Hal ini terkadang menjadi pemicu pertengkaran diantara pasangan virtual. Salah paham akan lebih mudah diminimalisir saat kamu bertemu langsung dengan pasangan, bukan?

Boros kuota dan pulsa

Meskipun kamu tidak perlu menyediakan budget tambahan untuk bertemu pacar, namun pulsa dan kuota akan banyak dibutuhkan. Mungkin akan 2 hingga 3x lebih banyak daripada kamu yang bertemu pasangan secara langsung.

Risiko penipuan

Saat ini banyak sekali terjadi kasus penipuan melalui aplikasi dating atau sosial media. Kamu yang berpacaran secara virtual tentu perlu mencoba banyak hal untuk mengetahui lebih banyak siapa pasangan kamu sebenarnya. Ada kemungkinan pasangan hanya menipu atau memanfaatkan kamu saja, lho.

Tidak bertemu secara fisik

Pacaran yang dilakukan secara virtual tentu akan berat bagi kamu yang ingin bertemu pasangan. Terkadang ada masalah koneksi sehingga komunikasi juga tidak selalu lancar. Ini bisa menjadi hal yang membuat retak hubungan virtual kamu.

Gampang bosan

Komunikasi yang hanya dilakukan melalui pesan atau telepon bisa saja memicu kebosanan. Kamu tentu ingin suasana dan hal yang baru seperti pertemuan secara fisik atau kencan di tempat lain. Hal ini terkadang menjadi alasan putus bagi para pasangan virtual.

Punya Pacar Posesif? Inilah 6 Cara Menghadapinya

Bahaya pacaran virtual

virtual date

Pasangan virtual yang terkadang dipertemukan lewat aplikasi kencan atau sosial media, menjadikan satu sama lain tidak mengenal secara utuh. Tentunya kamu tidak ingin ada bahaya yang mengancam saat berhubungan secara virtual bukan? Apa saja jenis bahaya berkencan secara virtual?

  • Rentan ditipu. Kamu yang menjalin hubungan virtual bisa saja terkena semacam scam atau penipuan. Banyak yang telah memberi kepercayaan pada pasangannya sehingga terkadang sampai meminjamkan uang atau mengirim barang-barang dan ditinggalkan begitu saja.
  • Sulit menjalin hubungan serius. Hubungan yang jelas hingga ke jenjang pernikahan bisa saja tidak terjadi karena pasangan virtual terkadang hanya ingin mencoba dan memanfaatkan waktu luang. Jika kamu berpacaran dengan cara ini, cobalah untuk mengenali dan ajak bertemu pasanganmu di tempat yang aman.
  • Mudah di ghosting. Pasangan virtual bisa hilang tiba-tiba tanpa adanya kejelasan. Kamu Pun tidak bisa mendatanginya karena tidak tahu secara jelas siapa dia, dimana rumahnya dan sebagainya.
  • Risiko selingkuh. Kamu yang berpacaran secara virtual juga akan sulit mengetahui apa saja kebiasaan dan kegiatan pasangan kamu di dunia nyata. Resiko selingkuh akan semakin besar jika pasangan sudah merasa bosan.

Pacaran virtual memang terkadang menantang, namun bagi yang baru memulainya, tetap hati-hati,waspada dan kenali lebih dalam siapa pasangan virtual kamu, ya!

Share artikel ini
Reference