suntik botox adalah
Hidup Sehat Style & Makeup

Suntik Botox Adalah Cara Instan Awet Muda, Ketahui Faktanya

Imelda Rahmawati | Maret 24, 2022
Share

Suntik botox adalah perawatan wajah yang populer beberapa waktu belakangan ini. Perawatan ini ampuh untuk menghilangkan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Banyak wanita dan juga pria menyukainya karena jadi salah sau alternatif tampil awet muda senantiasa.

Meski begitu botox bukanlah perawatan tanpa kontroversi. Ada yang beranggapan jika prosedurnya terlalu mahal dan berbahaya. Nah, jika kamu memutuskan untuk melakukan suntik botox, ketahui dulu fungsi sesungguhnya dan apa efek sampingnya?

Apa itu suntik botox?

Suntik botox adalah prosedur medis yang umumnya digunakan untuk mengobati atau mengurangi kerutan wajah. Suntikan botox dilakukan dengan menggunakan neurotoxin yang disebut onobotulinumtoxin A, yang untuk sementara mencegah otot berkontraksi. Botox adalah singkatan dari botulinum toxin.

Selain untuk keperluan kosmetik, suntikan ini juga dapat mengobati beberapa gangguan medis seperti kejang leher (cervical dystonia), keringat berlebih (hiperhidrosis), kandung kemih terlalu aktif, mata malas, dan migrain kronis.

Botox yang disuntikkan ke kulit akan memblokir sinyal yang dikirim saraf ke otot, sehingga otot tidak bisa berkontraksi. Hal ini akan membuat kerutan pada kulit memudar. Biasanya, prosedur ini digunakan untuk menghilangkan kerutan di dahi, sekitar mata, dan garis mulut.

Namun, suntikan tidak dapat memudarkan kerutan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan atau gaya gravitasi. Hasilnya tidak permanen dan hanya akan bertahan selama 3-6 bulan.

Saat efeknya mulai hilang, garis dan kerutan pada kulit akan muncul kembali. Ini memang cara instan untuk awet muda, tapi kamu biasanya harus melakukannya berulang kali.

Fungsi suntik botox

Suntikan botox lebih dikenal untuk perawatan kecantikan, terutama perawatan anti penuaan. Berikut manfaatnya di berbagai bidang:

  1. Dalam bidang kecantikan, prosedur ini bisa mengurangi atau menghilangkan garis halus dan kerutan di sudut luar mata, di antara alis, dan dahi.
  2. Penyuntikan pada daerah ketiak bisa mengurangi keringat berlebihan atau hiperhidrosis.
  3. Menghilangkan sakit kepala non-permanen pada penderita migrain.
  4. Masalah mata, seperti mata juling dan blepharospasm
  5. Gangguan neurologis tertentu, seperti cerebral palsy

Suntik botox di wajah

Suntik botox adalah salah satu prosedur kosmetik paling populer di dunia. Banyak orang memilih menjalani prosedur ini untuk menghilangkan kerutan di wajah. Biasanya suntikan ini dilakukan untuk menghilangkan kerutan di dahi, sudut mata, area kulit di antara alis, garis senyum, dan dagu.

Ada juga klaim yang menyatakan jika prosedur ini bisa membuat wajah terlihat lebih tirus. Namun, dalam beberapa kasus seperti struktur alami wajah yang membuat pipi tembem secara alami atau gangguan hipertrofi rahang, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Suntik botox di payudara

Suntikan botox ke payudara disebut Breastox dan berfungsi membuat tampilan payudara lebih kencang. Efek krim anestesi dapat mematikan rasa sakit dan pasien diberikan sekitar 12 suntikan ke otot dada pectoralis minor.

Akibatnya, otot-otot yang disuntikkan membeku dan membuat otot-otot lain di belakang payudara mengencang. Cara ini membuat payudara kamu terangkat dan tidak kendur. Teknik ini paling baik dilakukan pada wanita berusia 20-an dan 30-an dengan payudara cup A dan B. Efek injeksi berlangsung selama dua minggu dan hilang dalam waktu sekitar tiga bulan.

Cara ini bisa menjadi jalan keluar bagi kamu yang ingin penampilan kencang dalam waktu singkat. Namun, sebenarnya kamu juga bisa membuat payudara tidak kendur dan kencang secara alami.

Efek samping suntik botox

Secara umum, suntik botox merupakan prosedur yang aman jika dilakukan oleh dokter terlatih. Namun, masih ada beberapa efek samping dan komplikasi setelah injeksi botox, seperti:

  • Nyeri, bengkak, dan memar di tempat suntikan
  • Sakit kepala
  • Kelopak mata turun
  • Garis senyum asimetris
  • Air liur berlebihan dan tak bisa terkontrol
  • Mata kering atau produksi air mata berlebih

Ternyata suntik botox tak hanya berguna untuk kecantikan, ya. Jika dilakukan oleh profesional medis yang tepat, prosedur ini bisa mengobati dan meringankan banyak gejala medis. Jadi, apa kamu tertarik untuk melakukannya?

Reference
Share