cara mengatasi vagina gatal

Vagina merupakan bagian tubuh krusial yang membutuhkan kelembapan. Namun, kelembapan yang berlebihan atau kurang justru akan menyebabkan vagina gatal karena pH yang tidak stabil.

Vagina gatal juga bisa disebabkan oleh hal lain. Karena beragamnya penyebab gatal pada vagina, maka cara mengatasinya pun juga beragam. So, yuk kenali penyebab vagina gatal dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab vagina gatal

cairan vagina yang tidak normal

Berikut beberapa kemungkinan penyebab gatal pada vagina dan sekitarnya.

Iritasi

Mengekspos vagina ke bahan kimia yang mengiritasi dapat menyebabkan gatal pada vagina. Iritasi vagina dapat memicu reaksi alergi yang menciptakan ruam gatal di berbagai area tubuh, termasuk vagina. Iritasi kimia yang umum meliputi penggunaan:

  • deterjen
  • kertas toilet beraroma
  • kontrasepsi topikal
  • krim
  • mandi busa
  • sabun mandi
  • semprotan feminin
  • salep
  • pelembut kain

Jika kamu menderita diabetes atau inkontinensia urine, maka urine kamu juga dapat menyebabkan iritasi vagina.

Penyakit kulit

Beberapa penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis, dapat menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal di daerah genital.

Eksim, juga dikenal sebagai dermatitis atopik, adalah ruam yang terutama terjadi pada penderita asma atau alergi. Ruam kemerahan dan gatal dengan tekstur bersisik. Ini dapat menyebar ke vagina pada beberapa wanita dengan eksim.

Psoriasis adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan bercak merah bersisik, gatal, dan terbentuk di sepanjang kulit kepala dan persendian. Kadang-kadang, wabah gejala ini dapat terjadi pada vagina juga.

Ternyata Ini Alasan Kenapa Vagina Bau, Waspadai Penyebabnya!

Infeksi jamur vagina

Ragi adalah jamur alami yang biasanya ada di vagina. Biasanya tidak menimbulkan masalah, tetapi ketika pertumbuhannya tidak terkendali, infeksi yang tidak nyaman dapat terjadi.

Infeksi sering terjadi setelah minum antibiotik, karena jenis obat ini dapat menghancurkan bakteri baik bersama dengan bakteri jahat. Bakteri baik diperlukan untuk menjaga pertumbuhan ragi tetap terkendali.

Pertumbuhan jamur yang berlebihan di vagina dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman, termasuk gatal, terbakar, dan keluarnya cairan kental.

Vaginosis bakterial

Vaginosis bakterial atau bacterial vaginosis (BV) adalah alasan umum lain untuk gatal pada vagina. Seperti infeksi jamur vagina, BV dipicu oleh ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat yang terjadi secara alami di vagina.

Kondisi ini tidak selalu menimbulkan gejala. Namun ketika muncul, gejalanya bisa berupa gatal-gatal pada vagina dan keputihan yang tidak normal dan berbau busuk. Keputihan mungkin tipis dan berwarna abu-abu kusam atau putih. Dalam beberapa kasus, mungkin juga berbusa.

Penyakit menular seksual (PMS)

Banyak PMS dapat ditularkan selama hubungan seksual tanpa kondom dan menyebabkan gatal-gatal di vagina. PMS termasuk:

  • bulu kemaluan
  • gonorea
  • klamidia
  • kutil kelamin
  • trikomoniasis

Kondisi ini juga dapat menyebabkan gejala tambahan, termasuk pertumbuhan abnormal, keputihan berwarna hijau atau kuning, dan nyeri saat buang air kecil.

Menopause

Wanita yang sedang mengalami menopause lebih berisiko mengalami gatal-gatal pada vagina. Hal ini disebabkan penurunan kadar estrogen yang terjadi selama menopause, yang menyebabkan atrofi vagina.

Ini adalah penipisan mukosa yang dapat menyebabkan kekeringan yang berlebihan. Kekeringan dapat menyebabkan gatal dan iritasi jika kamu tidak mendapatkan pengobatan untuk itu.

Stres 

Stres fisik dan emosional dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada vagina, meskipun hal ini tidak terlalu umum. Ini mungkin terjadi ketika stres melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuatmu lebih rentan terhadap infeksi yang menyebabkan gatal.

Kanker vulva

Dalam kasus yang jarang terjadi, gatal pada vagina mungkin merupakan gejala kanker vulva. Ini adalah jenis kanker yang berkembang di vulva, yang merupakan bagian luar alat kelamin wanita. Yang termasuk bagian vulva adalah bibir bagian dalam dan luar vagina, klitoris, dan pembukaan vagina.

Kanker vulva mungkin tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, ketika gejala memang terjadi, mereka mungkin berupa gatal, pendarahan abnormal, atau nyeri di daerah vulva.

Kanker ini dapat berhasil diobati jika dokter mendiagnosisnya pada tahap awal. Ini adalah alasan lain mengapa pemeriksaan ginekolog tahunan sangat penting.

12 cara mengatasi vagina gatal

cara agar vagina wangi

Jika kamu sudah mengunjungi penyedia layanan kesehatan dan hanya didiagnosa dengan iritasi ringan, ada banyak pengobatan rumahan untuk meredakan gatal pada vagina yang dapat membantu.

1. Periksa sabun

Miss V kamu adalah area sensitif dan beberapa sabun, terutama yang mengandung wewangian yang harum, dapat membuat area tersebut gatal. Cobalah beralih ke sabun hipoalergenik dan rasakan perbedaannya.

2. Pikirkan kembali menggunakan pembalut

Beberapa wanita mengalami reaksi alergi terhadap pembalut menstruasi mereka yang dapat memicu kasus gatal yang serius. Itu karena beberapa pembalut menstruasi mengandung parfum yang bisa mengiritasi.

Jika kamu merasa sangat gatal saat menstruasi, hentikan penggunaan pembalut dan pilihlah pembalut yang tidak beraroma, atau mungkin pembalut dan tampon versi organik.

Pembalut Organik, Pilihan Tepat Untuk Kesehatan Wanita

3. Oleskan aquafor

Jika terasa gatal, mungkin juga terasa terbakar saat buang air kecil, tambahkan sedikit aquafor ke area tersebut, bersihkan dengan air setelahnya, dan keringkan dengan lembut.

Jangan gunakan petroleum jelly karena dapat memperburuk infeksi jamur, sementara aquafor dapat membuat kulit lebih bernapas sambil tetap menciptakan penghalang. Plus, ia bisa memberikan efek menenangkan.

4. Gunakan krim infeksi jamur

Banyak wanita menganggap mereka memiliki infeksi jamur setiap kali mengalami gatal pada vagina, tetapi tidak selalu demikian. Jika kamu pernah mengalami infeksi jamur sebelumnya dan tahu itu yang sedang dihadapi, obat infeksi jamur OTC akan membantu.

Ingatlah bahwa kamu juga bisa mendapatkan infeksi jamur di vulva dan ada krim untuk itu juga. Temui dokter jika kamu tidak yakin apakah gejala yang kamu alami mungkin terkait dengan infeksi jamur.

5. Mandi dengan air hangat

Mandi air panas dapat memberikan lebih dari sedikit relaksasi ketika kamu berurusan dengan gatal-gatal di bawah sana. Jangan ragu untuk menambahkan garam Epsom biasa atau mandi oatmeal seperti.

Setelah itu, kamu bisa mengeringkan area vagina dengan pengering rambut dengan pengaturan suhu rendah yang sejuk.

6. Cobalah krim hidrokortison

Krim hidrokortison sering digunakan untuk iritasi kulit ringan, sehingga dapat membantu juga untuk gatal luar vagina. Hanya saja, jangan memasukkan krim ini ke dalam vagina, karena dapat memperburuk peradangan.

7. Oleskan kompres es atau terapi pendinginan lainnya

Melakukan perawatan dingin seperti kompres es atau bantalan pendingin yang dijual bebas dapat memberikan kelegaan. Pastikan untuk menggunakannya dengan pelindung kain seperti pakaian dalam atau handuk daripada mengoleskannya langsung ke kulit, karena kamu bisa semakin mengiritasinya.

8. Pilih pakaian dalam berbahan katun

Kain tertentu dapat menyebabkan iritasi dan gatal ekstra, jadi tetap menggunakan celana dalam katun mungkin merupakan pilihan terbaik. Lebih baik lagi, pilihlah yang organik, tambahnya.

9. Cobalah metode penghilangan rambut alternatif

Jika kamu mencukur area bikini dan menyadari bahwa itu selalu diikuti dengan rasa gatal, snagat disarankan untuk mempertimbangkan metode lain, seperti laser hair removal, elektrolisis, atau waxing.

10. Cobalah antihistamin OTC yang tidak membuat mengantuk

Obat-obatan seperti Benadryl diketahui dapat membantu meredakan reaksi alergi pada kulit, jadi mencobanya untuk mengatasi masalah gatal juga terbukti dapat membantu.

11. Melembapkan area luar

Dari waktu ke waktu, gatal pada vagina mungkin disebabkan oleh kulit kering, jadi pertimbangkan pelembab hipoalergenik tanpa petrolatum yang dapat memperburuk masalah.

12. Pertimbangkan terapi hormon

Jika semuanya gagal, estrogen vagina mungkin berhasil jika masalahnya adalah estrogen yang rendah, yang dapat disebabkan oleh menopause, penggunaan kontrasepsi hormonal, menyusui, atau minum obat tertentu, 

Intinya, meskipun pengobatan rumahan untuk cara mengatasi vagina gatal ini bisa menjadi solusi sementara, jika kamu masih berjuang dengan gatal yang tidak pasti kapan berhenti, saatnya menemui dokter untuk pemeriksaan.

Share artikel ini
Reference