setelah suntik kb apakah boleh berhubungan

Sebenarnya para pasangan tidak perlu khawatir mengalami ‘kebobolan’ ketika melakukan melakukan hubungan intim, apalagi jika menggunakan alat kontrasepsi. Namun, yang jadi pertanyaan setelah suntik KB apakah boleh berhubungan langsung? 

Salah satu alat kontrasepsi populer menunda kehamilan adalah suntik KB 1 bulan dan 3 bulan. Banyak wanita memilih suntik karena alasan praktis dan keamanannya. Keunggulan jenis kontrasepsi ini adalah efektivitasnya yang tinggi dalam mencegah kehamilan, yaitu hingga 99%. 

Aturan pakai suntik KB

Suntik KB dilakukan rutin setiap satu atau 3 bulan sekali. Biasanya tenaga medis akan menyuntikkan dosis melalui paha, perut, ataupun bokong. Cara kerja kontrasepsi suntik yaitu mengentalkan lendir di leher rahim, agar sel sperma tidak dapat mencapai dan membuahi sel telur.

Dalam setiap dosis, terkandung hormon buatan bernama progestin yang mirip hormon hasil produksi indung telur, yakni progesteron. Suntik KB bisa dilakukan sebelum maupun saat menstruasi. Perlindungan kontrasepsi ini bekerja dalam waktu 5-7 hari sejak kamu pertama kali disuntik.

Penggunaan suntik KB mampu melindungi kamu dari risiko kehamilan tanpa rencana, tetapi tidak dapat memproteksi dari infeksi seksual menular. Jadi, untuk mencegah risiko pasangan suami istri bisa menggunakan alat kontrasepsi lainnya, seperti kondom.

Aturan penggunaan KB suntik yang efektif yaitu diberikan ulang setiap 12 minggu sekali atau setidaknya 4 kali dalam setahun. Biasanya wanita mulai suntik KB di 7 hari pertama setelah menstruasi selesai, 3 minggu pasca melahirkan, dan 7 hari setelah keguguran. 

Cari Tahu Risiko dan Manfaat Berhubungan Intim saat Menstruasi

Setelah suntik KB apakah boleh berhubungan? 

Berhubungan seksual pasca suntik KB boleh-boleh saja. Akan tetapi, kamu perlu menunggu beberapa hari, agar KB bisa bekerja dengan baik. Apabila kamu suntik setelah menstruasi selesai, maka butuh 7 hari sebelum berhubungan intim. Sementara jika dilakukan saat menstruasi, maka alat kontrasepsi membutuhkan waktu 5 hari untuk bekerja. 

Selagi alat kontrasepsi bekerja, kamu bisa mengandalkan kondom untuk mencegah kehamilan saat melakukan seks. Dampak jika kamu melakukan seks sehari pasca suntik yaitu bisa terjadi kehamilan. Tentunya, ini bukan sesuatu yang kamu harapkan bukan?

Efek samping paling menonjol dari suntikan adalah jadwal menstruasi yang tidak teratur. Pada sebagian wanita, mereka bahkan tidak mengalami haid sama sekali selama beberapa bulan ke depan.  

Dampak penggunaan KB suntik 3 bulan 

setelah suntik kb apakah boleh berhubungan ini dampaknya

Merk KB suntik terkenal dan sudah aman contohnya Depo-Provera. Setelah suntikan pertama, kamu mungkin mengalami efek samping seperti sakit kepala, pusing, muncul jerawat, rambut rontok, kenaikan berat badan, kembung, bulu tumbuh agak lebat, mual, hingga gairah seks menurun. 

Namun, tanda ini tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara. Selain tanda di atas, sebagian pengguna juga rentan alami osteoporosis, nyeri di bagian payudara, dan gangguan depresi. 

Keunggulan KB suntik 3 bulan

Alat kontrasepsi berupa pil berisiko menyebabkan kehamilan apabila kamu lupa mengkonsumsinya dan berhubungan seksual. Apalagi jika kamu bukan tipe orang yang bisa minum obat oral. 

Di sisi lain, KB suntik menawarkan keunggulan yaitu tidak perlu minum pil setiap hari, melainkan hanya melakukan suntik setiap 3 bulan sekali, tanpa repot, dan efektivitas lebih tinggi. Jika terlambat melakukan suntik kedua kamu bisa menggunakan alat kontrasepsi darurat sebagai upaya pencegahan 

Menariknya lagi, penggunaan KB suntik bersifat sementara sehingga kamu bisa berhenti suntik jika ingin memiliki anak lagi. Tentunya, setelah berkonsultasi dengan dokter lebih dulu. Pada beberapa wanita, setelah menerima suntikan pertama dirinya tidak lagi mengalami kram menjelang menstruasi. 

10+ Cara Berhubungan Intim yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Penggunaan KB suntik pasca keguguran atau aborsi

Suntik KB setelah keguguran atau aborsi hanya boleh dilakukan berdasarkan anjuran dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan suntikan pertama setelahnya. Jika seseorang mendapat suntikan pertama lebih dari 5 hari sejak keguguran, dokter akan menyarankannya memakai alat kontrasepsi tambahan selama seminggu ke depan. 

Pertanyaan setelah suntik KB apakah boleh berhubungan sudah terjawab lewat artikel di atas. Kini, kamu dan pasangan nggak perlu khawatir kebobolan ketika melakukan hubungan seksual.  


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference