berhubungan intim saat menstruasi

Berhubungan seksual saat haid adalah hal yang sering kali dipertanyakan oleh kebanyakan perempuan. Apakah melakukan hubungan intim saat menstruasi dapat mempengaruhi kesehatan? Kamu mungkin gelisah akan terjadi masalah yang serius saat melakukannya.

Beberapa orang mungkin masih melakukan hubungan seksual ketika menstruasi. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah hal tersebut dapat menimbulkan penyakit atau masalah kesehatan yang serius? Hal ini karena masyarakat pada umumnya menganggap tidak biasa.

Bolehkah berhubungan intim saat menstruasi?

berhubungan badan saat pms

Melakukan hubungan intim saat menstruasi sebenarnya boleh boleh saja, dokter pun tidak melarang jika kamu memang ingin melakukannya. Hanya saja, sebagian wanita mungkin akan merasa tidak nyaman karena darah yang akan berceceran.

Berhubungan seks ketika menstruasi sering dianggap menjadi sebuah hal yang buruk. Tetapi pada kenyataannya hal tersebut tidak menjadi masalah, karena pada saat haid pun kondisi vagina dan rahim dalam keadaan baik-baik saja.

Hingga saat ini belum ada studi resmi yang menyatakan bahwa melakukan hubungan seksual ketika menstruasi menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, dalam beberapa literatur disebutkan sebaiknya tidak melakukan hubungan ketika haid jika merasa tidak nyaman.

Apa efek jika berhubungan saat haid?

Efek yang bisa ditimbulkan ketika melakukan hubungan saat haid adalah terjadinya infeksi. Karena, ketika haid dinding vagina akan mengalami pembengkakan dan lapisan dinding rahim sedang mengalami peluruhan dengan mengeluarkan darah.

Darah yang keluar bisa memicu pertumbuhan bakteri dan menyebabkan perempuan mengalami gangguan ISK. Selain itu, pria juga bisa terkena dampak infeksinya karena terkena darah haid yaitu mengalami infeksi pada prostat.

Tidak hanya infeksi karena bakteri saja, jamur juga bisa berkembang ketika menstruasi. Karena saat haid, kadar pH pada vagina akan meningkat dari biasanya dan membuatnya tidak bisa membunuh bakteri secara alami dengan kadar pH asamnya.

Bahaya lainnya yang dapat membahayakan adalah dengan melakukan hubungan ketika mengalami riwayat penyakit menular. Karena biasanya penyakit menular lebih mudah ditularkan melalui darah dan jaringan mukosa apalagi jika tidak memakai kondom.

Berhubungan intim saat haid apa bisa hamil?

Berhubungan intim ketika haid tidak menutup kemungkinan ibu akan hamil. Jika kamu berpikir bahwa berhubungan seks ketika haid dapat menghindari kehamilan, anggapan itu salah karena kehamilan sendiri tergantung pada masa ovulasi setiap perempuan.

Biasanya perempuan akan mengalami masa ovulasi tergantung dari siklus menstruasinya. Jika kamu memiliki masa siklus 28 hari, maka masa ovulasi atau suburnya yaitu 14 hari sejak hari pertama haid.

Benarkah berhubungan intim saat menstruasi memiliki manfaat?

Meski banyak efek samping yang buruk dari berhubungan intim ketika menstruasi, tetapi di sisi lain ada juga manfaatnya. Yaitu;

1. Meredakan kram perut

Dapat meredakan kram haid perempuan, mengingat kram haid biasanya akan sangat menyakitkan bagi setiap perempuan.

Belum ada studi yang resmi mengenai hal ini, tetapi ketika perempuan mengalami orgasme maka tubuh secara alami akan mengeluarkan hormone endorphin yang menjadi pereda nyeri alami. Sehingga kram haid pun akan mereda secara alami dan menjadi lebih singkat.

2. Haid bisa jadi lebih singkat

Selain itu, orgasme juga dapat membuat rahim dan juga leher rahim ikut berkontraksi sehingga darah haid mungkin saja akan meluruh lebih cepat dari dinding rahim dan membuat masa haid menjadi lebih singkat dari biasanya.

3. Hasrat seksual meningkat

Pada beberapa kasus, sejumlah wanita mengalami kenaikan hasrat atau keinginan untuk melakukan seksual ketika sedang haid. Dengan kata lain melakukan hubungan seksual ketika sedang haid juga dapat meningkatkan hasrat atau keinginan untuk melakukan hubungan seksual.

4. Darah haid menjadi pelumas alami

Dalam beberapa sumber juga mengatakan bahwa darah haid itu sendiri bisa saja menjadi pelumas secara alami ketika melakukan hubungan seksual. Selain itu, melakukan hubungan seksual sendiri bisa menjadi refreshing dan dapat meredakan sakit kepala.

Melakukan hubungan intim ketika sedang menstruasi memiliki banyak sisi negatif dan positifnya. Meski begitu, beberapa efek negatif nya akan menjadi serius ketika tidak dihindari dan bergerak menjadi masalah kesehatan.

Akan lebih baik jika kamu memikirkan ulang untuk melakukan hubungan seksual ketika sedang menstruasi. Memang akan mendapatkan kepuasan tersendiri, tetapi bukankah akan lebih baik jika menghindari penyakit-penyakit yang mungkin akan timbul setelah melakukan hubungan.

Share artikel ini
Reference