Efek samping suntik kb 3 bulan

Suntik KB adalah metode kontrasepsi yang banyak diminati oleh wanita. Suntik KB sendiri dibedakan berdasarkan waktu suntiknya dan salah satunya adalah suntik KB 3 bulan. Apakah kamu juga salah satu yang menjalani metode ini atau masih mempertimbangkan untuk memilih jenis suntik ini?

Sebelum memilihnya, ketahui cara kerja dan efek samping KB suntik 3 bulan sehingga kamu bisa bersiap dalam menjalani suntik ini, yuk simak informasi detailnya di sini, ladies!

Mengenal KB suntik 3 bulan

KB suntik adalah satu satu cara untuk mencegah kehamilan. KB dapat dibedakan berdasarkan waktu suntik seperti 1 bulan atau 3 bulan. KB suntik 3 bulan banyak peminatnya karena praktis dan tidak perlu bolak-balik suntik terlalu cepat setiap bulannya.

Suntik KB 3 bulan dilakukan sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Setiap suntikan mengandung hormon progestin dan medroxyprogesterone. Di mana hormone ini bertahan selama 3 bulan atau 12 minggu. Jika memilih jenis suntik ini, maka kamu harus rutin untuk melakukan suntik setiap 3 bulan sekali.

Apa efek samping KB suntik 3 bulan dan bagaimana cara KB suntik?

Cara kerja KB suntik 3 bulan

Cara kerja dari suntik KB ini adalah mengentalkan lendir serviks atau lender rahim sehingga sperma akan sulit untuk mencapai rahim dan membuahi sel telur yang matang. KB suntik termasuk salah satu alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan.

Salah satu jenis KB suntik 3 bulan, Depo Provera bahkan sudah disetujui oleh Food and Drugs Administration yang setara dengan badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang ada di Indonesia. KB suntik memang dapat mencegah kehamilan namun perlu diketahui bahwa suntik KB tidak dapat melindungi kamu dari penyakit menular seksual atau penyakit kelamin.

Suntik KB ini biasanya dilakukan di lengan atas atau bokong, namun ada juga yang dapat disuntikkan di area paha atas atau area perut. Suntik ini akan melepaskan hormone ke dalam pembuluh darah.

Kelebihan suntik KB 3 bulan

Kelebihan dari suntik KB 3 bulan antara lain:

  • Tidak ada interaksi dengan obat-obatan
  • Pemakain efektif untuk mencegah kehamilan
  • Suntik KB cepat dan mudah, hanya selama 4 kali dalam 1 tahun
  • Tidak bersifat permanen dan bisa mengatur waktu untuk program hamil
  • Tidak perlu mengingat untuk mengonsumsi pil setiap hari
  • Aman untuk ibu menyusui
  • Tidak perlu menghitung masa subur jika ingin berhubungan seksual
  • Bisa berhenti KB tanpa harus ke dokter
  • Mengurangi risiko kanker ovarium dan kanker rahim
  • Mengurangi rasa nyeri saat menstruasi dan membuat perdarahan lebih ringan

Selain kelebihannya, apakah ada efek samping KB suntik 3 bulan yang dapat dialami wanita?

Apa efek samping KB suntik 3 bulan

Suntik KB dapat mencegah kehamilan dengan mudah tanpa perlu kerepotan bagi wanita, namun selain itu, ada efek samping KB suntik 3 bulan yang harus kamu ketahui, seperti:

  • Efek samping berupa keluhan fisik seperti nyeri payudara, sakit kepala, berat badan naik, menstruasi tidak teratur dan perdarahan. Efek ini bisa muncul selam KB suntik masih dijalani.
  • Tubuh membutuhkan waktu yang lama agar tingkat kesuburan normal kembali, setidaknya setelah setahun KB dihentikan. Alat kontrasepsi ini tentu tidak dianjurkan bagi kamu dan pasangan jika ingin memiliki momongan lebih cepat.
  • Pemakain suntik KB ini mengurangi kepadatan tulang dan risiko akan menurun jika suntik dihentikan.
  • Suntik KB tidak melindungi kamu dari penyakit menular seksual sehingga perlu kondom jika tidak ingin terjadi pembuahan saat berhubungan seksual.

Berapa lama efek samping pengguna KB suntik 3 bulan

Hormon yang disuntikan saat suntik KB 3 bulan dapat menyebabkan beberapa efek samping yang berbeda antara satu wanita dengan wanita lain. Sebagian besar wanita tidak mengalami masalah apapun saat menjalani suntik KB

Efek samping KB suntik 3 bulan lain yang paling umum dirasakan adalah perubahan dalam siklus menstruasi, khususnya pada wanita yang melakukan suntik KB pada tahun pertama. Efek sampingnya antara lain:

  • Tidak haid sama sekali setelah dilakukan suntik KB 3 bulan.
  • Durasi haid yang lebih lama setelah suntik.
  • Terdapat flek atau bercak, cairan berwarna coklat antara periode suntik hingga pendarahan ringan.

Efek samping biasanya akan menghilang setelah 2 hingga 3 bulan jika tubuh kamu sudah terbiasa dengan hormone yang terkandung dalam suntik KB 3 bulan.

Efek samping KB suntik 3 bulan ini bisa menjadi pertimbangan kamu saat memilih alat kontrasepsi ya, ladies. Untuk mengetahui kondisi, jenis KB yang tepat, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui kelebihan, efek samping dan cara kerja KB yang akan kamu gunakan.

Share artikel ini
Reference