posisi hubungan intim agar cepat hamil setelah haid

Jika kamu sedang mencoba untuk program hamil, kamu mungkin ingin melakukan segalanya untuk mewujudkannya secepat mungkin.

Nah, salah satu hal yang kamu dan pasangan mungkin bertanya-tanya bisa jadi tentang apakah posisi saat berhubungan seks itu penting? Bisakah berhubungan seks dengan cara tertentu membantu peluang kamu untuk hamil?

Untuk menjawab pertanyaan ini, simak informasi selengkapnya pada artikel ini!

Kapan berhubungan intim setelah haid?

cara berhubungan intim

Saat kamu mencoba untuk hamil, kegiatan seks bersama pasangan lebih dari sekadar bersenang-senang. Kamu mungkin  ingin melakukan segalanya dengan benar di tempat tidur untuk memaksimalkan peluang untuk hamil.

Namun, tidak ada posisi seks tertentu yang terbukti meningkatkan peluang kehamilan.

Meski begitu, beberapa perubahan pada waktu dan frekuensi bercinta dapat membantu meningkatkan peluang untuk hamil.

Waktu terbaik untuk hamil adalah pada masa subur dalam siklus menstruasi. Masa subur mencakup lima hari sebelum ovulasi dan hari ovulasi.

Dua hari sebelum kamu berovulasi dan hari ovulasi memiliki kemungkinan pembuahan tertinggi. Berhubungan seks pada hari-hari tersebut akan memberi kamu peluang terbesar untuk hamil.

Selama ovulasi, ovarium melepaskan sel telur yang matang. Telur itu berjalan menuruni tuba falopi menuju rahim.

Pada jalur ini, sperma akan bertemu dan membuahi sel telur. Sperma dapat hidup selama sekitar lima hari. Jadi jika kamu mencoba untuk hamil, tujuan kamu adalah memiliki sperma hidup di tuba fallopi saat kamu berovulasi.

Bagaimana kamu tahu bahwa kamu sedang berovulasi? Salah satu caranya adalah menghitung hari siklus.

Simpan kalender siklus menstruasimu atau gunakan aplikasi untuk melacaknya agar kamu tak lupa. Setiap siklus dimulai pada hari pertama haid, dan berakhir pada hari sebelum haid berikutnya dimulai.

Cari titik tengah siklus menstruasimu, jika kamu memiliki siklus 28 hari, biasanya kamu akan berovulasi sekitar hari ke-14.

Begini Cara Menghitung Kehamilan setelah Haid

Posisi terbaik berhubungan intim agar cepat hamil setelah haid

 Hal yang dapat membantu proses kehamilan adalah menempatkan sperma sedekat mungkin dengan leher rahim, yakni saluran yang menghubungkan vagina dan rahim.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memastikan penis masuk lebih dalam saat berhubungan seksual. Seiring dengan penetrasi penuh, dua gaya seks ideal untuk menyimpan sperma tepat di pembukaan serviks.

Posisi hubungan intim agar cepat hamil setelah haid yaitu dengan menempatkan sperma sedekat mungkin dengan leher rahim adalah posisi misionaris, atau penetrasi dari atas atau penetrasi dari belakang alias doggy style.

Dalam posisi berdiri dan wanita di atas, gravitasi bekerja melawan tubuh. Namun berdiri tepat setelah berhubungan seks seharusnya tidak mengurangi peluang untuk hamil.

Apakah saat Hamil Bisa Haid? Ini Jawabannya!

Berapa kali perlu berhubungan intim 

posisi hubungan intim agar cepat hamil setelah haid

Kamu mungkin pernah membaca bahwa berhubungan seks terlalu sering menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sperma memiliki kualitas yang lebih baik ketika dikumpulkan setelah 2-3 hari.

Studi juga menunjukkan bahwa tingkat pembuahan yang lebih tinggi terlihat pada pasangan yang berhubungan seks setiap 1-2 hari.

Bercinta sekali sehari atau dua hari sekali selama masa subur akan meningkatkan peluang untuk hamil.

Cobalah untuk berhubungan seks lebih sering, tetapi jangan memaksakan diri untuk membuat jadwal. Itu bisa menyebabkan stres yang tidak perlu.

Pada akhirnya, berapa kali ideal berhubungan seks adalah yang terasa nyaman bagi kamu dan pasanganmu.


Penulis: Ratih Latifah Murniati

Share artikel ini
Reference