vitamin penambah nafsu makan

Nafsu makan menjadi hal yang penting untuk menjaga pola hidup sehat, tapi apa jadinya jika keinginan untuk makan terus menurun? Vitamin penambah nafsu makan menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini. Ada banyak faktor yang bisa menghilangkan nafsu makan seperti stres, kurang tidur, gangguan mental, hingga kondisi medis tertentu.

Saat nafsu makan hilang selama berhari-hari, kamu akan mengalami penurunan berat badan bahkan hingga malnutrisi. Makanan menjadi komponen paling penting untuk kelangsungan hidup. Kamu akan mengalami banyak masalah kesehatan jika pola makan terganggu, apalagi jika kamu tidak memiliki nafsu makan sama sekali.

Apa itu vitamin penambah nafsu makan

Vitamin penambah nafsu makan adalah nutrisi yang dapat membantu meningkatkan keinginan untuk makan. Vitamin ini digunakan untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan nafsu makan. Saat keinginan makan semakin menurun dari hari ke hari, kamu bisa mengandalkan vitamin untuk menjaga pola hidup sehat.

Kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin penambah nafsu makan saat ingin menaikan berat badan. Setiap orang memiliki berat badan ideal masing-masing, mungkin saja berat badanmu saat ini masih kurang dari angka ideal, maka kamu bisa memanfaatkan vitamin penambah nafsu makan. Sebelum mengonsumsinya, kamu harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi.

Fungsi vitamin penambah nafsu makan

Vitamin penambah nafsu makan berfungsi untuk merangsang nafsu makan agar semakin meningkat. Beberapa jenis vitamin dan mineral memiliki fungsi yang efektif untuk mengobati kekurangan nutrisi dalam tubuh yang mengakibatkan penurunan nafsu makan.

Saat tubuh kamu mendapat asupan makanan dengan nutrisi yang baik, maka kesehatan fisik dan mental pun akan berangsur membaik. Banyak penyakit karena pola makan tidak sehat, salah satunya dipengaruhi oleh nafsu makan yang terus menurun.

Apa saja vitamin penambah nafsu makan

Ada beberapa vitamin penambah nafsu makan yang disarankan oleh para dokter dan ahli gizi. Jika kamu tertarik untuk mengkonsumsinya, lakukan konsultasi terlebih dahulu terkait dosis yang harus dikonsumsi. Berikut adalah beberapa jenis vitaminnya:

1. Zinc

Zinc adalah mineral penting yang terlibat dalam proses metabolisme sel dan mampu memelihara kekebalan tubuh. Saat tubuh kekurangan zinc, tubuh akan mengalami beberapa gejala seperti fungsi kekebalan yang buruk, kehilangan nafsu makan, dan perubahan persepsi rasa (yang juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan).

Makanan yang mengandung zinc di antaranya; daging merah, kerang, kacang polong, biji-bijian, kacang-kacangan dan mentega kacang, susu, telur, biji-bijian, cokelat hitam, dan beberapa sayuran, seperti kentang, kacang hijau, dan kangkung. Kamu juga bisa mengkonsumsi zinc dalam bentuk obat bila perlu.

2. Tiamin (vitamin B1) dan vitamin B lainnya

Tiamin juga dikenal sebagai vitamin B1, yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang memiliki peran penting dalam tubuh, terutama dalam proses metabolisme dan produksi energi sel.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan tiamin dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, kebingungan, dan berbagai gejala neurologis lainnya. Kamu bisa mendapatkan tiamin dari berbagai jenis vitamin B seperti; B1, B2, B3, B7, B9, dan B6.

3. Minyak ikan (asam lemak omega-3)

Omega-3, DHA dan EPA memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan otak, seperti melawan depresi dan kecemasan, meningkatkan kesehatan mata; mempromosikan perkembangan otak; meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, meningkatkan nafsu makan, dan lain-lain.

Sumber omega-3 terbesar berasal dari ikan, terutama ikan salmon, mackerel, tuna, dan herring. Jika kamu vegetarian, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin ini obat suplemen dengan kandungan yang sama. Kamu juga bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji rami, biji chia, dan kenari, minyak nabati, dan kedelai.

4. Echinacea

Echinacea adalah ramuan atau teh yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengobati gejala penyakit. Baru-baru ini, orang mulai menggunakan ramuan ini sebagai stimulan nafsu makan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa echinacea mengandung senyawa penambah nafsu makan yang disebut alkylamines.

Kapan vitamin penambah nafsu makan boleh dikonsumsi

Vitamin penambah nafsu makan dapat dikonsumsi satu hari sekali, sama halnya dengan dosis vitamin pada umumnya. Waktu konsumsinya tergantung pada jenis vitamin yang akan kamu minum. Jika kamu dapat meminum suplemen zinc setelah makan, sebaiknya minum 1-2 jam setelahnya.

Sementara itu, kandungan tiamin pada berbagai jenis vitamin B dapat dikonsumsi sebelum makan atau di pagi hari saat perut masih kosong. Untuk minyak ikan, kamu bisa mengonsumsi pagi atau malam setelah makan.

Sedangkan untuk Echinacea tergantung pada bentuk suplemen yang kamu minum. Jika kamu meminumnya dalam bentuk ramuan, maka tidak ada waktu khusus untuk mengkonsumsinya. Namun jika meminumnya dalam bentuk obat, kamu bisa membaca aturan minum produk Echinacea tersebut.

Tips menjaga nafsu makan yang sehat

Minum obat kadang melelahkan karena harus diminum rutin saat ingin mendapat hasil maksimal. Ada beberapa cara agar kamu dapat meningkatkan nafsu makan tanpa minum obat atau suplemen. Berikut cara-caranya:

a. Jadikan waktu makan lebih menyenangkan

Cobalah makan bersama teman dan keluarga atau sambil menonton acara favorit. Kamu bisa makan lebih banyak secara tidak sadar saat ada dalam situasi menyenangkan.

b. Makan makanan favorit dan ubah menu masakan

Mengonsumsi makanan favorit adalah cara termudah untuk meningkatkan nafsu makan. Namun kamu harus tetap memperhatikan asupan kalori untuk menjaga pola hidup sehat.

c. Atur waktu makan sesuai dengan kebutuhan

Jika makan tiga kali sehari terasa berlebihan, kamu bisa coba membagi waktu makan menjadi lima atau enam kali dengan porsi kecil.

d. Mengonsumsi minuman berkalori

Minuman yang mengandung kalori seperti protein shake dan smoothie buah, dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori harian. Cara ini bisa jadi alternatif saat kamu malas makan.

Nah, itu dia beberapa macam cara dan jenis vitamin penambah nafsu makan. Jika nafsu makan terus menurun, kesehatan mental dan fisik pun akan ikut menurun. Kamu harus segera mencari solusi terbaik untuk meningkatkan nafsu makanmu.

Share artikel ini
Reference