kalori bihun rebus

Banyak yang penasaran dengan kalori bihun rebus karena makanan yang satu ini mirip dengan mi instan dengan kalori yang tinggi. Bentuk bihun memang sama seperti mi, tetapi lebih tipis. Lalu, apakah kalori bihun rebus sama dengan kalori mi instan?

Yuk, cari tahu selengkapnya, mulai perbedaan bihun dan soun, kalori dan manfaat bihun untuk kesehatan, hingga resep bihun kuah yang lezat di sini.

Perbedaan bihun dan soun

Sebelum mencari tahu kalori bihun rebus, sudah kah Yoonies tahu perbedaan bihun dan soun? Beberapa orang masih bingung membedakan bihun dan soun. Bihun dan soun adalah dua jenis makanan yang serupa, tetapi tak sama.

Lalu, apa saja perbedaan di antara keduanya? Berikut perbedaan bihun dan soun yang perlu kamu ketahui.

1. Bahan baku bihun dari tepung beras

Perbedaan bihun dan soun yang pertama ada pada bahan bakunya. Bihun terbuat dari tepung beras, sedangkan bahan baku soun dari pati kacang hijau. Nah, bahan baku yang berbeda ini membuat keduanya memiliki tekstur yang berbeda pula.

2. Tekstur soun lebih lentur, licin, dan kental

Bahan baku bihun dan soun yang berbeda menjadi faktor yang membuat tekstur kedua jenis makanan ini pun juga berbeda. Bihun mempunyai tekstur yang kering, basah, dan mudah patah. Soun sendiri mempunyai tekstur yang lebih lentur, licin, dan lebih kental.

3. Bihun direbus lebih sebentar daripada soun

Bihun maupun soun mempunyai cara masak yang hampir sama, yaitu direndam air panas. Nah, perbedaannya ada pada lama waktu memasak. Bihun hanya butuh direbus sekitar 5-7 menit, sedangkan soun butuh waktu sekitar 5-15 menit.

Berapa kalori bihun rebus?

Faktanya, kalori bihun rebus tidak sama dengan kalori mi instan yang tergolong tinggi. Kalori bihun rebus bisa menjadi tinggi jika kamu menambahkan topping lainnya, seperti sosis atau bakso atau mengonsumsinya bersamaan dengan makanan lain, seperti nasi dan gorengan.

Lalu, berapa kalorinya? 1 porsi bihun rebus mengandung 186 kalori dengan kandungan nutrisi meliputi 1,77 gram lemak, 31,14 gram karbohidrat, dan 1,38 gram protein. Wah, tidak mengherankan kalau para pejuang diet atau yang sedang menerapkan defisit kalori lebih memilih bihun daripada mi instan.

Berapa kalori bihun goreng? Amankah mengonsumsinya saat diet?

Apa saja manfaat bihun untuk kesehatan?

Setelah mengetahui kalori bihun rebus, sekarang saatnya mengetahui beragam manfaat bihun untuk kesehatan tubuh. Ada empat manfaat bihun untuk kesehatan yang bisa Yoonies dapatkan.

1. Sebagai alternatif karbohidrat yang rendah lemak

Lemak dalam satu porsi bihun dengan berat 28,34 gram hanya sekitar 0,3 gram, lho. Hal ini membuat bihun sering dijadikan sebagai pengganti nasi yang rendah lemak dan juga mengenyangkan. Makanya nih, cocok para pejuang diet konsumsi.

2. Bebas gluten

Bihun juga merupakan jenis makanan yang bebas gluten karena terbuat dari tepung beras. Kamu yang menderita penyakit celiac atau sensitif terhadap gluten bisa banget mengonsumsi makanan ini.

3. Sumber mineral

Mangan merupakan mineral yang paling banyak terkandung dalam bihun. Mineral ini sangat penting untuk metabolisme tubuh, mengurangi peradangan, dan juga membantu mengatur gula darah.

4. Menyehatkan tulang

Bihun juga mengandung fosfor, salah satu jenis mineral yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, mineral ini juga membantu ginjal untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam tubuh dan membantu tubuh mengelola penggunaan energi.

Kalori Bihun Jagung Aman Untuk Kamu Yang Sedang Diet? Ini Resep Lezatnya

Resep bihun kuah ala Vietnam yang patut kamu coba

Salah satu resep bihun kuah yang nikmat dan bisa kamu coba buat adalah pho. Makanan yang berasal dari Vietnam ini merupakan sup dengan bihun sebagai bahan utamanya. Cara membuatnya pun sangat mudah, lho. Yuk, coba resep bihun kuah ala Vietnam ini, Yoonies!

Bahan-bahan:

  1. 2 sendok teh minyak wijen
  2. 1 jahe segar sekitar 10 cm
  3. 3 liter kaldu ayam
  4. 1 bawang merah besar dan potong dadu
  5. 340 gram irisan wortel
  6. 1 sendok makan bubuk kari
  7. 1 sendok makan jahe bubuk
  8. Garam dan merica hitam bubuk secukupnya
  9. 6 buah jeruk nipis
  10. 1 bungkus bihun sekitar 255 gram
  11. 4 bagian dada ayam dan potong dadu
  12. 1 batang bawang prei

Cara membuat bihun kuah atau pho ala Vietnam:

  1. Panaskan satu sendok makan minyak wijen dalam panci besar dengan api kecil.
  2. Masak dan aduk jahe dalam minyak panas selama 10 menit.
  3. Tuang kaldu ayam di atas jahe dan biarkan mendidih selama 30 menit.
  4. Masukkan bawang bombai dan wortel ke dalam kaldu dan rebus sekitar 10 menit.
  5. Tambahkan bubuk kari, jahe bubuk, garam, dan lada hitam secara bertahap ke dalam kaldu.
  6. Tambahkan setengah air jeruk nipis. Rebus kaldu dengan api kecil selama 15 menit.
  7. Isi panci besar dengan air garam dan didihkan.
  8. Masukkan bihun ke dalam panci dan rebus kembali selama 10-12 menit.
  9. Panaskan satu sendok teh minyak wijen dalam wajan dengan api sedang.
  10. Masak dan aduk ayam dalam minyak panas hingga tak lagi berwarna merah muda, kurang lebih 10 menit.
  11. Pindahkan ayam ke dalam kaldu lalu tambahkan bawang prei dan daun bawang ke dalam kaldu. Didihkan selama 5-10 menit.
  12. Tuang bihun ke dalam setiap mangkuk saji, lalu tambahkan perasan air jeruk nipis.

Bagaimana, Yoonies? Apakah kamu tertarik membuat resep bihun kuah ala Vietnam di atas? Jangan lupa tambahkan sayur agar masakanmu menjadi menu yang lebih sehat. Selamat mencoba!



Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference