Cara alami masih banyak dipilih untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah, salah satunya adalah dengan menggunakan daun binahong. Tapi, sebenarnya apa sih manfaat daun binahong untuk wajah? Ini dia sejumlah manfaatnya.

Manfaat daun binahong untuk kecantikan wajah

Manfaat daun binahong untuk kecantikan dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya, yakni vitamin A, C, kalsium, zat besi, potasium dan berbagai kandungan lain yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. 

Yuk, langsung intip saja sejumlah manfaat daun binahong untuk wajah, berikut ini. 

1. Mengencangkan kulit wajah

Daun yang satu ini dapat membantu mengencangkan kulit wajah secara alami. Sehingga kekencangan kulit akan terjaga dan mencegah kulit kendur. Untuk mendapatkan khasiat yang satu ini, kamu bisa minum rebusan daun binahong.

2. Mengatasi komedo

Cara cegah komedo putih

kehadiran komedo pada wajah memang sangat mengganggu dan bikin gak PD. Apalagi, jika komedo cukup banyak, bisa-bisa penampilanmu jadi kurang maksimal karena adanya komedo tersebut. 

Untungnya, daun binahong diketahui dapat mengatasi komedo membandel sehingga kulit menjadi lebih bersih tanpa adanya komedo yang mengganggu.

3. Mencerahkan wajah

Setiap wanita tentu mendambakan wajah yang cerah dan bersih bukan? Kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah dengan menggunakan daun binahong.

Karena daun binahong merupakan cara alami, sehingga lebih aman untuk kamu gunakan. Cara penggunaannya juga mudah kamu bisa minum rebusan daun binahong secara rutin supaya kulit menjadi lebih cerah.

4. Menghaluskan kulit wajah

Kulit wajah yang mulus dan halus memang menjadi impian banyak orang. Untungnya, kamu juga bisa memiliki kulit wajah yang halus dengan menggunakan daun binahong. 

Kamu bisa rebus daun binahong dan gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh wajah. Kamu bisa gunakan air rebusan ini 2 kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari. Setelah itu, bersihkan kembali wajah kamu, ya.

5. Membersihkan wajah

Aktivitas di luar ruangan membuat kulit lebih mudah terpapar polusi sehingga kulit wajah menjadi kotor. Bukan hanya polusi, kesehatan kulit wajah juga dapat memburuk karena penggunaan make up setiap hari.

Polusi dan sisa makeup ini dapat menutup pori-pori kulit wajah dan menimbulkan jerawat pada kulit. Guna mencegahnya, kamu bisa gunakan binahong sebagai pencuci muka.

Kamu bisa gunakan air rebusan binahong yang sudah dingin untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Dengan begitu, kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

6. Mengatasi jerawat

Jerawat di wajah memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi, jika jerawat juga cukup banyak. Tidak jarang wanita juga merasa kurang percaya diri ketika ada jerawat pada wajahnya.

Untungnya, daun binahong juga diketahui bermanfaat untuk mengurangi minyak sekaligus mengecilkan pori-pori pada wajah kamu. Minyak, debu, sisa kulit mati yang terjebak di pori-pori dapat menimbulkan jerawat.

Namun, karena daun binahong dapat membersihkan wajah dengan baik, sehingga daun ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat tersebut dan membantu mengatasi jerawat pada wajah.

Jika ingin mendapatkan khasiat yang satu ini, kamu bisa tumbuk daun binahong lalu letakkan pada wajah yang berjerawat selama 10 menit. Setelah itu bersihkan wajah sampai menyeluruh. 

Selain diaplikasikan pada wajah, kamu juga bisa minum air rebusan daun binahong yang sudah dingin.

Ciri-Ciri Jerawat Hormon Dan Cara Mengobatinya

7. Mencegah penuaan dini

Manfaat daun binahong untuk wajah selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Penuaan dini dapat disebabkan oleh stres oksidatif. Kondisi ini juga dapat diperparah dengan adanya efek radikal bebas. 

Seperti yang kita tahu, radikal bebas sendiri memang bisa menyebabkan sel kulit mengalami kerusakan dan membuat tanda penuaan seperti kerutan di wajah muncul.

Namun, untungnya daun binahong memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, beta karoten, lutein, zeaxanthin dan kandungan lain yang berguna untuk melindungi kulit dari efek paparan radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C pada daun binahong juga berguna untuk meremajakan kulit, membuat kulit lebih elastis serta mencegah penuaan dini.

13 Cara Alami Agar Awet Muda dan Terhindar Penuaan Dini

Cara menggunakan daun binahong untuk wajah

Pencegahan komedo hitam

Ternyata ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk wajah. Tapi, bagaimana ya cara menggunakan daun binahong supaya manfaatnya lebih maksimal? Ini dia caranya.

1. Sebagai masker

Kamu bisa jadikan daun binahong sebagai masker dengan cara tumbuh 7 lembar daun binahong yang sudah dicuci, lalu oleskan pada wajah sampai merata.

Sebelum mengoleskan masker ini, baiknya kamu perlu cuci muka terlebih dahulu menggunakan air hangat supaya pori-pori terbuka. Setelah itu, aplikasikan masker dan tunggu selama 10-15 menit. Kamu bisa gunakan 2 kali seminggu.

2. Rebusan air binahong

Kamu juga bisa merebus daun binahong untuk mendapatkan berbagai manfaat untuk wajah. Siapkan beberapa lembar daun binahong, rebus daun bersama 1 gelas air. Setelah itu, tunggu dingin dan bisa kamu konsumsi.

Share artikel ini