ekstrovert adalah kepribadian berbeda dengan introvert-min

Apakah kamu merasa bersemangat ketika bertemu dengan orang baru dan menikmati waktu berkumpul dengan teman-teman? Jika iya, kamu mungkin adalah seorang ekstrovert. Ekstrovert adalah kepribadian yang suka bergaul dan ekspresif. Selain itu, apa ciri-ciri lainnya?

Ekstrovert adalah kepribadian yang berbeda dengan introvert

Istilah ekstrovert pasti sudah sering kamu dengar dalam kehidupan sehari-hari. Ekstrovert adalah kepribadian yang ramah, ceria, suka bergaul, hangat, aktif, serta cenderung sangat cerewet.

Seorang psikologi terkenal asal Swiss bernama Carl Jung menciptakan istilah ekstraversi (ekstroversi) dan introversi untuk menggambarkan sikap seseorang yang berbeda. Ekstrovert bukan hanya seseorang yang suka berkumpul dan datang ke pesta dan introvert bukan seseorang yang pemalu.

Ekstrovert adalah definisi dari seseorang yang merasa lebih berenergi saat berada di dunia luar dan sering berinteraksi sosial, menurut Jung. Selain itu, ciri lainnya adalah memiliki banyak teman. Orang dengan kepribadian ini merasa nyaman dan bersemangat berada dalam grup atau komunitas.

MBTI Adalah Tes Kepribadian, Yuk Cek Caranya dan Beragam Tipenya!

Ciri-ciri ekstrovert yang paling umum

ciri-ciri ekstrovert

Perbedaan paling umum antara ekstrovert dan introvert adalah pada fokusnya. Jika introvert lebih fokus ke diri sendiri dan menyendiri, ekstrovert lebih fokus pada interaksi dengan dunia luar.

Ekstrovert adalah kepribadian yang senang bekerja sama dengan orang lain. Jika kamu bersemangat bekerja sama dalam tim atau kelompok, bisa jadi kamu memiliki kepribadian ini. 

1. Suka bersosialisasi

Ekstrovert adalah seseorang yang sangat menikmati sosialisasi dan suka berinteraksi dengan orang lain. Orang dengan tipe kepribadian ini suka menjadi pusat perhatian dan cenderung berada di situasi sosial, tidak takut berkenalan dengan orang baru, serta mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

2. Tidak suka menyendiri

Ekstrovert adalah kepribadian kurang menikmati waktu sendiri. Bagi orang-orang dengan kepribadian ini, menyendiri adalah kegiatan yang membuang banyak waktu. Jika kamu memilih untuk berkumpul dengan teman daripada menyendiri di rumah, mungkin kamu memiliki kepribadian yang satu ini.

3. Senang berada dalam kelompok

Ciri-ciri lainnya adalah senang berada di lingkungan yang berkelompok. Mereka merasa nyaman berada dalam kelompok besar dan cenderung menjadi pencetus ide.

Ekstrovert adalah seseorang yang juga sangat mungkin menjadi pemimpin dalam kegiatan kelompok. Jika ada undangan acara, seperti pesta, pernikahan, reuni, dan piknik, mereka pasti jarang menolaknya.

4. Berteman dengan banyak orang

Salah satu ciri kepribadian yang satu ini adalah dapat dengan mudah mendapatkan teman baru. Mereka juga mempunyai banyak kenalan dengan jejaring sosial yang luas. Seorang ekstrovert akan sangat bersemangat untuk mengikuti aktivitas baru dalam lingkungan baru dengan orang baru.

Ciri-Ciri Ekstrovert Pada Anak Dan Cara Mendidiknya

5. Ramah dan optimis

Orang dengan kepribadian ini digambarkan sebagai individu yang bahagia, positif, ceria, dan mudah bergaul. Jika menemui masalah, mereka akan mencari cara untuk menyelesaikannya dengan optimis. Selalu ada sisi positif yang akan mereka ambil dari suatu kejadian atau masalah.

6. Berani mengambil risiko

Ekstrovert berani mengambil risiko karena ketika mereka berhasil menghadapi risiko tersebut, mereka akan merasa puas dan juga senang.

7. Fleksibel

Mudah beradaptasi atau fleksibel juga salah satu ciri dari kepribadian yang satu ini. Orang-orang dengan kepribadian ini bisa beradaptasi dengan mudah dalam situasi apa pun. Mereka juga akan sangat spontan dalam merencanakan sesuatu seperti merencanakan liburan atau memulai suatu proyek.

Punya Kepribadian ENFP? Ini Fakta Mengenai Kepribadian Ini!

Jadi, ekstrovert adalah kamu? Setelah mengetahui ciri-ciri yang sudah dijelaskan di atas, sekarang kamu pasti dapat mengenali kepribadian diri kamu sendiri. Hal yang perlu kamu ingat adalah tidak ada satu pun kepribadian yang lebih baik dari kepribadian lainnya.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference