cara menjaga hubungan jarak jauh

Long distance relationship alias LDR merupakan tipe hubungan yang dihindari banyak orang. Ini karena adanya jarak berpotensi memunculkan masalah dalam hubungan, mulai dari komunikasi hingga perselingkuhan. Lalu, bagaimana cara menjaga hubungan jarak jauh agar selalu langgeng?

Sebenarnya hubungan jarak jauh memiliki beragam manfaat, lho. Kamu dan pasangan jadi punya banyak waktu untuk fokus mengembangkan diri, quality time jadi lebih berkualitas, dan terhindar dari rasa bosan karena sering bertemu. 

Nah, bagi kamu yang tertarik atau terpaksa menjalani LDR karena pekerjaan maupun pendidikan, yuk simak 5 cara menjaga hubungan jarak jauh di artikel ini!

Tanda pria serius dalam hubungan jarak jauh

Kekhawatiran terbesar dalam menjalani long distance relationship adalah ketidakseriusan pasangan. Lantaran terpaut oleh jarak, pasangan jadi bebas bertindak semaunya. Misal, karena kekasihnya berada di luar kota, ia bisa jalan atau dekat dengan orang lain tanpa takut ketahuan pasangannya. 

Pasangan yang menjalani LDR harus sama-sama komitmen dan saling percaya. Berikut tanda pria serius dalam hubungan jarak jauh:

1. Rela meluangkan waktu

Pria serius dalam hubungan jarak jauh rela meluangkan waktu untuk pasangannya. Ia memahami betul bahwa jika ia tidak bisa berada di sisimu secara fisik, maka ia mencoba cara lain dengan menghubungi melalui panggilan telepon atau video. 

Komunikasi menjadi kunci sukses hubungan. Oleh karena itu, pria yang serius akan menemukan berbagai cara demi memastikan ia bisa melihat serta memberikan perhatian untuk pasangannya. 

2. Menghargai dirimu

Ciri pria serius dalam hubungan adalah menghargai keputusan pasangan. Misal, menghargai ketika kamu mengatakan butuh waktu sendiri. Sebagai pasangan ia tidak memaksa untuk terus berkomunikasi atau meminta perhatian serta waktu kamu 24 jam.  

3. Terbuka dengan perasaannya

Tanda pria serius dalam long distance relationship lainnya adalah terbuka dengan perasaannya. Ia tidak malu memberi tahu pasangannya tentang yang ia rasakan. 

4. Memahami kesibukan pasangan

Hubungan jarak jauh bisa karena pekerjaan atau pendidikan. Pria yang peduli dengan pasangan mengerti bahwa waktunya terbatas dan kamu juga memiliki kesibukan sama seperti dirinya.

Komunikasikan beberapa hal yang tidak bisa diabaikan seperti tugas kuliah atau kepentingan kantor. Dengan begitu, ia bisa memahami apa yang bisa dimaklumi dan tidak ditoleransi. 

5. Selalu memberikan effort untuk bertemu 

Katanya cinta itu harus dibuktikan. Nah, kalau kamu ingin tahu ia serius atau tidak, lihatlah usahanya. Walaupun terhalang jarak, pasangan yang mencintai kamu akan berusaha mencari cara agar bisa ketemu. Baik itu mengambil cuti untuk bertemu atau menabung lebih dulu untuk mengunjungi kamu di kota lain. 

15 Cara Menjaga Hubungan Pacaran Agar Tidak Bosan, Simpel Tapi Ampuh!

5 Cara menjaga hubungan jarak jauh 

cara menjaga hubungan jarak jauh agar awet dan romantis

Mempertahankan hubungan jarak jauh butuh komitmen bersama. Pasalnya, jika hanya satu orang yang berjuang maka tidak akan berhasil. Di bawah ini terangkum cara menjaga hubungan jarak jauh agar langgeng:

1. Sering berinteraksi 

Kunci mempertahankan hubungan adalah komunikasi. Penting sekali bagi pasangan LDR menjaga komunikasinya agar tetap berjalan. Kamu bisa membuat jadwal dengan pasangan untuk melakukan telepon atau video call

2. Melakukan quality time 

Sesekali atur jadwal untuk bertemu dan melakukan quality time. Kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu bersama dengan eksplor tempat wisata atau menonton film favorit. 

3. Mengingatkan pasangan tentang hubungan kalian 

Rasa ragu dan cemburu bisa meningkat karena kamu tidak bisa mengawasi pasangan sepenuhnya. Nah, kamu bisa mengingatkan pasangan tentang hubungan kalian. Misalnya, mengucapkan kalimat cinta seperti “I love you,” atau mengatakan bahwa kamu ingin hubungan awet hingga pelaminan. 

4. Memberikan kejutan 

Hubungan bisa terasa bosan sehingga kamu butuh sesuatu yang tidak terduga. Misalnya, membuat kejutan dengan mengunjungi rumah atau tempat kerja pasangan hingga mengirimkannya hadiah. 

5. Menanyakan tentang perasaan 

Meskipun sudah berjalan lama, jangan lupa tanyakan perasaan pasangan. Ini menunjukkan kalau kamu peduli dengan perasaannya. Mungkin saja, pasangan sedang melalui hari yang berat. Dukungan darimu akan membantunya bangkit kembali. 

Attachment adalah Gaya Keterikatan dalam Hubungan, Mana Yang Kamu Miliki?

Itulah cara menjaga hubungan jarak jauh agar tetap bertahan lama. Walaupun banyak tantangan, tetapi LDR worth it kamu coba bersama pasangan. 


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference