cara menghadapi pasangan kekanak kanakan

Apakah kamu pernah terlibat dalam suatu hubungan dengan pasangan yang kekanakan?

Pasangan dengan sifat yang kekanak-kanakan memang Sebagian besar tidak menjadikan suatu hubungan menjadi langgeng bila pasangan tak segera mengubah sifatnya.

Sifat kekanak-kanakan yang muncul terkadang juga menjadi penyebab permasalahan dalam hubungan karena pola pikir pasangan yang tak bisa diajak bersikap dewasa.

Namun bagaimana sebenarnya sifat kekanak kanakan dalam pacaran? Apa tanda dan bagaimana menghadapi pasangan dengan sifat ini? Kita coba kulik yuk!

Tanda pacar memiliki sifat kekanak-kanakan 

tanda sifat kekanak kanakan pada pasangan

Pernah dengar tentang sindrom peter pan? Peter pan dianggap sebagai salah satu situasi saat seseorang yang dewasa memiliki sifat kekanak-kanakan seperti anak-anak dan ini terlepas dari usia seseorang tersebut.

Meskipun Sudah dewasa, terkadang ada beberapa orang yang masih memiliki sifat kekanak-kanakan dan terkadang masih dibawa dalam sebuah hubungan.

Usia memang tidak menjamin bahwa karakter atau sifat orang akan otomatis menjadi dewasa sehingga ada banyak permasalah yang mungkin tidak dapat dihadapi secara mandiri.

Apa tanda saat pasangan punya sifat kekanak-kanakan? 

1. Mengandalkan orang lain

Salah satu sifat kekanak-kanakan yang muncul sangat jelas adalah saat pasangan tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

Orang dewasa umumnya akan melakukan dan menyelesaikan masalahnya dengan berbagai cara sehingga tidak menyulitkan orang lain, pun kekasih, atau pasangannya.

Sedangkan saat pasangan punya sifat kekanak-kanakan, hal pertama yang dilakukan adalah selalu mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan apa yang seharusnya bisa ia kerjakan sendiri.

Hal tersebut mungkin akan berimbas pada pekerjaan atau kehidupan sehari-harinya.

2. Sering mengomel

Sifat kekanak-kanakan pada pasangan bisa muncul dalam tindakan sehari-hari. Salah satunya seperti sering mengomel untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Sifat sering mengomel ini bisa saja terus dilakukan meskipun kamu sudah mengingatkannya terus menerus.

5 Cara Meredakan Emosi Pria, Benarkah Berbeda Dengan Wanita?

3. Tak mengaku bila salah

Umumnya orang yang bersifat dewasa akan menyelesaikan suatu masalah dengan tenang, berpikir dengan kepala dingin dan akan mengakui kesalahan apabila memang itu hal yang sudah dilakukannya.

Lain halnya dengan pasangan yang punya sifat kekanak-kanakan. Ia akan sulit mengakui kesalahan dan terkadang malah melemparkan masalah atau kesalahan pada orang lain.

Tentu saja hal ini berkaitan dengan tanggung jawab yang harus ia lakukan bila melakukan kesalahan.

4. Menuntut perhatian

Ciri lain dari pasangan yang punya sifat childish atau kekanak-kanakan adalah suka menuntut perhatian.

Terkadang anak-anak memang bosan jika orang tua atau orang lain tak peduli dengannya. 

Ia akan mulai melakukan banyak hal agar kembali menarik perhatian. Hal itu bisa saja dilakukan oleh orang dewasa yang punya sifat kekanak-kanakan, tetapi dengan cara yang salah atau kurang tepat.

5. Tidak peduli dengan orang lain

Menjadi dewasa memang tak hanya dituntut untuk peduli atau mempunyai empati dengan orang lain, namun juga dapat menempatkan dirinya dengan tepat.

Seorang pasangan yang punya sifat kekanak-kanakan tidak akan peduli dengan orang lain dan berpikir bahwa dunia hanya tentang dirinya sendiri, tidak suka berkompromi, dan egois.

12 Cara Balikan Sama Mantan yang Sudah Lama Berpisah

6. Kurang romantis

Pasangan yang dewasa umumnya mampu memperlakukan pasangan dengan baik, meskipun tidak terlalu romantis. 

Lain halnya dengan sifat kekanak kanakan pasangan, ia hanya bisa mementingkan dirinya sendiri sehingga hubungan akan terasa kurang nyaman bagi yang lainnya. 

7. Sulit berkomitmen

Komitmen pasangan dengan sifat kekanak kanakan sulit terbangun bila masih memikirkan dirinya sendiri alih-alih berkomitmen dalam hubungan pasangan.

Banyak alasan yang akan dilontarkan dan cenderung menganggap komitmen sebagai salah satu upaya untuk melarang kebebasan dirinya.

8. Tak punya ambisi, mimpi, dan tujuan

Pernah membahas tentang mimpi, tujuan, atau ambisi kamu dengan pasangan? Terkadang sifat kekana kanakan pada pasangan tak punya tujuan dan mimpi yang jelas. 

Ia mungkin hanya fokus pada penilaian atau pujian orang saja. Kamu perlu waspada saat pasangan hanya punya omongan belaka, namun tak pernah berusaha mewujudkan mimpinya.

9. Menghindari obrolan serius

Pasangan yang punya sifat kekanak-kanakan selalu menghindari obrolan serius dan terlalu malas dengan segala obrolan yang cenderung berat.

Sama halnya dengan komitmen yang tak terbangun, jenis pasangan ini hanya akan mengisi hari dengan obrolan ringan dan candaan tanpa pernah membahas bagaimana masa depan dalam hubungan.

10. Egois dan ingin menang sendiri

Sifat kekanak kanakan pada pasangan dapat terlihat jelas jika ia ingin menang sendiri dan egois dalam hubungan.

Kondisi ini tentu tak akan baik untuk masa depan jika pasangan tak segera mengurangi sifat menang sendiri dan egois dari dalam dirinya.

Dengan sifat-sifat kekanak-kanakan yang dimiliki pasangan, apa yang sebaiknya bisa dilakukan?

8 Cara Menghadapi Orang Tua Pacar ketika Pertama Bertemu

Cara menghadapi sifat pacar kekanak kanakan

cara menghadapi sifat kekanak kanakan pada pasangan

Menghadapi pasangan yang kekanak-kanakan memang akan menyulitkan hubungan jika tak segera diatasi.

Sebagai pasangan yang bersikap lebih dewasa, kamu bisa coba melakukan beberapa hal dibawah ini agar dapat menghadapi dan mengurangi sifat kekanak-kanakan yang dimiliki pacar atau pasangan.

1. Jujur dan berikan pandanganmu akan sikap pasangan

Berikan pandangan mengenai sifat kekanak-kanakan yang pasangan kamu miliki. Hal tersebut mungkin akan menjadikan pasangan sedikit berpikir dan mengubah sifat kekanak-kanakannya.

Perhatikan bagaimana respon pasangan dan apakah ada perubahan yang lebih baik atau tidak. 

2. Komunikasikan ketidaknyamanan

Bicarakan dengan tegas bersama pasangan tentang ketidaknyamanan tersebut.

Kamu berhak juga mendapatkan kenyamanan dalam hubungan. Bila segala obrolan serius mengenai sifatnya tidak juga mengubahnya, biarkan ia menghadapi apapun sendiri dan tidak perlu terlalu ikut campur. 

3. Ajak berpikir kritis

Mencoba mengajak pasangan untuk berpikir kritis mungkin dapat membantunya untuk mengurangi sifat kekanak-kanakan dalam dirinya. L

akukan perlahan dan selalu ajak diskusi pasangan. Biarkan ia merasakan kesulitan di awal namun cara ini bisa menjadi ampuh jika terus dilakukan.

13 Kunci Langgeng Pacaran Dan Harmonis, Yuk Praktikan Langsung!

4. Tularkan sifat mandiri dan tegas

Jika kamu punya sifat mandiri dan tegas, coba tularkan dan ajarkan kepada pasangan. Jika ia menolak, coba untuk mengujinya dengan berbagai cara yang masih kamu mampu lakukan.

5. Cari bantuan professional

Jika semua hal Sudah kamu lakukan dan pasangan tetap punya sifat kekanak-kanakan yang tak kunjung berubah, cari bantuan orang ketiga atau konsultan untuk membantu pasangan mengeluarkan apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya.

Memang tak mudah punya pasangan dengan sifat kekanak kanakan dalam pacaran. Coba lakukan semaksimal mungkin dan apresiasi jika pasangan bisa terus berubah untuk tetap menghangatkan hubungan, ya!


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference