kepribadian ENFP

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah ENFP. Salah satu tipe kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) sering menjadi gambaran orang yang mempunyai energi dan daya Tarik tersendiri.

ENFP merupakan salah satu dari 16 kepribadian yang mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri. Penasaran apakah kamu termasuk dalam tipe kepribadian ENFP atau bukan? Yuk simak di sini!

Tipe kepribadian ENFP

ENFP merupakan singkatan dari extroverted, intuitive, feeling, dan perceiving yang dipopulerkan oleh Isabel Mayer dan Katherine Briggs. Kepribadian ini memiliki julukan The Campaigner.

Orang yang mempunyai kepribadian dengan tipe ini sering dianggap sebagai orang yang mencerminkan harapan, mengumpulkan ide-ide terbaru yang positif, energik, mandiri, dan mempunyai karisma tersendiri.

Tipe kepribadian ini mampu mengundang orang-orang di sekitarnya dengan energi positif yang dimilikinya. Terkadang tipe ini mempunyai sebutan lain yaitu sang motivator dimana dia akan muncul sebagai orang yang mempunyai energi lebih dalam suatu kelompok. 

tipe kepribadian ENFP

Menurut Center of Applications of Psychology Type, sekitar 5-7 persen orang di dunia mempunyai jenis kepribadian ini. Fakta lain menyebutkan bahwa jenis kepribadian ini termasuk tipe yang umum pada wanita dengan presentase 8-10% dan pada pria sekitar 5,8%.

Kepribadian ENFP sering dirangsang oleh orang baru yang selalu siap dengan perubahan. Tipe kepribadian ini sering dianggap sebagai pemecah masalah kreatif dan dapat menemukan cara dalam menyelesaikan permasalahan. Tipe ENFP dikenal mudah beradaptasi dengan perubahan karena dipicu oleh rutinitas yang kurang menggairahkan.

Baca juga: Mengenal Kepribadian Melankolis, Si Pemikir yang Perfeksionis!

Karakteristik kepribadian ENFP

Karakter ENFP sangat menonjol pada keramaian. Mereka bahkan dapat mengubah karis, pikiran, situasi kehidupan berkali-kali dalam hidupnya.

Jika ditelusuri lebih dalam, kepribadian ini tidak hanya peduli untuk bersenang-senang saja, namun mereka dapat mempunyai jenis hubungan emosional yang mempunyai makna dengan orang lain. 

Gambaran kepribadian ENFP antara lain:

Mandiri

Kepribadian ini percaya bahwa ada makna dalam kehidupannya setiap hari. Karakter yang kreatif akan membuatnya lebih mandiri, menunjukkan antusiasme, dan menularkannya. Tipe kepribadian ini sangat menarik, mempunyai sifat berjuang dan konsisten terhadap keinginan diri sendiri

Baca juga: Tips Menjadi Seorang Wanita Mandiri, Kamu Juga Bisa!

Memiliki Jiwa Motivator

Orang dengan tipe kepribadian ENFP mempunyai kehidupan batin yang bersemangat dan kaya. Mereka dapat menjadi juru motivator dan kampanye karena adanya kreativitas, rasa ingin tahu, dan imajinasi.

Mereka juga memiliki kepribadian yang baik, pandai memahami apa yang orang lain rasakan, dan percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi akan saling bersinergi.

Menebar kegembiraan

Kepribadian ini merupakan karakter yang berjiwa suka cita. Karakter ini bahkan dapat terhubung dengan orang lain secara emosional pada saat-saat yang menyenangkan. Karakter ini juga dapat menunjukkan jalan kepada orang lain alih-alih berjalan hanya untuk dirinya sendiri.

Lalu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kepribadian tipe ini?

Baca juga: Cara Tes Kepribadian Sanguin, Melankolis, Koleris, atau Plegmatis

Kelebihan dan kekurangan tipe kepribadian ENFP

tipe kepribadian

Dalam setiap kepribadian seseorang, tentu akan memiliki kekurangan dan kelebihan, tidak terkecuali ENFP. Berikut beberapa kelebihan tipe ENFP:

Antusias

Imajinasi liar yang terkadang tiba-tiba mereka dapatkan dapat segera didapatkan pada siapa saja yang mau mendengarnya. Ingin mendengar dan melihat pendapat orang lain yang mungkin berbeda dengan pendapatnya dengan sangat terbuka.

Perseptif

Mempunyai perasaan yang sangat halus dan peka, kepribadian tipe ini mampu melihat perasaan orang yang paling halus sekalipun. Suasana dan ekspresi yang ditampilkan orang lain mampu membuatnya merasakan perasaan yang serupa sehingga timbul perhatian dan sikap peduli.

Penasaran

Kepribadian ini tidak takut keluar dari zona nyaman, mencari ide, petualangan baru, dan pengalaman baru. Mereka dapat menemukan berbagai keindahan dan daya tarik yang mungkin tidak dapat dilihat oleh orang lain. Cara berpikir yang imajinatif membuatnya selalu aktif dan kreatif.

Komunikator unggul

Tidak hanya perhatian dan mudah mendengarkan, kepribadian ENFP dikenal sebagai seorang komunikator hebat yang dapat menyenangkan semua orang, penuh hal-hal yang ingin dikatakan dan percakapan positif untuk semua orang.

Baik hati

Kepribadian ENFP mudah diterima oleh berbagai jenis orang karena ramah, bersemangat dan baik hati. Kenalan mereka akan jauh membentang luas tanpa mempedulikan status orang-orang sekitarnya.

Meriah

Percakapan ramah dan antusias menjadi rasa yang timbul saat mereka sedang dalam suatu lingkaran. Kepribadian ENFP mampu menemukan kegembiraan dan kesenangan yang dapat dirasakan oleh orang lain di sekitarnya.

Normalnya, kepribadian ini memang disukai banyak orang, namun terkadang ada juga lho sifat-sifat ENFP yang mungkin perlu berhati-hati Ketika berhadapan dengan banyak orang. Beberapa kekurangan kepribadian ENFP antara lain:

Tidak fokus

Terkadang kepribadian ENFP kurang fokus pada jangka Panjang dan mempertahankan kedisiplinan karena minat yang terus berubah dan berkembang, apalagi pada suatu proyek yang melibatkan kolaborasi dengan orang lain.

People pleasing

Kepribadian ENFP tidak nyaman terhadap suatu prospek yang tidak disukai sehingga mereka akan berkompromi pada hal yang penting dan mungkin membiarkan orang lain berkelakuan buruk terhadap mereka.

Mereka akan banyak melakukan hal-hal untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk memenangkan hati orang lain.

Tidak terorganisir

Orang dengan kepribadian ini secara khusus mungkin menghindari hal yang membosankan dan terkesan praktis seperti pemeliharaan, administrasi, dan pekerjaan rumah.

Sumber utama stress mereka terkadang diselimuti oleh perasaan disorganisasi dalam hidup mereka.

Tidak mengakomodasi

Kepribadian ini tidak segan untuk mengangkat orang lain dan tidak mampu mengatakan tidak pada orang yang ingin meminta bantuan atau bimbingan mereka sehingga dapat memicu energi yang kurang untuk menangani kebutuhan pribadi mereka sendiri.

Gelisah

Kepribadian ENFP sangat jarang terlihat tidak puas atau kesal. Namun di sisi lain, idealisme yang mereka percaya dapat mengganggu pada kehidupan pribadi mereka seperti dalam berumah tangga atau pekerjaan yang berjalan kurang baik.

Terlalu optimis

Kepribadian ini mempunyai sifat yang baik namun terkadang naif. Sifat ini mempersulit kehidupan pribadi dan menerima kebenaran yang terkadang diperlukan dari orang lain.

Misalnya mempercayai seseorang yang belum sepenuhnya mereka percayai namun karena optimisme yang dimiliki, terkadang tanda seperti ini diabaikan begitu saja.

Pekerjaan yang cocok dengan kepribadian ENFP

Kepribadian ENFP memang unik dan hampir disukai banyak orang. Ada baiknya saat memilih jalur karir, mereka memahami potensi diri terhadap kekuatan dan kelemahannya.

Kepribadian ini suka mengatur jadwal sendiri dan ideal untuk lingkungan pekerjaan yang rama, santai dan mempunyai Batasan dalam hal kreativitas.

Beberapa karir yang popular untuk kepribadian ENFP antara lain:

  • Pekerja sosial
  • Konselor
  • Perawat
  • Psikolog
  • Actor
  • Wartawan
  • Reporter
  • Politikus

Kepribadian ENFP pandai dalam mengatur maupun menegakkan batas, mereka juga memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi seperti dalam menerapkan Batasan dan struktur pekerjaan. So, apakah kamu termasuk pemilik kepribadian tipe ini?

Share artikel ini
Reference