mbti adalah tes kepribadian

Kamu pasti pernah mendengar bahwa seseorang menggambarkan dirinya sebagai pribadi yang ESFJ, ENTJ, ISTP, INTJ atau ESTP. Istilah kepribadian tersebut berdasarkan penilaian MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Seperti namanya, MBTI adalah tes untuk mengetahui tipe gambaran kepribadian seseorang.

Pada dasarnya, tujuan dari penilaian berdasarkan MBTI adalah untuk memungkinkan seseorang agar bisa lebih mengeksplorasi dan memahami kepribadian mereka sendiri termasuk suka, tidak suka, kekuatan, kelemahan, kemungkinan preferensi karir, dan kompatibilitas dengan orang lain. Berdasarkan MBTI, kira-kira kamu termasuk tipe kepribadian yang mana? Yuk, cek!

Sejarah MBTI

Pada 1942, Isabel Briggs Myers dan ibunya, Katharine Cook Briggs mengembangkan MBTI yang berdasarkan pada teori konseptual psikologis. Teori tersebut sebelumnya diajukan oleh psikiater Swiss Carl Jung dalam karyanya Psychological Types.

Teori Jung sendiri membahas mengenai tipe psikologis berdasarkan pada keberadaan empat fungsi psikologis esensial, seperti fungsi penilaian (berpikir dan merasakan) dan fungsi persepsi (sensasi dan intuisi).

Jung percaya bahwa hanya satu kombinasi kepribadian dominan pada diri seseorang. Teori Jung berpendapat bahwa manusia adalah introvert atau extrovert. Nah, kombinasi kepribadiannya diekspresikan dalam bentuk introvert atau extravert. Inilah alasannya E atau I adalah huruf pertama dari tiap jenis kepribadian

Baik Myers maupun Briggs terpesona oleh teori tipe psikologis Jung dan menyadari bahwa teori tersebut dapat diterapkan di dunia nyata. Selama Perang Dunia II, mereka mulai meneliti dan mengembangkan indikator yang dapat digunakan untuk membantu memahami perbedaan individu.

Dari pengembangan tes ini, kemudian tes MBTI akan membagi kepribadian seseorang berdasarkan dari kategori khusus, meliputi (I) Introversion vs (E) Extraversion, (N) Intuitive vs (S) Sensory, (T) Thinking vs (F) Feeling, dan (J) Judging vs (P) Perceiving. Berdasarkan sejumlah kombinasi tersebut, akan membentuk 16 kepribadian.

Bagaimana cara tes MBTI?

Saat ini, MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Hal ini karena indikator Myers-Briggs Type Indicator relatif mudah digunakan. 

Cara paling umum untuk mengetahui tipe kepribadianmu dari tes MBTI adalah dengan mengunjungi situs tes kepribadian gratis yang akan memintamu untuk menjawab pertanyaan demi pertanyaan atau pernyataan untuk menentukan tipe kepribadianmu. 

Meskipun ada banyak versi MBTI yang tersedia secara online, perlu dicatat bahwa kuesioner informal apa pun yang mungkin kamu temukan di Internet hanyalah perkiraan dari hal yang sebenarnya.

Selain itu, yang perlu kamu pahami bahwa MBTI sebenarnya bukanlah “ujian”. Tidak ada jawaban benar atau sala dan suatu tipe tidak lebih baik dari tipe lainnya. 

Tujuan dari indikator ini bukan untuk mengevaluasi kesehatan mental atau menawarkan jenis diagnosis apa pun. MBTI yang sebenarnya harus dikelola oleh praktisi yang terlatih dan berkualifikasi yang mencakup tindak lanjut dari hasilnya. 

Cara Tes Kepribadian Sanguinis, Melankolis, Koleris, Atau Plegmatis

16 kepribadian MBTI, kamu yang mana?

16 tipe kepribadian mbti adalah beragam

Setelah mengetahui cara tes MBTI, sudah tahukah kamu termasuk tipe kepribadian yang mana? Yuk, cek penjelasan tiap 16 kepribadian MBTI berikut ini!

1. ISTJ

Orang-orang ini cenderung serius, tanpa basa-basi, dan pendiam. Meski begitu, mereka bertanggung jawab dan realistis, serta digambarkan sebagai orang dapat diandalkan dan dipercaya.

Mereka menghargai ketertiban dan sangat memperhatikan detail. Bahkan, seorang dengan kepribadian ISTJ suka merencanakan sesuatu terlebih dahulu.

2. ISFJ 

MBTI ISFT adalah sosok orang yang ramah, bertanggung jawab, dan pendiam. Mereka berorientasi pada pelayanan dan kerja, berkomitmen untuk memenuhi kewajiban dan tugasnya.

Selain itu, mereka setia, perhatian, dan mereka tidak suka pertentangan serta menghargai lingkungan yang tertib dan harmonis.

3. INFJ

Orang dengan tipe kepribadian ini terlihat serius, logis, dan pekerja keras. Mereka juga penyayang, teliti dan pendiam.

Seseorang dengan jenis kepribadian INFJ menghargai hubungan yang dekat dan mendalam serta peka terhadap kebutuhan orang lain, tetapi juga membutuhkan waktu dan ruang sendiri untuk mengisi ulang.

4. INTJ

Jenis kepribadian MBTI ini cenderung sangat mandiri, percaya diri dan lebih suka bekerja sendiri. Mereka analitis, kreatif, logis, dan bersemangat. Mereka lebih menekankan pada logika dan fakta daripada emosi. 

Kebanyakan sang INTJ dilihat sebagai seorang yang perfeksionis. Mereka juga memiliki harapan yang tinggi terhadap kompetensi dan kinerja untuk diri mereka sendiri dan orang lain.

5. ISTP

Orang dengan tipe kepribadian ini tidak takut dan mandiri. Mereka menyukai petualangan, pengalaman baru, dan berani mengambil risiko. Tak hanya itu, mereka juga cenderung menjadi pengamat yang pendiam.

6. ISFP

Orang dengan kepribadian ISFP cenderung pendiam, ramah, santai, dan sensitif. Mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan teman dekat dan keluarga.

7. INFP

Orang-orang dengan kepribadian ini dinilai kreatif, idealis, perhatian, dan setia. Mereka memiliki nilai dan moral yang tinggi, dan terus mencari cara untuk memahami orang dan melayani umat manusia dengan sebaik-baiknya.

8. INTP

Orang dengan tipe kepribadian INTP digambarkan sebagai sosok yang pendiam, terkendali, dan analitis. Mereka sangat fokus untuk memecahkan masalah dan cenderung pandai di logika dan matematika.

Seseorang dengan kepribadian INTP lebih tertarik pada ide dan konsep teoritis daripada interaksi sosial. Kendati demikian, mereka setia dan penyayang kepada teman dan keluarga terdekatnya.

9. ESTP

Jika kamu mendapatkan hasil ini, kamu termasuk orang ramah, energik, dan menikmati menghabiskan waktu dengan banyak teman dan kenalan. Jenis kepribadian MBTI yang satu ini lebih suka mengambil pendekatan pragmatis untuk mendapatkan hasil dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

10. ESFP

Orang-orang dengan jenis kepribadian ini cenderung ramah, suka menjadi pusat perhatian, dan senang bekerja dengan orang lain di lingkungan baru. Mereka adalah orang yang santai, menyenangkan, dan optimis.

11. ENFP

Jika kamu termasuk ENFP, maka kamu tipe orang yang antusias, kreatif, energik, dan sangat imajinatif. Kamu juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan pandai memberikan penghargaan maupun dukungan kepada orang lain. Namun, kamu tidak menyukai rutinitas yang membosankan dan lebih senang kreativitas.

Punya Kepribadian ENFP? Ini Fakta Mengenai Kepribadian Ini!

12. ENTP

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini inovatif, blak-blakan, dan lincah. Mereka berorientasi pada ide dan lebih fokus pada masa depan daripada saat ini.

Selain itu, mereka juga senang berinteraksi dengan berbagai macam orang dan suka terlibat dengan orang lain dalam debat. Mereka cenderung mudah bergaul, tetapi terkadang juga bisa menjadi argumentatif

13. ESTJ

Kepribadian ESTJ bertanggung jawab, praktis, dan teratur. Mereka tegas dan lebih fokus untuk mendapatkan hasil dengan cara yang seefisien mungkin, serta memiliki standar yang jelas dan menjunjung tinggi tradisi dan aturan.

Orang-orang dengan jenis kepribadian ini terlihat sebagai orang yang kaku, keras kepala, atau suka memerintah. Namun, mereka cenderung unggul dalam mewujudkan rencana karena mereka pekerja keras, percaya diri, dan dapat diandalkan.

14. ESFJ

Orang-orang dengan jenis kepribadian MBTI ini berhati hangat, teliti, dan harmonis. Mereka senang membantu orang lain dan memberikan perhatian yang dibutuhkan orang.

15. ENFJ

Jenis kepribadian yang satu ini bertanggung jawab, hangat, dan setia. Mereka sangat selaras dengan emosi orang lain dan mampu menjalin persahabatan dengan siapa saja. 

Selain itu, mereka memiliki keinginan untuk membantu orang lain semaksimal kemampuan mereka. Sebab, mereka memperoleh kepuasan pribadi dari membantu orang lain. 

16. ENTJ

Orang-orang dengan jenis kepribadian ENTJ suka mengambil alih. Mereka menghargai organisasi dan struktur serta menghargai perencanaan jangka panjang dan penetapan tujuan. Selain itu, mereka memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat dan cenderung menjadi eksekutif, kapten, dan administrator yang baik.

Kupas Tuntas Apa itu Gangguan Kepribadian Narsistik

Gimana, Yoonies? Dari artikel ini, kamu mengetahui bahwa MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang memiliki banyak manfaat tak hanya untuk mengetahui kepribadian seseorang, tetapi juga dapat membantu orang lain dalam proses pendekatan dengan seseorang.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference