penyebab badan lemas tak bertenaga

Badan lemas dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Badan lemas membuat aktivitas menjadi terhambat bukan? Tentunya ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan dan aktivitas kamu sehari-hari.

Ada beberapa penyebab badan lemas tak bertenaga yang sering dialami dan terkadang tubuh lemas ini hanya dianggap sebagai gejala ringan dari suatu penyakit saja, padahal bisa jadi menjadi indikasi penyakit yang lebih berat lho. Yuk bahas selengkapnya dalam ulasan ini.

Kondisi badan lemas tak bertenaga

Penyebab badan lemas tak bertenaga seringkali disebabkan karena suatu penyakit atau sedang mengalami gejala tertentu. Tubuh menjadi sangat lemah dan lemas sehingga membuat kegiatan menjadi terhambat bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali. Kondisi ini sering juga disebut dengan asthenia.

Badan lemas bisa terjadi pada beberapa anggota tubuh saja, atau bahkan seluruh tubuh. Kelelahan yang ekstrim dan kekurangan energi merupakan respon dari berbagai hal seperti bosan, kurang tidur, kebiasaan makan buruk, aktivitas yang padat, dan sampai kondisi penyakit tertentu. 

Badan lemas ini terkadang tidak hilang hanya dengan istirahat atau tidur saja. Beberapa kasus kelelahan akan bisa diatasi dengan mengubah pola makan, manajemen stress dan pola hidup yang baik. Apa saja gejala badan lemas yang bisa bisa diidentifikasi?

Gejala badan lemas tak bertenaga

kenapa kita mudah lelah

Gejala dan penyebab badan lemas tak bertenaga bisa berbeda-beda berdasarkan penyebabnya. Gejala yang dialami mungkin hanya pada beberapa bagian saja, tapi bisa jadi keseluruhan bagian tubuh. Berikut gejala badan terasa lemas:

  • Badan lemas terisolasi. Gejala ini terasa pada bagian tubuh tertentu. Sulit menggerakan tubuh dengan sempurna, lingkup gerak terbatas, gerakan lambat, hingga terasa gemetar atau tremor pada saat menggerakan tubuh, terdapat pula kedutan pada beberapa bagian otot.
  • Lemas seluruh tubuh. Gejala lemas ini menyerang seluruh area tubuh, tidak ada energi dan kondisi tubuh seperti terserang flu, demam atau sakit otot.
  • Lemas darurat. Gejala ini menyebabkan kamu kehilangan kemampuan hingga dinyatakan darurat. Sakit kepala hebat, sulit napas, melihat atau berbicara, terdapat rasa sakit di dada.

Penyebab badan lemas tak bertenaga yang beragam ini tentu harus segera diperiksakan ke dokter apabla terdapat gejala seperti:

  • Pusing
  • Perasaan linglung
  • Sulit bicara
  • Masalah penglihatan
  • Sulit bernapas
  • Nyeri pada bahu

Apa saja penyebab badan lemas?

BACA JUGA: 5 Penyebab Sering Mengantuk, Berikut Cara Mengatasinya! 

Penyebab badan lemas tak bertenaga

Beberapa penyebab badan lemas tak bertenaga antara lain:

1. Gaya hidup tidak sehat

crab mentality, badan lemas tak bertenaga
Stressed Asian businesswoman feeling tired, headache and exhausted with her overloaded financial paperwork document at her finance consulting company office. Stressed, depression and business concept

Gaya hidup biasanya akan memicu kebugaran seseorang, jika pola hidup buruk maka banyak penyakit yang mungkin akan menyerang. Faktor ini akan terus terjadi dan menyebabkan rasa lelah yang luar biasa.

Kebiasaan seperti pola kerja yang buruk, kurang tidur, terlalu banyak beban pekerjaan hingga kurang aktivitas fisik dapat menyebabkan lemas luar biasa.

2. Sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi yang menyebabkan gangguan tidur dan membuat pernapasan berhenti selama tidur. Organ tubuh seperti otak akan mengalami kekurangan oksigen sehingga berakibat pada kelelahan anggota tubuh karena karbon dioksida yang menumpuk. 

3. Depresi

jenis jenis stress

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang memicu badan lemas. Kondisi ini dapat memunculkan perasaan tidak bahagia, stres hingga akan muncul dampak pada kesehatan fisik. Depresi akan memangkas banyak energi, sulit tidur, tidak ada nafsu makan, sulit fokus dan lelah tubuh serta mental yang luar biasa.

BACA JUGA: Gangguan Depresi Mayor, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya!

4. Hipotiroidisme

Kadar hormon tiroid yang rendah menyebabnya badan menjadi lemas. Kondisi ini biasanya akan menyerang tulang dan system otot. Tiroid banyak dialami oleh perempuan dan ditandai dengan depan leher mempunyai bentuk kupu-kupu.

5. Penyakit jantung

Penyebab rasa lelah yang luar biasa sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Rasa lelah umumnya akan memburuk sata aktivitas semakin berat dan bergerak fisik terlalu banyak. Ada baiknya, kamu memeriksakan kondisi jantungmu ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

BACA JUGA: Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita, Apa Bedanya dengan Pria?

6. Anemia

Anemia sering menyebabkan gangguan badan menjadi lemas tak bertenaga. Anemia atau kekurangan sel darah merah terjadi karena pasokan oksigen tidak cukup untuk organ tubuh yang diedarkan melalui aliran darah. Penderita anemia umumnya menampakkan wajah pusat, lesu dan mengantuk.

7. Menopause

Pada akhir masa reproduksi, wanita akan mengalami menopause sehingga siklus menstruasi berhenti [ermanan. Hormon yang biasa bekerja seperti estrogen akan menurun dan menyebabkan serintin memproduksi melatonin dimana hormon ini sering menyebabkan wanita mengantuk dan merasa lemas.

8. Diabetes melitus

Mengurangi diabetes

Proses penyerapan glukosa tidak berjalan dengan baik pada penderita diabetes melitus ini dapat menyebabkan tubuh lemas tidak bertenaga.

Produksi insulin sedikit atau kepekaan sel tubuh pada insulin akan memengaruhi bahan bakar dalam membentuk energi tubuh. Persediaan energi yang tidak cukup akan menyebabkan tubuh lemas tidak berdaya.

9. Penyakit addison

Penyakit ini terjadi saat produksi hormon kortisol dan aldosteron tidak cukup. Badan akan terasa lemas, hilang nafsu makan, penurunan berat badan, sakit perut hingga mengalami lelah kronis.

10. Elektrolit tidak seimbang

Elektrolit yang normal akan memaksimalkan fungsi tubuh seperti saraf, otot, jantung dan organ lainnya. Jika elektrolit tidak seimbang dan kekurangan zat seperti sodium, kalsium, kalsium dan magnesium, maka tubuh akan mudah lelah dan lemas.

Kehilangan banyak cairan dapat disebabkan muntah, diare, keringat yang berlebihan dan sedang menjalani pengobatan tertentu.

11. Gangguan saraf

Gangguan pada saraf bisa terjadi karena berbagai penyebab dan menjadikan badan lemas karena penyampaian pesan dari saraf ke bagian otot tidak dapat dilakukan secara optimal.

12. Penyakit ginjal

Tanda-tanda batu ginjal

Penyebab badan lemas tak bertenaga selanjutnya bisa saja karena penyakit ginjal yang diderita. Jika ginjal mengalami gangguan, maka badan bisa menjadi sangat lemas karena terjadi penumpukan sisa metabolisme yang gagal diserap oleh ginjal, misalnya keratin pada otot.

BACA JUGA: Gejala Sakit Ginjal pada Wanita, Ketahui dan Lakukan Pengobatannya!

13. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom ini akan menyebabkan kelelahan kronis jika tidak ditemukan adanya penyakit yang memicu rasa lelah pada pasien. Kondisi ini akan menyebabkan gangguan tidur, lemah dna lemas luar biasa, lemah otot hingga sulit untuk fokus

14. Penuaan alami

Usia yang semakin bertambah akan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh sehingga kekuatan tubuh atau otot akan banyak berkurang. Badan akan semakin lemas apabila melakukan banyak aktivitas dan kegiatan berat.

15. Dehidrasi

Dehidrasi sering terjadi jika tubuh kekurangan cairan yang cukup ekstrem. Kekurangan cairan ini akan menyebabkan tubuh lemas, penurunan tekanan darah hingga menyebabkan kondisi kesehatan tubuh dapat menurun.

16. Stroke

Stroke yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga. Stroke sering ditandai dengan badan lemas sehingga jika terjadi hal ini, kamu perlu segera memeriksakan diri. 

Cara mengatasi badan lemas tak bertenaga

Jika kamu mulai merasakan badan lemas, segera ubah gaya hidup yang lebih sehat, seperti:

  • Kualitas tidur yang baik. Olahraga intensitas rendah baik untuk mencegah kelelahan pada tubuh. Lakukan olahraga selama 150 menit per minggu atau 10-15 menit per hari dengan jenis olahraga ringan namun teratur.
  • Olahraga teratur. Tidur yang cukup akan mencegah badan terasa lemas. Hindari bermain gadget selama waktu tidur, tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, hindari alkohol dan kafein menjelang tidur.
  • Cukup cairan. Cairan yang cukup akan mencegah badan atau tubuh kamu lemas. Air membantu metabolisme lancar sehingga nutrisi akan disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.
  • Pola makan dan diet sehat. Jalani pola makan sehat dan bergizi serta diet sehat jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Jika badan masih terasa lemas dan tak bertenaga, jangan segan untuk segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya, ya!

Share artikel ini
Reference