Cara Menghilangkan kutek kuku

Banyak hal yang orang lakukan untuk menjaga penampilan. Salah satunya adalah dengan menjaga kuku agar selalu terlihat cantik dan menarik. Banyak orang mempercantik kuku mereka dengan menggunakan kutek kuku.

Jika kamu juga suka memakai kutek kuku, kamu pasti ingin tahu risiko kesehatan menggunakan kutek kuku dan cara menghilangkannya. Yuk simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu kutek kuku?

Kutek kuku adalah produk kecantikan yang dipakai untuk melapisi kuku agar terlihat lebih cantik. Mengecat kuku memakai kutek kuku bisa mengatasi masalah pada kuku, seperti kuku yang terkelupas dan menyamarkan kuku yang retak.

Kutek kuku tersedia dalam berbagai warna dan tekstur yang menarik. Ada yang berbentuk gel, bubuk, maupun cairan. Kamu bisa mengecat kuku di salon, ataupun melakukannya sendiri di rumah dengan produk kutek kuku yang telah dijual bebas. Pengaplikasiannya cukup mudah.

Kandungan bahan kutek kuku

Biasanya, produk kutek kuku yang beredar di pasaran, baik dalam bentuk gel, cairan, maupun bubuk memiliki kandungan bahan-bahan berikut ini.

  • Kamper
  • Parafin
  • Aseton
  • Asetonitril
  • Metakrilat
  • Formaldehida
  • Toluene
  • Dibutyl phthalate

Jika kamu ingin mewarnai kuku menggunakan kutek kuku, ada baiknya menghindari produk kutek kuku yang mengandung formaldehida, dibutyl phthalate, dan toluene. Ketiga senyawa ini ternyata bisa memberikan risiko bagi kesehatan, lho. Jadi, perhatikan komposisi kutek kuku yang kamu gunakan, ya.

Risiko kesehatan menggunakan kutek kuku

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kutek kuku, ada baiknya mengetahui risiko kesehatan dalam memakai kutek kuku. Menggunakan kutek kuku memang efektif dalam meningkatkan tampilan kuku kamu. Namun, pada umumnya produk kutek kuku masih mengandung bahan-bahan yang memiliki risiko terhadap kesehatan. Risiko kesehatan menggunakan kutek kuku adalah:

Mengganggu hormon endokrin

Kebanyakan produk kutek kuku mengandung dibutyl phthalate (DBP). Senyawa ini berfungsi untuk mencegah agar kuku tidak mudah rapuh dan terkelupas. Namun, senyawa ini ternyata dapat mengganggu hormon endokrin sehingga mengganggu organ reproduksi.

Merusak kuku

Setelah menggunakan kutek kuku dan warnanya mulai pudar di beberapa area, kamu pasti ingin membersihkannya. Salah satu cara yang sering dilakukan untuk membersihkannya adalah menggunakan aseton. Padahal, aseton sangat kering dan keras, sehingga bisa sangat merusak kuku.

Mempengaruhi sistem saraf

Di dalam produk kutek, selain mengandung DBP, biasanya juga mengandung toluene. Toluene adalah senyawa yang digunakan untuk mengencerkan kutek kuku supaya menjadi halus sesudah diaplikasikan. Pelarut seperti ini biasanya cukup berbahaya bagi sistem saraf.

Cara menghilangkan kutek kuku

Ada cukup banyak cara untuk menghilangkan kutek kuku, beberapa caranya bisa kamu lakukan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutek kuku.

  1. Rendam kuku dalam alkohol atau oleskan alkohol ke kuku menggunakan kapas.
  2. Rendam kuku dalam hand sanitizer lalu gosok kuku dengan kapas atau kain.
  3. Gosok kuku kamu menggunakan pasta gigi. Setelah beberapa menit digosok, keringkan menggunakan kain.
  4. Rendam kuku kamu ke dalam hidrogen peroksida dan air hangat. Ini membantu kamu membersihkan kutek kuku dengan lembut.
  5. Menggunakan nail polish remover. Sudah banyak produk nail polish remover yang dijual di pasaran. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kamu.
  6. Gunakan campuran antara cuka dan jus jeruk. Celupkan kapas ke dalam campuran ini dan tekan pada kuku sampai kutek kuku mudah dihilangkan.
  7. Pakailah hair spray aerosol. Basahi kapas dengan hair spray kemudian aplikasikan pada kuku.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutek kuku. Setelah kamu menghilangkan cat kuku dengan mencoba beberapa cara di atas, pastikan untuk merawat kuku kamu. Alkohol dan hand sanitizer dapat membuat kulit dan kuku mengalami dehidrasi. Gunakan produk yang bisa melembabkan kuku dan kulit kamu dan jangan lupa selalu minum air putih yang cukup, ya.

Beberapa cara menghilangkan kutek kuku memang telah terbukti aman dan efektif. Produk nail polish remover merupakan yang paling efektif karena cepat dan mudah dilakukan. Namun, menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah seperti alkohol dan hand sanitizer juga layak dicoba.

Share artikel ini
Reference