pertolongan pertama saat maag kambuh

pertolongan pertama saat maag kambuh

Apakah kamu pernah mengalami sakit perut yang cukup parah? Selain menstruasi, penyebab sakit perut juga bisa dikarenakan maag atau gastritis yang kambuh, lho.

Tingkat keparahan yang dialami pun berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat dan memungkinkan seseorang pingsan juga.

Yap! Tidak bisa disepelekan, ada beberapa pertolongan pertama saat maag kambuh yang perlu dilakukan secepatnya. Tujuannya, agar rasa sakit bisa berkurang.

Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas berbagai penyebab hingga pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita maag. Yuk, simak!

Apa itu maag?

Maag merupakan peradangan yang terjadi pada lapisan pelindung lambung bernama mukosa. Lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi perut dari asam lambung saat mencerna makanan. 

Nah, kalau lapisan mukosa ini rusak atau melemah, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya peradangan atau maag. Jenis bakteri yang biasanya menyebabkan peradangan yaitu Helicobacter Pylori

Untuk penderita maag kronis, peradangan bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang selama bertahun-tahun, apalagi jika tidak diobati secepatnya. Namun, penyakit yang satu ini cukup umum dan sering dialami banyak orang. 

Bahkan, risiko seseorang terkena maag akan meningkat seiring bertambahnya umur. Soalnya, lapisan dinding lambung akan lebih tipis sehingga lapisan mukosa mudah rusak. 

Penyebab maag kambuh

Lantas, apa saja penyebab maag kambuh? Apakah peradangannya bisa terjadi karena pola hidup? Secara umum, penyebab utama maag kambuh adalah gaya hidup yang tidak sehat. Mengutip dari Cleveland Clinic, berikut penyebab utamanya.

1. Konsumsi alkohol berlebihan

Mengonsumsi alkohol memang tidak dilarang sepenuhnya. Namun, jika kamu mengonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan juga sering, hal tersebut bisa mengiritasi dan mengikis lapisan perut sehingga terjadi peradangan.

2. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun adalah jenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Untuk beberapa kasus, keberadaan bakteri dari penyakit ini bisa menyerang sel-sel sehat yang ada di lapisan perut. 

3. Infeksi bakteri

Tak diragukan lagi, adanya infeksi bakteri berjenis Helicobacter Pylori bisa membuat lapisan pelindung perut menjadi rusak hingga timbullah peradangan. 

4. Refluks empedu

Hati memiliki fungsi untuk membantu empedu mencerna makanan yang mengandung lemak di dalamnya. Harusnya, empedu memproses dengan melalui usus kecil. Namun, refluks empedu bisa terjadi jika empedu mengalir kembali ke arah perut tanpa melalui usus kecil.

5. Stres secara fisik

Apakah fisikmu baru saja mengalami cedera parah? Maag bisa berkembang juga walaupun cedera yang kamu miliki tidak berkaitan dengan perut, lho. Biasanya, luka bakar parah dan cedera otak menjadi alasan utama.

6. Konsumsi obat-obatan tertentu

Jika kamu mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid seperti kortikosteroid, hal tersebut bisa meningkatkan risiko terkena maag. Soalnya, pemakaian obat pereda nyeri tersebut bisa mengiritasi lapisan dinding lambung.

Pertolongan pertama saat maag kambuh

Secara umum, maag kambuh sering kali dikaitkan karena terlambat makan atau kondisi perut yang kosong.

Hal tersebut benar adanya karena perut kosong bisa memicu juga produksi asam lambung. Namun, kamu bisa melakukan beberapa pertolongan pertama saat maag kambuh, seperti di bawah ini.

1. Minum air hangat

Pertolongan pertama saat maag kambuh yang terbilang sangat mudah ialah dengan mengonsumsi air hangat. Sebab, hal tersebut bisa membuat lambung menjadi lebih tenang dan meredakan rasa sakit. Minumlah secara perlahan dan berkala selama beberapa menit ke depan.

2. Makan dengan porsi sedikit

Meskipun sulit untuk menelan makanan, kamu tetap perlu mengisi perutmu dengan makanan, tetapi dengan porsi yang lebih sedikit daripada biasanya. Hindari makan dalam porsi yang besar agar meminimalisir kondisi perut yang langsung penuh.

3. Konsumsi obat maag

Jika seluruh cara di atas sudah kamu lakukan, tetapi perut masih terasa sakit, maka kamu perlu mengonsumsi obat maag secepatnya. Jenis obat yang dikonsumsi bisa kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter terkait, ya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai penyebab dan pertolongan pertama saat maag kambuh. Tidak perlu dikhawatirkan, penyakit yang satu ini tidaklah berbahaya jika kamu tangani secepatnya.

Share artikel ini
Reference