Siapa sangka jika duka mendalam akan dirasakan oleh keluarga kerajaan Inggris atau yang biasa disebut dengan The Royal Family. Umur Ratu Elizabeth yang telah menginjak 96 tahun meninggal pada kamis, 8 September 2022 waktu setempat, tepatnya di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Pihak kerajaan mengungkapkan pada public bahwa ratu telah pergi dengan damai setelah sebelumnya menyiratkan penurunan kesehatan yang terus menerus dari tahun lalu. 

Ratu Elizabeth meninggal

Ratu Elizabeth dikenal sangat jarang sakit sepanjang hidupnya. Pemilik nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary yang lahir pada 21 April 1926 di London, Britania Raya itu merupakan elizabeth II yang agung dimana ia memerintah Britania Raya dan alam persemakmuran selama 70 tahun.

Kabar meninggalnya ratu tersohor ini segera sampai ke seluruh dunia mengingat beliau adalah pemegang tahta terlama dalam pemerintahan keluarga kerajaan. Sosoknya yang begitu tenang dan bersahaja membuat rakyat merasakan duka yang dalam sekaligus memberikan doa terbaik untuk kepergian sang Ratu Elizabeth II.

Umur Ratu Elizabeth

Umur Ratu Elizabeth telah menginjak 96 tahun pada April lalu. Ratu Elizabeth merupakan anak dari George VI dan Elizabeth Bowes-Lyon. Suaminya adalah Pangeran Philip, Adipati Edinburgh yang telah berpulang pada 2021 lalu.

Meski telah menua, Ratu Elizabeth tetap menjalankan tugas-tugas sebagai pemegang tahta hingga akhir hayatnya. Kesehatan ratu yang terus menurun telah terlihat sejak tahun lalu. Sejak itu, ratu dihadapkan pada pengawasan ketat mengenai kondisi kesehatannya yang pada akhirnya mangkat dengan tenang pada 8 September lalu. 

Bagaimana riwayat sakit Ratu Elizabeth II sebelum meninggal?

Riwayat sakit Ratu Elizabeth

ratu elizabeth meninggal

Umur Ratu Elizabeth menua dengan sangat baik meski pada 2 tahun terakhir mengalami penurunan yang signifikan. Beberapa riwayat dari kesehatan ratu antara lain:

Oktober 2021

Pada bulan oktober 2021, ratu ternyata sempat dirawat di sebuah rumah sakit karena masalah kesehatan yang telah diketahui sejak 2017. Dalam keterangan, dokter menyarankan Ratu Elizabeth untuk melakukan perubahan gaya hidup, salah satunya dengan berhenti mengonsumsi koktail favoritnya di mana minuman ini selalu ratu minum saat malam.

Beberapa kegiatan juga tidak dihadiri demi menjaga kesehatan ratu yang menurun dan hanya dapat melakukan beberapa kegiatan ringan saja.

November 2021

Sebulan setelah perawatan, ratu dikabarkan mengalami sakit punggung karena terkilir, di mana seharusnya ratu menghadiri sebuah acara di london namun harus absen karena alasan ini. Menurut sumber kerajaan, ratu merasa kecewa karena telah melewatkan acara remembrance sunday tersebut.

February 2022

Tidak lepas dari kesehatan yang menurun, ratu juga dinyatakan terinfeksi covid-19. Tidak ada gejala khusus sehingga ratu tetap dapat melakukan tugas ringan di istana Buckingham. Pihak kerajaan memastikan ratu telah divaksinasi dengan lengkap dan membatalkan berbagai pertemuan untuk memantau kesehatannya.

Maret 2022

Bulan Maret 2022, ratu tidak menghadiri acara publik hingga april karena masalah mobilitas. 13 mei 2022, Ratu Elizabeth baru muncul pada acara Royal Windsor Horse Show yang merupakan acara favoritnya.

September 2022

Masih bertugas dengan bertemu perdana menteri Boris Johnson yang mengundurkan diri serta berganti dengan perdana menteri baru, Liz Truss di Balmoral, yang secara khusus datang karena Ratu Elizabeth tidak dapat terbang dan melakukan pertemuan yang umum dilakukan di London. 

Masalah mobilitas ratu dan kesehatannya lah yang menjadi alasan dan menjadi kali pertama ratu menggelar acara penobatan perdana menteri baru di Kastil Balmoral dan bukannya di London.

Sehari sebelum wafat, Ratu Elizabeth membatalkan pertemuan virtual dengan para dewan untuk beristirahat dan pada 8 September 2022 pagi hari, pihak kerajaan mengungkapkan bahwa ratu berada pada pengawasan medis di Kastil Balmoral dan meninggal pada hari yang sama.

Rahasia hidup umur panjang Elizabeth

rahasia umur panjang ratu elizabeth

 

Ratu Elizabeth juga menua dengan sangat baik disaksikan oleh masyarakat Britania Raya sejak memerintah mulai tahun 1952. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, tak sedikit yang penasaran apa saja rahasia ratu sehingga memiliki umur yang begitu panjang. Berikut adalah rahasia umur panjang Ratu Elizabeth:

Rajin makan buah

Koki istana menyatakan bahwa Ratu Elizabeth sangat suka makan buah seperti berries dan bahkan kebun berries ini ada di Kastil Balmoral karena saking sukanya. Kandungan vitamin c yang tinggi dari berries membuat Ratu Elizabeth tetap sehat dan bugar meski berusia tua.

Baca juga: 20 Manfaat Buah Strawberry untuk Ibu Hamil

Menghindari minuman manis

Rahasia sehat Ratu Elizabeth selanjutnya adalah menghindari minuman manis, meskipun suka minum teh, namun the favorit ratu adalah earl grey atau darjeeling yang diminum tanpa gula dengan sedikit susu.

Suka dark chocolate

Dark chocolate sangat disukai Ratu Elizabeth sebagai cemilan kesehariannya. Cokelat hitam ini mempunyai sumber antioksidan yang tinggi sehingga proses penuaan berjalan lambat dan menurunkan berbagai risiko kesehatan.

Baca juga: 6 Manfaat Makan Coklat, Ternyata Bagus untuk Turunkan Kolestrol

Menjaga otak selalu aktif

Sebagai pemimpin britania raya, tidak heran jika Ratu Elizabeth sering membaca dokumen selama berjam-jam dan kebiasaan tersebut merupakan cara ratu untuk menjaga otaknya selalu aktif. Kebiasaan membaca koran pada pagi hari juga memungkinkan ratu tetap aktif di samping dapat mengikuti semua perkembangan yang ada.

Jalan kaki

Keluarga istana sangat memahami umur ratu yang panjang bisa jadi karena kebiasaan jalan kaki setelah makan siang. Meski memiliki banyak kegiatan dan pertemuan, Ratu Elizabeth tidak pernah absen untuk berjalan kaki sehingga berbagai masalah kesehatan bisa diatasi.

Perawatan kecantikan

Ratu Elizabeth diketahui mempunyai perawatan kecantikan pribadi sehingga tidak heran meski usianya hampir 1 abad, namun kecantikan dan kesehatan kulitnya tetap terjaga. Ratu tidak sering memakai riasan tebal dan menghindari sorot sinar matahari serta menjaga kulitnya tetap lembab dengan produk kecantikan pilihannya.

Rahasia umur Ratu Elizabeth yang membuatnya berusia panjang juga sebanding dengan perjuangan dan pemerintah ratu yang telah 70 tahun lamanya. Selamat jalan ratu Britania Raya, Rest in peace, Queen Elizabeth!

Share artikel ini
Reference