Pada saat hamil, seorang ibu mungkin sering mengalami mual dan muntah sehingga butuh makanan yang menenangkan. Strawberry menjadi salah satu buah dengan super manfaat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

Segudang manfaat buah strawberry untuk ibu hamil ini tentunya tidak terlepas dari kandungan buah mungil ini sendiri. Apa saja khasiat dan manfaat buah strawberry untuk kesehatan? Yuk simak daftar lengkapnya disini~

Khasiat dan kandungan buah strawberry

Penampilan khas strawberry yang imut dengan warna merah menggoda memang disukai oleh siapa saja.

Anak-anak hingga orang dewasa juga menyukai buah ini dengan berbagai macam cara konsumsi, seperti di jus, dijadikan topping, menjadi selai atau dimakan begitu saja.

Tidak heran bila ada kebun strawberry yang selalu ramai dikunjungi. Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil juga tidak main-main, lho.

Segudang manfaat dan khasiat dari strawberry tidak terlepas dari kandungan yang terdapat didalam buah ini. Menurut U.S Department of Agriculture, dalam 152 gram strawberry terdapat kandungan:

  • 49 kalori
  • 0,5g lemak
  • 1,5g sodium
  • 11,7g karbohidrat
  • 3g serat
  • 7,4g gula
  • 1g protein
  • 89,4mg vitamin C
  • 233mg potassium
  • 19,8mg magnesium

Kandungan vitamin C yang tinggi ini menjadi alasan mengapa strawberry memiliki manfaat yang besar untuk ibu hamil. Apa saja manfaatnya?

Baca juga: 8 Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil 

20 Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil disebabkan oleh vitamin C yang tinggi dalam buah ini. Vitamin C sebagai antioksidan memang berfungsi untuk membantu kekebalan tubuh meningkat dan membantu kesehatan tubuh yang lain. 

Berikut buah strawberry untuk ibu hamil yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Menghindari risiko cacat lahir

Kandungan asam folat yang tinggi pada strawberry membuat buah ini dapat menghindari resiko bayi lahir cacat hingga 50%.

Nutrisi ini sangat tepat utnuk ibu hamil yang sedang mengandung sehingga janin akan lahir lengkap dan selamat.

2. Mengurangi mual

morning sickness
Morning sickness tanda-tanda kehamilan

Rasa manis dan asam pada strawberry terdapat dapat mengurangi mual atau morning sickness yang kamu rasakan selama hamil, lho.

Vitamin C pada strawberry dapat menutrisi bumil sehingga menyerap zat besi yang diperlukan selama mengandung. Buah ini cocok dimakan langsung atau dijadikan jus untuk mengurangi mual saat hamil.

3. Cegah anemia

Bumil rentan terkena anemia karena sel darah merah dalam tubuhnya akan menurun seiring kehamilan yang terus bertambah usianya.

Zat besi membantu pembentukan sel darah merah yang dibutuhkan ibu hamil untuk tetap sehat dan menghindari anemia pada ibu hamil.

4. Keseimbangan hormon

Gangguan hormon selama hamil dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan pertumbuhan janin sehingga sangat disarankan ibu hamil mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin B6 dan serat tinggi.

Selain manfaat buah strawberry untuk ibu hamil, strawberry juga sangat bermanfaat untuk kesehatan secara umum yakni sebagai berikut:

5. Tingkatkan kekebalan tubuh

Tubuh manusia tidak memproduksi vitamin C seperti dikutip dalam Vitamin C and Immune Function oleh National Center for Biotechnology Information.

Hal ini menjadi alasan mengapa strawberry sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena tinggi vitamin C dan dapat memperkuat sistem imun tubuh.

6. Jaga kesehatan jantung

ciri-ciri penyakit jantung pada wanita
ciri-ciri penyakit jantung pada wanita

Strawberry memiliki nutrisi tinggi serat sehingga mencegah kolesterol dan trigliserida. Hal ini dapat memengaruhi kesehatan jantung dan menjaga sistem kardiovaskular.

Strawberry kaya akan flavonoid dan potassium yang merupakan sumber zat besi dan vitamin C.

7. Menjaga tekanan darah stabil

Strawberry dikenal mempunyai kandungan antosianin yang merupakan bentuk lain dari senyawa flavonoid. Buah ini dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan mencegah tubuh terkena efek samping dari tekanan darah yang tidak stabil.

8. Menyehatkan mata

Bagi kamu yang punya masalah dengan kesehatan mata, cobalah untuk mengonsumsi strawberry karena buah ini dapat membantu mencegah katarak dan kebutaan pada usia tua.

Kandungan antioksidannya mampu melindungi mata dari paparan radikal bebas yang merusak protein pada mata.

9. Mencegah kanker

Vitamin C, flavonoid dan folat sangat berkhasiat dalam mencegah kanker dengan cara menghasilkan sifat anti kanker dan menekan jaringan sel kanker tumbuh.

Kandungan dalam buah ini akan menciptakan garis yang dapat bertahan terhadap serangan kanker dan tumor.

10. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi berisiko terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular. Buah mungil ini kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam level aman.

11. Turunkan risiko darah tinggi

Kandungan buah strawberry yang merupa serat dan rendah gula dapat menurunkan risiko darah tinggi sehingga mengnsumsi buah merah ini dapat membuat kadar gula darah dalam menjadi stabil. 

Baca juga: Diabetes Kehamilan, Ibu Hamil Wajib Waspada

12. Mencegah peradangan

Peradangan pada persendian dapat berpotensi menjadi arthritis sehingga mengonsumsi strawberry.

Hal itu karena buah ini kaya akan fitokimia dan antioksidan dapat menjadi alasan mengapa buah ini bermanfaat untuk kesehatan sendi dan mencegah kerusakan pada tulang.

13. Asupan serat harian

Manfaat strawberry untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk asupan sehari-hari. Kebutuhan esensial harian dapat dimaksimalkan dengan konsumsi strawberry dengan kandungan seratnya dalam setiap porsi.

Buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan memenuhi asupan serat harian.

14. Jaga berat badan stabil

Bagi kamu yang sedang menjalani diet dan ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ajaib ini karena kandungan serat yang tinggi dapat mencegah berat badan berlebih.

15. Cegah penuaan dini

Kerutan pada wajah dan tanda penuaan dini dapat diatasi dengan mudah apabila kamu sering mengonsymsi buah yang kaya akan kolagen ini. Vitamin C dalam strawberry memberikan kesehatan pada kulit wajah dan mencegah penuaan dini datang.

16. Melindungi sel otak

Antioksidan dapat membantu sel otak rusak akibat radikal bebas. Strawberry diketahui mampu melawan kerusakan sel otak dan meningkatkan kesehatan otak, memperlambat penurunan memori dan meningkatkan daya ingat.

17. Memutihkan gigi

Gigi putih bersih bisa didapat dengan rutin mengubah strawberry dan soda kue menjadi bubur pasta. Adonan ini dapat digosokan ke gigi, tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Gigi akan lebih putih dan cerah dengan cara ini.

18. Meningkatkan vitalitas pria

Sperma pria dapat ditingkatkan melalui konsumsi vitamin C dalam strawberry. Buah ini baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi seksual pada pria seperti dikutip dalam Journal of Nutrition bahwa jumlah sperma akan meningkat dengan konsumsi vitamin C ini.

19. Menyehatkan kulit

Sifat antioksidan dalam strawberry membuat buah mungil ini dapat membantu menyehatkan dan mencerahkan kulit.

Buah ini dapat dimakan langsung pada kondisi paling matang sehingga vitamin C-nya maksimal untuk diserap oleh kulit.

Baca juga: Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

20. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika cairan dalam tubuh berkurang, itulah sebabnya vitamin C dalam strawberry sangat tinggi manfaatnya untuk mencegah tubuh kekurangan cairan dan menyegarkan tubuh ketika mengonsumsi buah ini.

Efek samping konsumsi strawberry berlebihan

Buah yang kaya akan nutrisi ini mengandung nilai-nilai baik yang dapat diserap oleh tubuh. Namun disarankan untuk tetap mengonsumsinya dalam porsi yang wajar ya. Terdapat beberapa efek samping buah strawberry jika dimakan berlebihan seperti:

  • Diare
  • Perut bergas
  • Reaksi alegi
  • Demam
  • Tubuh lesu
  • Retensi air atau edema
  • Risiko tegang saraf

Penting untuk memberi strawberry segar dengan warna merah terang, tekstur kenyal, utuh dan tidak kering atau kecoklatan. Konsumsi maksimal 50 gram per hari untuk mendapatkan manfaat buah strawberry untuk ibu hamil dan kesehatan umum secara maksimal.

Share artikel ini
Reference