gejala covid omicron varian baru

Sejak awal Juni 2022, kementerian kesehatan Indonesia resmi mengumumkan adanya gejala COVID Omicron varian yaitu BA.4 dan BA.5. Meskipun belum ada tindakan khusus untuk menanggapi kemunculan virus baru, pemerintah tetap meminta masyarakat untuk lebih waspada akan virus ini.

Varian Omicron BA.4 dan BA.5 merupakan varian covid-19 yang sangat mudah menyebar dan ditemukan sebagian besar kasusnya di Afrika Selatan dan Eropa. Sementara di Indonesia kasusnya mulai melonjak lagi, setelah angka penyebaran mulai menurun beberapa waktu ke belakang.

Apa saja gejala covid Omicron varian baru?

benarkah ivermectin mampu mengobati infeksi covid-19

Beberapa laporan kasus Omicron subvarian baru menyatakan tidak ditemukan adanya gejala yang parah. Hal ini bisa diketahui dengan tidak adanya lonjakan pasien rawat inap di rumah sakit atau meningkatnya kasus kematian.

Meski tidak termasuk gejala yang parah, Omicron varian baru ini juga memiliki gejala yang serupa dengan Covid-19 pada umumnya. Beberapa di antaranya yaitu sesak napas, gejala seperti flu, reaksi alergi, dan badan merasa kelelahan.

Gejala-gejala lain yang bisa kamu alami yaitu:

  1. Batuk
  2. Sesak hingga sulit bernapas
  3. Demam hingga menggigil
  4. Tubuh merasa sakit dan lelah
  5. Sakit kepala
  6. Kehilangan indera perasa dan bau
  7. Sakit tenggorokan
  8. Hidung tersumbat seperti pilek
  9. Mual, muntah dan diare

Apakah gejala covid Omicron berbahaya?

perbedaan radang tenggorokan dan amandel

Pada umumnya gejala varian baru Covid-19 Omicron ini hampir sama dengan varian Sars-CoV-2 lainnya seperti alpha, beta, dan delta yang tentunya berbahaya bagi tubuh. Hal yang membedakannya adalah kemudahannya untuk menyebar dan menular.

Gejala dan tingkat keparahan virus Omicron sebetulnya akan berbeda pada setiap orang. Mengingat adanya riwayat vaksinasi atau booster, selain itu adanya penyakit bawaan dan penyerta juga sangat mempengaruhi gejala yang dialami.

Sebagian gejala infeksi Covid-19 terus berubah dari ringan ke berat atau sebaliknya. Melihat kasusnya yang banyak dengan penularan yang cepat juga dapat menjadi masalah serius, namun hingga saat ini belum ada laporan lonjakan kematian akibat Omicron varian baru.

Ciri-ciri Covid Omicron varian baru

Omicron varian baru memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan virus Covid-19 yang sebelumnya sudah menyebar. Namun virus ini akan lebih mudah menyerang anak muda dan membuat akan terasa mudah lelah.

Berbeda dengan varian delta yang menunjukkan adanya gejala kehilangan indra penciuman dan pengecap. Varia Omicron ini membuat penderitanya menjadi mudah lelah dan tidak bertenaga, serta sangat mudah menyebar.

Varian baru Covid-19 ini memiliki lonjakan kasus yang sangat cepat dan tinggi di berbagai area. Peningkatan beban kasusnya memang melampaui kasus harian baru, tetapi jumlah rawat inap dan kematian masih jauh di bawah puncak virus sebelumnya.

Tips pencegahan untuk covid omicron varian baru

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mencegah penyakit baru adalah mendapatkan dan mencari informasi terbaru dan valid secepatnya. Termasuk tentang vaksinasi dan gejala penyakit yang dapat timbul.

vaksin saat haid

Selain itu, perlu diperhatikan juga kondisi tubuh, jangan biarkan tubuh bekerja terlalu berat dan lelah. Karena bisa saja hal tersebut dapat membuat kekuatan imun kamu menjadi lemah dan mudah diinfeksi penyakit.

Vaksinasi booster juga sangat penting untuk kamu dapatkan, karena dengan vaksin ini kamu akan mendapat bantuan pembentukan daya tahan tubuh yang lebih kuat untuk melawan virus Covid-19.

Tercatat sampai pada bulan Mei 2022 sudah hampir 258, 2 juta orang menerima vaksin Covid-19 dan lebih dari 101 juta orang mendapatkan vaksinasi booster. Jika kamu sudah memenuhi syarat untuk vaksin booster sebaiknya segera lakukan.

Selain dengan vaksin, kamu juga bisa melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Salah satunya adalah selalu mencuci tangan dan rajin menggunakan masker serta menjaga asupan makan yang bergizi dan sehat.

Dengan memakai masker apalagi di tempat umum, kamu bisa mencegah risiko tinggi penularan berbagai penyakit tidak hanya covid-19 saja. Selain itu, kamu juga harus beristirahat yang cukup agar kondisi tubuh selalu fit dan terhindar dari penyakit.

Untuk saat ini virus varian apapun yang muncul, pemerintah tetap menghimbau pencegahannya dengan cara yang sama yaitu memperkuat imunitas tubuh, memakai masker, dan menjaga kebersihan.

Share artikel ini
Reference