minum yakult saat haid

Yakult merupakan produk minuman susu fermentasi yang mengandung probiotik (bakteri baik) yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan.

Dalam satu botol Yakult diklaim terdapat lebih dari 6,5 miliar L bakteri Strain Casei Shirota. Bakteri inilah yang membantu menyehatkan pencernaan dengan mengurangi pengaruh bakteri jahat.

Yakult aman dikonsumsi oleh semua orang, termasuk anak-anak, ibu hamil dan lansia. Tapi yakult tidak dianjurkan untuk bayi dan mereka yang alergi terhadap produk susu

Yakult bisa diminum 1-2 botol setiap hari dan dipercaya bermanfaat untuk mengurangi penumpukan racun di usus akibat bakteri jahat dan meningkatkan sistem imun tubuh. Lantas, apakah boleh minum yakult saat haid? dan kapan waktu terbaik minum yakult? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Efek minum yakult saat haid

Yakult merupakan minuman probiotik yang sudah dikenal dan cukup diminati oleh banyak orang. Minuman yang satu ini terbuat dari krim susu fermentasi, gula, dan bakteri Lactobacillus casei yang rasanya tidak jauh berbeda dengan yogurt.

Yakult dipercaya sebagai minuman yang baik untuk kesehatan pencernaan dan cocok dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, nutrisi yang terkandung dalam Yakult juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama masa kehamilan. Namun perlu kamu ketahui, minum Yakult harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan setiap harinya.

Jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat, minum Yakult bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kamu.

Minum Teh Hijau Saat Haid, Apakah Efeknya Baik Atau Buruk?

Yakult secara umum dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan aman untuk dikonsumsi. Namun, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan, terutama untuk konsumsi dalam jumlah banyak dan teratur. Efek samping yakult meliputi:

1. Memicu sakit kepala

Makanan atau minuman yang kaya akan probiotik umumnya akan mengandung senyawa samping berupa biogenic amines. Biogenic amines yang sering terdapat pada produk pangan probiotik adalah histamine, tyramine, tryptamine, dan phenylethylamine.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi makanan rendah histamin mengurangi kemungkinan sakit kepala hingga 75%, sehingga kelebihan amina biogenik juga diduga memicu atau memperburuk kondisi sakit kepala. Namun, penelitian pendukung diperlukan untuk mengkonfirmasi efek samping ini.

2. Memicu alergi

Jika sesuai anjuran, minum yakult bisa memperlancar sistem pencernaan kamu. Namun, beberapa bahan penyusunnya, terutama susu skim dapat memicu reaksi alergi bagi mereka yang alergi terhadap produk susu. Sebaiknya pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap berbagai produk olahan susu.

3. Meningkatkan risiko infeksi

Meskipun minuman probiotik umumnya sangat aman untuk dikonsumsi, namun bagi sebagian orang dengan kondisi khusus seperti orang dengan gangguan fungsi kekebalan tubuh atau mereka yang baru menjalani operasi minuman ini dapat meningkatkan risiko infeksi.

4. Gangguan pencernaan

Adanya rasa sakit di perut setelah minum probiotik jarang terjadi. Hal ini mengapa minum Yakult saat haid juga diperbolehkan. Hanya sedikit orang yang dilaporkan mengalami peningkatan gas pencernaan dan kembung yang hanya berlangsung sesaat.

Untuk mencegah efek samping tersebut, penggunaan awal dimulai dari dosis kecil terlebih dahulu kemudian ditingkatkan sesuai kebutuhan. Jika munculnya rasa kembung akibat gas ini terjadi dan semakin hebat, segera hentikan konsumsi minuman ini dan konsultasikan ke dokter.

Minum Coca Cola sangat Baik saat Haid, Mitos atau Fakta?

Kapan saat terbaik minum yakult?

Berikut ini adalah petunjuk penggunaan waktu minum yakult agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang tepat.

Minuman kesehatan Yakult dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan
Selalu ikuti anjuran atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk sebelum mulai mengkonsumsinya
Tidak disarankan untuk mengonsumsi yakult dalam jumlah banyak setiap hari, terutama bagi mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan (seperti antibiotik) yang dapat dipengaruhi oleh produk susu.

Takaran Yakult yang biasa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah

Dosis dewasa : 1-2 botol sehari
Dosis anak-anak: 1 botol sehari
Dosis untuk balita diatas 8 bulan : 1 botol per hari

Manfaat minum yakult

Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dari minuman probiotik termasuk yakult yang baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan probiotik dalam Yakult membantu sistem pencernaan bekerja lebih efisien untuk menghindari sejumlah komplikasi kesehatan. Selain minum Yakult, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan probiotik dengan mengatur pola makan, menghindari makanan pedas, berlemak, dan gorengan.

2. Mengobati perut kembung

Perut kembung sering disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak dan berminyak. Rasa kembung kemudian diikuti sejumlah gejala lain, seperti mual dan lemas. Nah, manfaat Yakult juga termasuk untuk pengobatan perut kembung. Selain tu juga bisa membantu mengatasi reaksi alami pada tubuh dari makanan yang berlemak.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Agar tubuh selalu terhindar dari penyakit, diperlukan sistem imun yang kuat untuk menangkal bakteri atau virus penyebab penyakit. Kandungan bakteri ‘baik’ pada Yakult menghasilkan manfaat minum yakult untuk meningkatkan kinerja sistem imun.

4. Mampu menjaga kesehatan jiwa

Dampak konsumsi probiotik pada kesehatan mental adalah salah satu bidang penelitian probiotik yang lebih baru. Para peneliti percaya bahwa hubungan antara usus dan otak, yang dikenal sebagai “poros usus-otak”, memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Probiotik sedang dipelajari untuk kemampuannya mengurangi kecemasan, menghilangkan stres dan meningkatkan pandangan mental.

5. Membantu mengurangi gejala diare saat haid

Mikroorganisme ini mempromosikan dan menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat yang sehat di saluran pencernaan, yang dapat menurunkan kemungkinan kamu mengalami diare berulang selama periode bulanan kamu.

Para peneliti baru mulai mengeksplorasi efek probiotik pada banyak aspek kesehatan manusia lainnya. Sementara itu, makanan kaya probiotik dapat dengan aman menjadi bagian dari makanan sehari-hari, dengan dampak potensial di luar nutrisi yang diberikannya.

Minum yakult saat haid sebenarnya boleh saja karena dinilai cukup aman untuk dikonsumsi semua orang. Namun, bagi kamu yang memiliki riwayat alergi terhadap produk olahan susu, tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman ini.

Share artikel ini
Reference