cara mencegah gigi berlubang

Permasalahan gigi yang paling banyak dialami orang adalah gigi berlubang. Bukan hanya karena tidak menjaga kebersihan gigi dan gusi, ada banyak penyebab lainnya yang memicu adanya lubang. Lalu, bagaimana cara mencegah gigi berlubang?

Artikel kali ini akan membahas lebih jauh tentang cara mencegah gigi berlubang dan apa saja penyebabnya. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini ya, Yoonies!

Penyebab gigi berlubang

Kamu perlu mengetahui penyebab terlebih dahulu sebelum mencari cara mencegah gigi berlubang. Kok bisa ada lubang pada gigi? Gigi berlubang adalah salah satu kerusakan pada gigi yang membuat struktur gigi hancur. Kerusakan ini memengaruhi lapisan dentin gigi dan lapisan luar gigi atau enamel.

Penyebab gigi berlubang yang paling umum adalah tertinggalnya sisa makanan pada gigi yang tidak dibersihkan. Bakteri yang hidup di mulut mencerna sisa-sisa makanan lalu mengubahnya menjadi asam. Bakteri, asam, sisa makanan, dan air liur bergabung membentuk plak yang menempel di gigi. Asam dalam plak melarutkan permukaan enamel gigi sehingga menciptakan lubang.

Salah satu cara membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi adalah dengan menyikat gigi. Jika kebersihan gigi tidak terjaga, maka akan memicu munculnya lubang pada gigi. Terlalu banyak makan dan minum manis serta jarang membersihkan gigi dan gusi dapat menjadi penyebab utama gigi berlubang.

Kamu mungkin tidak menyadari jika ada gigi berlubang di dalam mulut kamu karena biasanya gigi berlubang pada awalnya tidak menimbulkan gejala apa pun. Ketika gigi berlubang semakin parah, kamu mungkin akan merasakan beberapa gejala yang tidak nyaman, seperti:

  1. Sering sakit gigi
  2. Muncul rasa nyeri atau sakit gigi pada saat mengonsumsi makanan dan minuman yang panas, dingin atau manis
  3. Muncul bintik-bintik putih, coklat atau hitam pada gigi
  4. Rasa sakit yang luar biasa karena ada penumpukan nanah (infeksi) pada gigi yang berlubang

15 Obat untuk Sakit Gigi Berlubang, Alami dan Mudah Ditemukan!

Cara mencegah gigi berlubang

penyebab dan cara mencegah gigi berlubang

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gigi berlubang. Kegiatan menyikat gigi dan menghindari makan dan minuman manis terkadang tidak cukup untuk mencegah gigi berlubang. Selain itu, kamu juga perlu:

  1. Menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dengan pasta gigi berfluoride
  2. Sikat gigi setiap selesai makan dan terutama sebelum tidur
  3. Bersihkan sela-sela gigi setiap hari menggunakan benang
  4. Gosok lidah dengan lembut setiap kali menyikat gigi untuk membersihkan plak yang menempel pada lidah
  5. Minum air putih setelah makan untuk menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket di mulut
  6. Gunakan obat kumur untuk membunuh kuman dan bakteri
  7. Konsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang, perbanyak buah dan sayur
  8. Kurangi ngemil
  9. Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur dengan dokter gigi setidaknya 2 tahun sekali

Jika sudah terlanjur ada lubang pada gigi, selanjutnya harus bagaimana? Kamu perlu segera mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Untuk gigi berlubang yang tergolong baru, dokter biasanya akan meresepkan obat kumur untuk mengatasinya. Dokter gigi juga mungkin akan memberikan perawatan lain berupa penambalan.

Lubang pada gigi yang sudah mencapai jaringan lunak di tengah gigi biasanya memerlukan perawatan saluran akar dari dokter gigi. Namun, jika kondisi gigi berlubang yang kamu alami sudah terlalu parah, maka ada kemungkinan gigi yang berlubang tersebut akan dicabut.

Apa Itu Veneer Gigi? Sebelum Pasang, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang cara mencegah gigi berlubang dan penyebabnya. Tidak hanya gigi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gusi, lidah, dan semua yang ada di dalam rongga mulut. Jika semua sehat dan bersih, kamu juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference