cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat

Gatal pada kulit dapat sangat mengganggu. Bahkan jika terus digaruk, kulit juga dapat sakit dan terasa perih. Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat yang bisa kamu coba, berikut berbagai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab umum kulit gatal

Mengetahui penyebab kulit gatal adalah hal yang penting, dengan begitu kamu bisa mengetahui cara tepat untuk mengatasinya. Berikut beberapa penyebab umum kulit gatal:

1. Kulit yang sangat kering

Kulit yang terlalu kering tidak memiliki pelindung yang kuat sehingga lebih rentan mengalami iritasi, infeksi hingga kerusakan. Berbagai masalah kulit tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kasar, bersisik dan gatal. 

2. Penyakit kronis

rasa gatal pada kulit juga dapat disebabkan penyakit tertentu. Beberapa penyakit kronis seperti penyakit ginjal, diabetes tipe 2, liver dan kelainan darah memiliki gejala gatal pada kulit. 

3. Reaksi alergi

Alergi adalah salah satu penyebab gatal yang paling umum. Ada banyak pemicu alergi misalnya makanan, debu, hingga udara dingin. Alergen ini dapat menyebabkan gatal yang tak kunjung sembuh. Gatal ini umumnya juga disertai dengan gejala lain seperti bentol, ruam, hingga hidung meler. 

4. Penyakit atau masalah kulit

Gatal-gatal kronis juga dapat berkaitan dengan masalah kulit atau penyakit tertentu. Berikut beberapa masalah kulit yang dapat menyebabkan rasa gatal tak kunjung sembuh:

  • Dermatitis atopik (eksim). 
  • Dermatitis kontak. 
  • Psoriasis.
  • Neurodermatitis. 
  • Urtikaria (Biduran).
  • Infeksi jamur seperti ringworm, kurap, kandidiasis, dan panu.
  • Infeksi parasit seperti kudis (scabies).

5. Gangguan saraf

Gatal yang tak kunjung sembuh juga dapat menjadi tanda adanya masalah pada saraf akibat penyakit maupun cedera. rasa gatal tersebut, biasanya muncul pada satu area tubuh. Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gatal, seperti multiple sclerosis, stroke, serta herpes zoster.

6. Efek samping pengobatan

Obat-obatan tertentu memiliki efek samping yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Beberapa obat tersebut adalah aspirin, obat pereda nyeri opioid, dan obat hipertensi. Umumnya, rasa gatal ini akan bertahan selama kamu mengkonsumsi obat-obatan tersebut. 

Ciri-ciri gatal yang tak kunjung sembuh

Pada gatal yang tak kunjung sembuh menandakan adalah kondisi medis yang mendasarinya. Selain gatal-gatal, beberapa gejala lain yang yang menyertainya adalah:

  • Bentol
  • Ruam kemerahan
  • Garis-garis pada kulit
  • Luka lecet pada kuli
  • Kulit bersisik, serta
  • Kulit kering atau pecah.

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat

Ada beberapa cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat, seperti:

1. Kenakan pakaian yang ringan dan longgar

Cara yang satu ini sangat sederhana. Jika kamu merasa gatal, pastikan untuk menggunakan pakaian yang ringan dan longgar. Pasalnya, pakaian yang ketat pada menyebabkan gatal semakin buruk. Biarkan kulit bernafas sehingga intensitas rasa gatal dapat berkurang. 

2. Kompres air dingin

Hindari kompres air hangat jika kamu merasa gatal. Pasalnya, kulit dapat menjadi lebih kering dan membuat rasa gatal semakin parah. Kompreslah menggunakan air dingin 10-15 menit hingga rasa gatal tersebut berkurang. 

3. Gunakan pelembab

Kulit yang kering menjadi salah satu penyebab utama gatal. Pastikan untuk menggunakan pelembab atau lotion pada seluruh area kulit untuk mengurangi rasa gatal. Lotion juga berguna untuk mengatasi kulit yang bersisik. Pastikan menggunakan body lotion yang bebas dari wewangian dan parfum. 

4. Mandi air hangat oatmeal

cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan mandi dengan air hangat dan oatmeal. Oatmeal koloid memiliki kualitas anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat menghidrasi kulit dan mengurangi intensitas gatal. Hal ini diungkapkan dalam penelitian kecil yang diterbitkan Journal of Drugs in Dermatology. Kamu bisa gunakan air hangat dengan oatmeal untuk berendam selama beberapa menit.

Jenis obat tradisional untuk menghilangkan gatal secara alami 

Selain menggunakan cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat di atas, kamu juga bisa menghilangkan gatal dengan obat tradisional. Gatal ringan yang disebabkan oleh gigitan serangga dan penyebab ringan lain dapat diatasi dengan beberapa obat tradisional berikut ini. 

1. Lidah buaya 

Tanaman yang satu ini dikenal memiliki banyak khasiat untuk kulit. Gel lidah buaya dapat membantu mengatasi iritasi karena kulit kering dan gatal. Kandungan pada lidah buaya juga membantu melembabkan dan menjaga tingkat air yang dibutuhkan kulit. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu oleskan gel lidah buaya pada bagian tubuh yang terasa gatal 

2. Kunyit

Kunyit juga kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gatal. kandungan kurkumin pada kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan bakterisida yang dapat membantu mengobati peradangan serta gatal.  

3. Minyak kelapa 

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Pasalnya, Minyak kelapa  memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi gatal. 

Selain itu, minyak ini juga dapat menghilangkan menghilangkan rasa sakit akibat peradangan. Selain itu, minyak ini juga membantu meningkatkan kadar antioksidan yang bermanfaat untuk membantu menstabilkan radikal bebas serta membantu mengatasi peradangan yang memicu gatal-gatal.

Share artikel ini
Reference