kesehatan wanita usia 30

Kesehatan wanita usia 30 seringkali terabaikan karena kesibukan untuk mencapai hidup yang ideal. Apalagi jika kamu melewati usia 20-an dengan gaya hidup yang abai dan jarang melakukan pemeriksaan fisik. Sebelum semuanya terlambat, yuk cari tahu apa saja tips kesehatan yang perlu diperhatikan saat berusia 30 tahun!

Tips kesehatan wanita usia 30

25 tips menjaga kesehatan jantung

Jika kamu yang berusia 30-an masih bingung untuk memulai hidup sehat saat, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Membangun kekuatan tulang 

Pria dan wanita sama-sama mengalami penurunan kepadatan tulang sekitar usia 30 tahun, yang menyebabkan osteoporosis.

Namun, penyakit ini cenderung lebih banyak menyerang wanita daripada pria, karena wanita memiliki tulang yang lebih kecil daripada pria. Kalsium, vitamin D, dan kalium adalah tiga nutrisi yang dapat membantu membangun kembali massa tulang.

2. Perbanyak kegiatan fisik

Kamu harus melakukan setidaknya 30 menit olahraga ringan beberapa hari dalam seminggu, dan olahraga berat 2-3 hari dalam seminggu. Langkah ini akan menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes tipe 2, meningkatkan kesehatan mental, dan mempertahankan berat badan ideal.

Hari Perempuan Internasional, Yuk Jaga Kesehatan Wanita

3. Lakukan pencegahan

Usia 30-an mungkin merupakan masa-masa prima di hidupmu. Tetapi waktu ini juga merupakan saat yang tepat untuk melakukan skrining terhadap berbagai potensi risiko kesehatan. Perawatan preventif dapat membantu mendeteksi penyakit secara dini. 

8 Masalah Kesehatan Reproduksi Wanita yang Perlu Kamu Ketahui!

Untuk wanita, dokter mungkin akan menyarankan tes kesehatan seperti pap smear dan skrining glaukoma, diabetes, kolesterol, tekanan darah, dan kanker payudara.

4. Selalu perhatikan berat badan 

Metabolisme akan melambat seiring dengan bertambahnya usia, dan hormon mungkin berfluktuasi yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Berolahraga rutin dan menjaga pola makan bisa mencegah lonjakan berat badan di usia 30an.

5. Cek hormon

Statistik terbaru menunjukkan bahwa sekitar 80% wanita mengalami efek ketidakseimbangan hormon, terutama hormon estrogen dan progesteron. Ketika kedua hormon ini tidak seimbang, kamu akan mengalami masalah seperti nyeri panggul, fibroid, menstruasi yang tidak teratur, dan lain-lain. Lakukan pemeriksaan hormon ke dokter untuk mencegah hal buruk terjadi.

Masalah kesehatan yang biasa muncul di usia 30an

bahaya menahan kencing bagi kesehatan

Masalah kesehatan baru mungkin akan muncul di usia 30an jika kamu mempertahankan pola hidup tidak sehat. Berikut adalah beberapa risiko kesehatan utama yang perlu diwaspadai oleh orang berusia 30 tahun:

1. Diabetes

Jika kamu belum pernah memeriksakan gula darah, segera buatlah janji dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan hal penting ini. Hampir 27 persen penderita diabetes tidak terdiagnosis.

Menjaga gula darah tetap terkontrol dengan baik, menjadi kunci untuk mencegah komplikasi pada penderita diabetes yang terdeteksi sejak dini.

2. Kanker serviks

American Cancer Society merekomendasikan wanita usia 30 tahun melakukan skrining dengan tes Pap/HPV setiap lima tahun sekali. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, sekitar 78% kasus kanker serviks baru didiagnosis pada wanita berusia 30-39 tahun. Bila di diagnosis sejak dini, kanker serviks akan lebih mudah diobati.

3. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Dilansir dari John Hopkins Medicine, 7% wanita berusia antara 20 dan 34 tahun memiliki tekanan darah tinggi. Jika kamu sudah lupa kapan terakhir kamu melakukan tes tekanan darah, sebaiknya segera lakukan sekarang.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya menderita hipertensi karena seringkali tidak menunjukan gejala khusus.

Berapa banyak olahraga di usia 30an?

olahraga saat pms

Jika kamu belum menjadikan aktivitas fisik sebagai kebiasaan, usia 30-an adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Olahraga, bersama dengan nutrisi yang tepat, penting untuk gaya hidup sehat. Olahraga dapat meningkatkan energi, mempertahankan fungsi fisik, dan dapat mencegah atau meminimalkan komplikasi penyakit kronis.

Lebih banyak bergerak dan mengurangi duduk menjadi awal yang baik. Aktivitas fisik apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali, tetapi jika kamu ingin tahu seberapa banyak olahraga yang harus dilakukan untuk usia 30an, ini jawabannya: 

  1. Lakukan setidaknya 2½ jam aktivitas fisik aerobik intensitas sedang, atau 1¼ jam aktivitas fisik aerobik intensitas berat dalam seminggu.
  2. Lakukan latihan kekuatan yang melibatkan semua otot utama, sebanyak 2 hari dalam seminggu atau lebih.
  3. Untuk manfaat kesehatan tambahan, tingkatkan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang menjadi 5 jam seminggu.
  4. Wanita hamil yang sehat harus melakukan setidaknya 2½ jam aktivitas fisik aerobik intensitas sedang yang tersebar sepanjang minggu. 

Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jalan cepat sebagai aktivitas fisik aerobik. Jika masih pemula, kamu bisa melakukannya tanpa harus terpaku intensitas dan durasi. Terlepas dari intensitasnya, tujuan utamanya adalah untuk menjadi lebih aktif sepanjang hari. Selamat mencoba!

_______________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference