minum pil kb saat haid

Banyak orang bertanya-tanya apakah minum pil KB saat hamil aman dan tetap dapat mencegah kehamilan? Untuk mengetahui jawabannya kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Yuk, ketahui langsung apakah boleh mengonsumsi pil KB saat menstruasi, manfaat hingga efek sampingnya. 

Bolehkah minum pil kb saat haid?

efek samping pil kb

Minum pil KB ternyata bisa dilakukan kapanpun, termasuk saat menstruasi. Namun, ini juga tergantung pada kebutuhan tiap orang. Pil KB sendiri merupakan metode untuk mencegah kehamilan. Selain itu, beberapa wanita juga menggunakan pil KB untuk mengurangi keluhan menstruasi seperti haid yang yang tidak teratur. 

Namun, jika tujuan kamu mengkonsumsi pil KB adalah untuk menunda kehamilan, kamu perlu lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi pil KB karena jika tidak tepat, bisa jadi kamu masih memiliki peluang kehamilan yang tinggi. 

Ada dua jenis pil KB yang bisa kamu konsumsi yakni pil kombinasi dan pil progestin saja. Berikut cara minum pil KB saat haid.

1. Pil kombinasi

Pil yang satu ini mengandung hormon estrogen dan progestin. Jika ingin mengkonsumsi pil ini saat haid, kamu bisa minum pil kombinasi sejak 5 hari setelah haid pertama. Ini akan melindungi kamu dari kemungkinan kehamilan. Namun untuk proteksi yang lebih tinggi, kamu juga bisa gunakan kondom. 

2. Pil progestin saja (pil mini)

Pil KB yang satu ini hanya mengandung hormon progestin saya. Pil yang satu ini bisa melindungi dari kehamilan setelah 48 jam konsumsi. Namun, kamu juga sebaiknya tetap menggunakan kondom untuk menghindari risiko kehamilan. 

Kamu juga bisa konsumsi pil KB yang satu ini pada 5 hari pertama haid untuk terhindari dari kehamilan. 

Minum Susu Saat Haid Bikin Makin Deras? Yuk Cek Faktanya!

Manfaat minum pil KB

Bukan hanya untuk mencegah kehamilan, ternyata ada sejumlah manfaat lain dari mengkonsumsi KB yakni:

1. Mengatasi jerawat hormonal

Hormon androgen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan jerawat pada wanita. Salah satu manfaat mengkonsumsi pil KB adalah dapat membantu mengatasi jerawat hormonal karena pil KB dapat menurunkan kadar androgen. 

2. Membuat menstruasi menjadi lebih teratur

Mengkonsumsi pil KB juga dapat membantu menstruasi lebih teratur. Ini karena penggunaan pil KB terutama pil KB kombinasi dapat membuat siiklus haid menjadi lebih lancar dan memudahkan wanita untuk memprediksi siklus menstruasinya.

3. Mengatasi migrain saat menstruasi

Salah satu keluhan wanita saat haid adalah migrain. Ini dapat terjadi karena hormon estrogen yang menurun ketika haid. Namun, dengan mengkonsumsi pil KB kombinasi, hormon dapat lebih stabil dan migrain ketika menstruasi juga dapat dicegah.

4. Mengatasi PCOS

Pada wanita yang mengalami PCOS, mengkonsumsi pil KB juga dapat membantu menurunkan kadar androgen dalam tubuh serta membantu haid menjadi lebih teratur. Selain itu, pil KB juga dapat meringankan rasa nyeri sebelum dan selama haid.

Jangan Keliru, Ini Perbedaan PCO dan PCOS yang Wajib Kamu Ketahui!

5. Mencegah anemia defisiensi besi

Manfaat KB selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi anemia defisiensi besi. Bukan hanya mengatasi pil KB juga dapat mencegahnya.

Seperti yang kamu ketahui, pada wanita yang mengalami pendarahan berlebih ketika menstruasi dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak sel darah merah. Ini dapat menyebabkan risiko anemia pada wanita. 

Namun, mengkonsumsi pil KB dengan suplemen zat besi diketahui dapat mencegah dan mengatasi defisiensi besi dan mengurangi risiko pendarahan ketika haid. 

6. Menurunkan risiko penyakit pada organ reproduksi

Manfaat pil Kb selanjutnya adalah dapat menurunkan berbagai risiko penyakit pada wanita, seperti kanker endometrium dan kanker ovarium. Bukan hanya itu, pil KB juga diketahui dapat mencegah kanker usus besar, mipom, hingga kista ovarium yang kerap banyak wanita alami. 

Urutan Organ Reproduksi dari Luar ke Dalam pada Wanita, Ini Fungsinya!

Efek samping minum pil KB

Selain memiliki berbagai manfaat, pil KB juga memiliki sejumlah efek samping. Berikut beberapa efek samping pil KB.

  • Payudara lebih lembut
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Awalnya, menstruasi menjadi yang tidak teratur
  • Perubahan suasana hati
  • Mual

Umumnya, berbagai gejala ini akan membaik dalam waktu 3 bulan setelah konsumsi pil. Namun, jika ternyata efek samping tersebut tetap terjadi, maka kamu bisa konsultasikan dengan dokter. Nantinya, dokter dapat menyarankan untuk beralih ke pil KB jenis lainnya.

Itulah sejumlah ulasan mengenai minum pil KB saat haid, manfaat pil KB hingga berbagai efek sampingnya. Apakah kamu sudah memahami ulasan di atas?

Share artikel ini
Reference