berapa lama menstruasi setelah KB suntik 3 bulan

KB suntik termasuk kontrasepsi populer untuk mencegah kehamilan. Wanita yang tidak bisa mengonsumsi pil, biasanya memilih KB suntik, tapi penggunaan KB suntik dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Contohnya, durasi haid jadi lebih panjang. Lalu, berapa lama menstruasi setelah KB suntik 3 bulan?

Berapa lama menstruasi setelah KB suntik 3 bulan dilepas?

Suntik KB 3 bulan bekerja dengan melepaskan hormon progestin ke dalam pembuluh darah, kemudian menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim, agar tidak terjadi pembuahan oleh sperma. Biasanya, suntik dilakukan di area lengan atas, bokong, paha atas, maupun perut. 

Hormon progesteron membuat cairan vagina menjadi lebih kental agar sperma tidak mencapai sel telur dan lapisan dinding rahim menipis, sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan janin.  

Perubahan siklus menstruasi adalah efek samping penggunaan kontrasepsi hormonal jenis ini. Beberapa wanita bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali saat menggunakan KB suntik. 

Efek samping kontrasepsi hormonal akan hilang setelah kamu menghentikan penggunaan, tetapi perlu waktu beberapa bulan hingga siklus menstruasi kembali normal. 

Setelah wanita berhenti dari suntik KB 3 bulan, butuh 15 minggu perlindungan keamanan jadi tidak efektif. Maksudnya, jika dalam waktu tersebut kamu belum menstruasi maka risiko kehamilan bisa terjadi, apabila melakukan hubungan seksual. 

Suntik KB 3 Bulan Tapi Tidak Menstruasi Apakah Bisa Hamil?

Perubahan akibat suntik KB 3 bulan 

lama menstruasi setelah kb suntik 3 bulan

Salah satu perubahan paling mencolok akibat suntik KB 3 bulan adalah siklus menstruasi yang jadi berantakan. Sebagian wanita memiliki durasi period yang panjang, tidak menentu, sedangkan lainnya tidak mendapatkan siklus haid

Perubahan lainnya yang berkaitan dengan menstruasi adalah jumlah darah keluar lebih banyak daripada biasanya dan muncul bercak kecokelatan. Sementara pasien mengaku mengalami nyeri payudara, sakit kepala, penambahan berat badan, mual, dan lebam di area suntikan. 

Namun, tidak perlu khawatir tubuhmu akan terbiasa dengan hormon dalam suntikan dan efek samping hilang setelah 2-3 bulan. Sementara itu, tidak ada efek samping yang berbahaya pasca kamu berhenti menggunakan kontrasepsi hormonal ini. 

Habis Suntik KB, Bolehkah Langsung Berhubungan Seks?

Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan dilepas

Butuh waktu untuk mengembalikan siklus haid seperti sedia kala. Untuk mempercepat menstruasi, kamu bisa ikuti cara di bawah ini:

1. Jalankan pola makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat mampu memperbaiki siklus menstruasi kamu. Perhatikan gizi dan kurangi makanan tinggi gula. Mengonsumsi minuman herbal bisa jadi pilihan, seperti mugwort, kunyit, jahe, kunyit jawa, dan kamomil. 

2. Menjaga berat badan proposional

Mempertahankan berat badan proporsional membantu mengembalikan siklus haid dengan cepat. Kamu bisa melakukan diet dan olahraga ringan secara rutin. Selain melancarkan haid, olahraga juga baik untuk menyeimbangkan hormon, mengurangi stress, dan meningkatkan sirkulasi darah. 

3. Menghindari stress

Stress berlebihan akan mempengaruhi siklus haid. Oleh karena itu, kamu perlu mengelola stress dengan berlatih meditasi, olahraga, jurnaling, dan meningkatkan aktivitas yang menyenangkan seperti yoga atau mandi air hangat. 

4. Penuhi kebutuhan tidur

Tidur sama pentingnya dengan mengelola stress. Orang yang tidak cukup tidur rentan mengalami stress dan mood swing yang menghambat datangnya menstruasi. Kamu perlu meningkatkan kualitas tidur dengan istirahat minimal 6-7 jam per hari. 

5. Konsultasi rutin 

Konsultasikan segera dengan dokter apabila kamu khawatir dengan menstruasi yang tidak kembali normal. Pasalnya, jika siklus menstruasi terus bermasalah maka ada yang salah dengan hormon bahkan bisa menjadi ciri PCOS.

6. Memahami kesehatan hormon

Cara berikutnya adalah memahami kesehatan hormon. Kamu bisa menggunakan alat tes untuk mengetahui kesehatan hormon dan monitoring secara berkala. 

7. Mengganti alat kontrasepsi

Mengembalikan siklus menstruasi selanjutnya mengganti alat kontrasepsi yang tidak menimbulkan gangguan siklus menstruasi. Contohnya, menggunakan IUD yang lebih aman dan praktis. 

Cara Kerja dan Efek Samping KB Suntik 3 Bulan, Yuk Intip di sini Ladies!

Nah, kamu sudah tahu kan berapa lama menstruasi setelah KB Suntik 3 bulan dilepas. Kamu dapat menggunakan alat kontrasepsi lainnya untuk mencegah kehamilan yang lebih sedikit efek sampingnya. 


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference