cara menghentikan haid pada KB implan

KB implan menjadi salah satu pilihan untuk wanita yang ingin menunda kehamilan. KB implan sendiri adalah salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal yang berbentuk kecil dan fleksibel seperti batang yang dimasukkan di bawah kulit lengan atas.

Alat kontrasepsi ini mengandung hormon progesteron sintetis yang dilepaskan perlahan-lahan ke dalam tubuh untuk mencegah kehamilan. Namun, KB ini juga kerap menyebabkan efek pada menstruasi wanita. Yuk, ketahui efek dan bagaimana cara menghentikan haid pada kb implan berikut ini.

Efek samping KB implan

Kandungan hormon yang ada dalam KB implan dapat menyebabkan beberapa efek samping. Namun, efek samping ini tidak terjadi pada semua penggunanya. Banyak orang yang menggunakan KB implan namun tidak mengalami efek samping sama sekali.

Efek samping ini umumnya hilang setelah beberapa bulan pemakaian ketika tubuh sudah terbiasa dengan penggunaan KB tersebut. 

Salah satu efek samping dari KB implan adalah spotting (pendarahan ringan atau keputihan). Biasanya, efek samping ini terjadi pada 6-12 bulan pertama pemakaian. Terkadang impian juga dapat menyebabkan menstruasi lebih lama atau lebih berat. Namun, bisa juga menstruasi menjadi lebih sedikit atau lebih ringan. Bahkan beberapa orang mengalami telat menstruasi selama berbulan-bulan.

11 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Alami hingga Medis

Selain berdampak pada menstruasi, ada sejumlah efek samping lain dari penggunaan KB implan, yakni:

  • Sakit kepala
  • Nyeri payudara
  • Mual
  • Penambahan berat badan
  • Kista ovarium
  • Nyeri atau memar di lengan tempat implan dimasukkan
  • Infeksi tempat implan dimasukkan

Pengaruh KB implan pada menstruasi

minum pil kb saat haid

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu pengaruh KB implan adalah berdampak pada menstruasi. Meskipun tidak semua wanita mengalaminya namun KB ini dapat menyebabkan perubahan atau efek pada menstruasi wanita. 

Studi telah menemukan sebagian besar pengguna mengalami penurunan frekuensi dan volume pendarahan, tetapi beberapa (digambarkan sebagai “minoritas substansial”), mengalami pendarahan yang tidak terduga, sering, dan / atau berkepanjangan. 

KB implan dapat menyebabkan perdarahan berat, menstruasi menjadi lebih pendek atau tidak mengalami menstruasi sama sekali. Wanita juga kerap mengalami bercak diantara periode, keputihan coklat, atau periode tidak teratur, terutama dalam 6-12 bulan pertama penggunaan.

Pengaruh KB implan pada menstruasi

Dalam sebuah studi menemukan persentase subjek yang mengalami efek negatif dan positif yang berbeda dari penggunaan KB implan, yakni:

  • Amenorea (tidak haid sama sekali) – 22,2%
  • Menstruasi yang jarang – 33,6%
  • Menstruasi yang sering – 6,7%
  • Pendarahan berkepanjangan – 17,7%
  • Lebih sedikit hari pendarahan/bercak dibandingkan dengan siklus alami (tetapi dengan interval yang tidak dapat diprediksi) – 75%
  • Berhenti menggunakan implan karena ketidakteraturan periode – 11,3%
  • Melihat peningkatan yang signifikan pada dismenorea (periode menyakitkan) – 77%

Cara menghentikan haid pada kb implan

Bagi kamu yang mengalami efek samping menstruasi setelah penggunaan KB implan, kamu bisa menggunakan cara menghentikan haid pada KB implan berikut ini.

1. Konsultasi dengan dokter

Jika terasa mengganggu atau khawatir kamu bisa konsultasi dengan dokter untuk mengetahui solusi terbaik untuk mengatasi masalah haid yang disebabkan oleh penggunaan KB implan.

2. Obat anti inflamasi

Obat anti inflamasi seperti ibuprofen, telah terbukti mengurangi pendarahan dengan implan. Kamu bisa mengkonsumsi obat ini sebagai opsi pertama ketika mengalami masalah pada menstruasi. 

3. Tamoxifen 

Jika ibuprofen tidak membantu kamu bisa menggunakan obat tamoxifen 10 mg untuk pagi dan malam yang dikonsumsi selama 7 hari. Obat ini aman dan tidak memiliki efek samping. Ini merangsang reseptor estrogen di lapisan rahim yang dapat menghentikan pendarahan saat menggunakan obat dan setelah meminumnya. Jika membantu pendarahan, aman untuk mengulang dosis sesering satu kali per bulan jika pendarahan terjadi lagi.

4. Pil KB, cincin vagina

Ini bekerja karena mengandung estrogen yang menstabilkan lapisan rahim. Mereka dapat digunakan selama 1 bulan, 3 bulan, atau lebih lama saat menggunakan implan. 

5. Norethindrone acetate 5 mg

Cara menghentikan haid pada kb implan selanjutnya adalah dengan menggunakan Norethindrone acetate 5 mg. Ini adalah obat progestin saja yang menstabilkan lapisan rahim. Dapat digunakan selama 1 bulan, 3 bulan, atau lebih lama saat menggunakan implan. 

Itulah beberapa cara menghentikan haid pada KB implan yang bisa kamu coba. Namun, sebaiknya sebelum mengkonsumsi obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memperoleh dosis penggunaan yang tepat dan sesuai dengan kondisi masalah menstruasi yang kamu alami. 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference