cara mengatasi gumpalan darah saat haid

Normalnya, darah haid adalah cairan berwarna merah atau merah tua yang berasal dari rahim dan keluar melalui vagina selama masa menstruasi. Nah, biasanya, darah haid memiliki tekstur yang agak kental dengan gumpalan-gumpalan kecil. Apakah kamu pernah khawatir dan mencari cara mengatasi gumpalan darah saat haid?

Sebenarnya warna dan konsistensi gumpalan darah saat haid dapat bervariasi bagi setiap wanita. Jika darah haid tidak berbau dan tidak menyebabkan rasa sakit yang berlebihan, maka gumpalan darah haid itu tergolong normal.

Kemudian, normal atau tidaknya bisa dilihat pada lama waktu haid. Biasanya, lama haid normal akan berlangsung selama 3-7 hari, tetapi bisa bervariasi pada setiap wanita. Namun, jika kamu khawatir dengan hal tersebut, yuk kita bahas di artikel ini!

Penyebab darah haid menggumpal

Sebelum mengetahui cara mengatasi gumpalan darah saat haid, kamu perlu mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Darah haid yang menggumpal sebenarnya normal, apalagi pada beberapa hari pertama haid saat aliran darah sedang deras-derasnya.

Kamu akan merasakan adanya gumpalan jika sedang berada di tempat tidur atau tempat duduk, lalu berdiri. Nah, ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penggumpalan darah saat menstruasi, yaitu:

1. Gangguan tiroid

Penyebab darah haid menggumpal yang pertama adalah adanya permasalahan tiroid atau gangguan yang menyebabkan kelenjar memproduksi sedikit atau terlalu banyak hormon tiroid. Gangguan tiroid ini dapat memengaruhi detak jantung, suasana hati, tingkat energi, metabolisme, kesehatan tulang, kehamilan, hingga membentuk penggumpalan darah.

2. Polip rahim

Polip rahim adalah adanya pertumbuhan jaringan yang tidak normal pada dinding rahim. Nah, kondisi medis polip rahim dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang tidak teratur, perdarahan setelah menopause, aliran menstruasi yang sangat deras, atau munculnya gumpalan daraah saat menstruasi. 

3. Fibroid rahim

Ketika fibroid berukuran besar tumbuh di rahim, kondisi tersebut dapat menekan pembuluh darah panggul yang menuju ke jantung dan paru-paru. Hasilnya, aliran darah akan lebih lambat dan membentuk gumpalan melalui pembuluh darah.

4. Gangguan pendarahan

Penyebab darah haid menggumpal juga dapat terjadi karena adanya gangguan pendarahan. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperkoagulasi atau trombofilia. 

5. Kanker di rahim atau leher rahim

Jika kamu mengidap kanker rahim, darah menstruasi yang keluar juga bisa menggumpal. Biasanya, gumpalan ini akan muncul pada beberapa bulan pertama setelah kamu didiagnosis mengidap kanker rahim. Selain itu, proses kemoterapi untuk mengobati kanker juga bisa meningkatkan risiko penggumpalan darah.

4 Tips Agar Haid Tidak Bocor saat Heavy Flow

Bagaimana cara mengatasi gumpalan darah saat haid?

Sebenarnya, kamu tidak perlu khawatir secara berlebihan jika ada gumpalan darah saat haid karena hal tersebut masih normal. Namun, jika gumpalannya berukuran besar dan tidak berhenti dalam jangka waktu lama, kemungkinan kamu mengalami kondisi medis di atas. 

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi gumpalan darah saat haid yang perlu kamu ketahui!

1. Menerapkan gaya hidup sehat

Ini adalah cara mengatasi gumpalan darah saat haid yang bisa lakukan pertama kali. Usahakan agar kamu selalu terhidrasi dengan minum air putih, mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan zat besi, hingga rutin berolahraga. 

2. Dengan obat-obatan dengan anjuran dokter

Salah satu jenis pengobatan untuk mengatasi gumpalan darah saat haid adalah alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi dalam rahim atau IUD dapat melepaskan progestin dan mengurangi aliran darah menstruasi hingga 90 persen, sedangkan pil KB dapat menguranginya sampai 50%.

Selain opsi tersebut, kamu juga bisa mengonsumsi obat asam traneksamat, seperti cyklokapron dan lysteda, yang memengaruhi pembekuan darah. Namun, tentu saja kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Operasi 

Operasi juga bisa menjadi opsi untuk kamu yang mengidap fibroid rahim dan tidak bisa merespon obat dengan baik. Umumnya, jenis operasi akan tergantung pada ukuran dan lokasi pertumbuhan fibroid.

Apakah Obat Pelancar Haid Bisa Gugurkan Kandungan? Ini Penjelasannya!

Kesimpulannya, gumpalan darah saat haid merupakan hal yang normal. Namun, bisa dikatakan tidak normal jika ada gejala lain yang mengikutinya, seperti sakit perut atau kram berlebih saat haid. Untuk menjauhi risiko tersebut, kamu bisa mulai menerapkan gaya hidup sehat. 


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference