cara minum pil kb untuk memancing haid

Pil KB atau kontrasepsi hormonal merupakan salah satu metode kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan. Namun, agar pil KB dapat bekerja dengan efektif, ada beberapa cara minum pil KB untuk memancing haid yang harus diikuti.

Yang perlu diingat adalah kamu tidak boleh melewatkan dosis pil KB. Jika melewatkan dosisnya, kemungkinan kehamilan akan meningkat. Jadi, kamu harus selalu membawa pil KB kemana saja kamu pergi agar tidak lupa untuk minum pil KB sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Agar tidak salah, simak artikel berikut ini yang akan membahas tentang cara minum pil KB untuk memancing haid.

Berbagai cara untuk memancing haid

pil kb

Jika kamu telat menstruasi, ada beberapa metode dari gaya hidup yang bisa dilakukan untuk memancing haid. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pil KB

Menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB adalah salah satu metode yang dapat diandalkan untuk mengendalikan siklus menstruasi.

Sebab, pil kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin efektif untuk mengontrol menstruasi. 

2. Olahraga

Olahraga ringan dapat mengendurkan otot dan membantu haid agar datang sedikit lebih cepat. 

Namun, ada kalanya juga beberapa orang mengalami menstruasi yang tidak teratur karena melakukan olahraga yang berat, seperti atlet. 

Oleh sebab itu, usahakan untuk berolahraga dalam jumlah sedang supaya bisa mengembalikan hormon yang dibutuhkan untuk membuat siklus menstruasi jadi teratur.

3. Relaksasi

Stres terkadang bisa menjadi penyebab utama dari terlambat datang bulan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kortisol atau hormon steroid yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres.

Bila stres, kamu bisa melakukan hal-hal lain yang dapat mengurangi stresnya, seperti menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, yoga dan mencoba teknik pernapasan, berolahraga, melakukan hobi yang menyenangkan, dan menggunakan teknik meditasi.

4. Hubungan seksual

Berhubungan seksual dan orgasme juga bisa membantu mendatangkan menstruasi.

Kombinasi hormon yang diproduksi selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme dapat membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai melepaskan lapisannya.

5. Kompres air hangat

Mandi air hangat dapat membantu mengendurkan otot yang tegang dan meredakan stres emosional. Sebab, panas dari air hangat dapat membantu kamu jadi rileks. 

Jadinya, kamu dapat membantu meningkatkan aliran darah ke area tersebut, sehingga mempercepat siklus menstruasi dengan alami. 

Setelah Suntik KB Apakah Boleh Berhubungan? Ini Menurut Ahli!

Peringatan sebelum minum pil KB untuk melancarkan haid

Memang, pil KB bisa memancing kita untuk cepat haid. Namun, ada peringatan yang perlu kamu ketahui sebelum minum pil KB untuk melancarkan haid. 

Sebab, meskipun semua kontrasepsi hormonal mengandung hormon seks sintetik, tindakannya bisa jadi berbeda. 

Hal ini dikarenakan variasi hormon sintetik sangat banyak dan dosisnya dapat didistribusikan secara berbeda di antara pil dalam satu kemasan ke kemasan lainnya.

Itulah mengapa penting untuk kita mengonsumsi pil KB yang diresepkan oleh dokter, sehingga pil yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan dan situasi khusus. 

Misalnya, kalau kamu memiliki masalah kulit seperti jerawat, mungkin akan diberi resep kontrasepsi yang berbeda dari seseorang yang memiliki gejala lain selama fase pramenstruasi.

Jadi, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk memilih opsi kontrasepsi yang optimal untuk tubuh.

Ketahui Cara Menghentikan Haid pada KB Implan

Cara minum pil KB untuk memancing haid

cara minum pil kb untuk memancing haid

Lantas, bagaimana cara minum pil KB untuk memancing haid? Kamu bisa mengonsumsi pil KB selama 21 hari, kemudian berhenti meminumnya atau meminum pil dummy selama 7 hari. Dengan begitu, biasanya kamu akan mengalami menstruasi dalam 7 hari ini.

Namun, perlu diingat dan digarisbawahi kembali kalau kamu tidak bisa membeli dan mengonsumsi pil KB sembarangan tanpa petunjuk dokter, ya. Sebab, pil KB dapat menyebabkan efek samping pil KB dan mungkin tidak cocok untuk semua orang. 

Belum lagi, seseorang yang merokok atau yang berusia di atas 35 tahun berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi akibat pil. Itulah mengapa kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter. 

Jika memang sudah berkonsultasi dengan dokter, dalam mengontrol siklus haid dengan pil KB, penting untuk minum pil sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan dan tidak melewatkan dosis. 

Jika kamu lupa minum pil, segera minum pil tersebut begitu ingat, kecuali jika sudah hampir waktu untuk minum pil berikutnya.

Share artikel ini
Reference