habis suntik KB bolehkah langsung berhubungan

Suntik  KB adalah salah satu metode pengendalian kelahiran yang paling aman dan merupakan pilihan pencegahan kehamilan yang ideal bagi kebanyakan wanita. Tapi mungkin kamu mungkin bertanya-tanya, habis suntik KB bolehkah langsung berhubungan?

Suntik KB sendiri bekerja untuk mencegah indung telur (ovarium) melepaskan sel telur. Jika sel telur tidak mencapai rahim, pembuahan tidak akan terjadi  karena sperma tidak akan bertemu dengan sel telur.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk baca artikel ini untuk cari tahu berapa hari kamu harus menunggu sebelum kamu bisa berhubungan seks lagi setelah suntik KB.

Habis suntik kb bolehkah langsung berhubungan?

Efek samping suntik kb 3 bulan

Setelah suntik KB langsung berhubungan apakah bisa hamil? Pertanyaan ini mungkin sering terlintas di pikiran kamu yang tengah menjalani program KB.

Nah, suntikan KB sendiri mengandung  progesteron buatan, yang sangat mirip dengan versi alami. Hormon ini  menghentikan pelepasan sel telur setiap bulan.

Untuk itu, wanita yang melakukan suntik KB akan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Penambahan hormon buatan juga menebalkan lendir leher rahim. Akibatnya, sperma sulit  menembus dan mencapai sel telur.

Jika suntik KB dilakukan dengan tepat, efek mencegah kehamilan bisa mencapai 99% atau lebih. namun, karena ini adalah suntikan hormon, diperlukan beberapa waktu sebelum suntikan bekerja secara efektif di dalam tubuh wanita.

Biasanya dibutuhkan waktu hingga 7-10 hari untuk memberikan waktu bagi suntikan KB bereaksi untuk mencegah kehamilan. Misalnya, hari ini kamu menerima suntikan pertama, maka kamu baru bisa berhubungan seksual setelah 7 hari.

Kamu juga bisa mengatur waktu penyuntikan saat kamu masih mengalami menstruasi. Jika kamu mendapatkan suntikan KB selama periode menstruasi, mungkin hanya diperlukan waktu hingga 5 hari saja bagi suntikan KB tersebut bekerja efektif.

Baca juga: Cara Kerja dan Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

Kapan waktu yang tepat berhubungan setelah suntik KB?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suntikan KB membutuhkan waktu 7-10 hari untuk bekerja efektif mencegah kehamilan.

Setelah rentang waktu itu, kamu dan pasangan bisa berhubungan seksual tanpa kondom atau alat kontrasepsi lainnya. Tapi perlu diingat bahwa jika berbicara tentang risiko penyakit menular seksual, suntikan KB tidak melindungimu dari risiko penyakit menular seksual.

Efek samping  yang umum dari suntik KB adalah perubahan siklus menstruasi. Mungkin ada pendarahan sedikit atau bercak darah yang datang secara tidak teratur. Pada beberapa kasus, ada wanita yang berhenti menstruasi dan kembali menstruasi setelah mendapatkan suntikan KB.

Baca juga: Apa Saja Efek Samping KB Implan terhadap Menstruasi

Aturan yang aman melakukan hubungan seks setelah suntik KB

kondom untuk wanita

Suntikan KB mengandung hormon sintetis (progestin) yang mirip dengan hormon progesteron alami yang diproduksi di ovarium. Seperti yang telah dijelaskan, suntikan ini bekerja dengan mencegah ovarium melepaskan sel telur (ovulasi) setiap bulan.

Oleh karena itu, wanita yang melakukan KB jenis ini akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, hormon progestin menebalkan lendir di leher rahim, sehingga sulit bagi sperma untuk menembus dan mencapai sel telur.

Kamu dapat mulai melakukan suntikan KB selama periode menstruasi atau kapanpun saat kamu belum hamil. Tapi ingat, tubuh membutuhkan waktu  untuk menyerap hormon yang baru disuntikkan.

Artinya, jika kamu melakukan hubungan seksual segera setelah mendapatkan suntikan KB, ini tidak dapat mencegah pembuahan.

Jika kamu mendapatkan suntikan KB selama periode menstruasi, hormon yang disuntikkan akan bekerja dalam waktu 5 hari. Namun, jika disuntikkan di luar periode menstruasi, hormon tersebut akan bekerja dalam waktu 7-10 hari. Karena itu, untuk minggu pertama setelah suntik kontrasepsi, kamu tetap membutuhkan kondom saat berhubungan seksual.

Share artikel ini
Reference