infp adalah introvert yang idealis

INFP adalah salah satu tipe kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang sering digambarkan sebagai seseorang yang idealis. Mereka dengan kepribadian INFP adalah seorang mediator yang baik juga lho, Yoonies. Makanya nih, tak heran kalau mereka pandai menengahi konflik.

Kalau kamu penasaran dengan tipe kepribadian yang satu ini, yuk mengenal lebih jauh INFP dari ciri-ciri hingga tipe kepribadian yang cocok dengan INFP.

INFP adalah kepribadian introvert yang idealis

INFP adalah singkatan dari Introversion, Intuition, Feeling, dan Perception. Tipe kepribadian ini ditujukan untuk seseorang yang introvert, idealis, dan kreatif. John Hackston, head of thought leadership di Myers-Briggs Company mengatakan bahwa tipe kepribadian ini juga bijaksana dan setia.

INFP adalah salah satu tipe kepribadian MBTI yang juga langka, lho. Menurut Dario Nardi, Ph.D., seorang pakar kepribadian dan penulis Neuroscience of Personality, hanya ada 1% individu dengan tipe kepribadian ini di dunia. Dario juga menambahkan jika INFP wanita jumlahnya melebihi INFP pria, dua banding satu.

MBTI Adalah Tes Kepribadian, Yuk Cek Caranya dan Beragam Tipenya!

Selain itu, INFP adalah orang-orang yang tertarik untuk dapat membantu orang lain dengan sepenuh hati karena jiwa kemanusiaannya yang tinggi. Mereka akan berusaha untuk menggunakan apa saja yang mereka miliki, termasuk bakat dan keahlian, untuk melayani orang lain dengan sebaik-baiknya.

Mereka yang mempunyai kepribadian ini biasanya juga memiliki keinginan yang kuat untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Hmmm, individu dengan tipe kepribadian INFP sepertinya cocok menjadi seorang pemimpin ya, Yoonies?

Apa saja ciri-ciri INFP?

ciri-ciri infp adalah mediator idealis

INFP adalah seorang mediator yang idealis. Tidak hanya itu, ada juga ciri-ciri lainnya dari tipe kepribadian ini. Berikut karakter dan ciri-ciri INFP yang perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu?

1. Berada dalam dunianya sendiri

Salah satu ciri-ciri INFP adalah mereka sering berada dalam dunianya sendiri. Namun, ini bukan berarti mereka tidak peduli dengan semua hal yang ada di sekitar mereka. Ada banyak hal yang orang-orang dengan tipe kepribadian ini pikirkan dan mereka biasanya tidak memberi tahu orang lain tentang apa yang sedang mereka pikirkan.

2. Sangat suportif

Tipe kepribadian yang satu ini memang cenderung pendiam, tetapi mereka bisa jadi sangat suportif kepada teman-teman dan pasangan mereka. Mereka sangat peka terhadap orang lain dan selalu menjadi pendukung hebat yang mendorong dan membantu orang lain untuk mencapai tujuan.

3. Mempunyai pendirian yang teguh

Apakah kamu memiliki ciri yang satu ini? Orang-orang dengan kepribadian ini adalah mereka yang memiliki pendirian teguh. Ketika mereka memiliki suatu prinsip atau nilai-nilai tertentu, mereka akan melakukan yang tebaik untuk tetap berpegang teguh pada apa yang mereka yakini.

4. Mempunyai banyak ide abstrak

Mereka dengan tipe kepribadian ini akan selalu mempunyai banyak ide abstrak yang tidak biasa, terutama yang berkaitan dengan nilai-nila dan keyakinan yang mereka anut. Mereka juga tidak selalu selalu mengandalkan logika atau fakta dalam proses memikirkan suatu hal.

5. Kreatif

Salah satu ciri khas yang paling menonjol adalah kreativitasnya. Orang-orang dengan kepribadian ini sangat kreatif. Sisi kreatif mereka akan mudah terlihat ketika berhubungan dengan kepenulisan, pustaka atau buku bacaan, seni, dan musik.

Kelebihan INFP:

  1. Kreatif
  2. Penuh pertimbangan
  3. Setia
  4. Imajinatif
  5. Tanggap

Kekurangan INFP:

  1. Mudah stres
  2. Terlalu idealis
  3. Sering merasa tidak mampu
  4. Sikapnya bisa sedingin es batu
  5. Bisa sangat tertutup

INFP cocok dengan kepribadian yang seperti apa?

Salah satu hal yang paling penting setelah mengenali tipe kepribadian diri sendiri adalah mengetahui kecocokannya dengan tipe kepribadian orang lain. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memilih teman dan pasangan yang tepat. Lalu, kepribadian ini cocok dengan siapa?

Karakter yang ada pada tipe kepribadian ini membuatnya sangat cocok dengan tipe kepribadian intuitif lainnya, seperti ENFJ, ENFP, dan INFJ. INFP tidak cocok dengan mereka yang memiliki kepribadian ISTJ, ESTJ, dan ENTJ.

Punya Kepribadian ENFP? Ini Fakta Mengenai Kepribadian Ini!

Itulah penjelasan lengkap tentang tipe kepribadian INFP, ciri-cirinya, dan juga kecocokannya dengan tipe kepribadian lain. Semoga dengan mengetahui tipe kepribadian diri sendiri, kamu bisa mengidentifkasi kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kamu dengan mudah.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference