infj adalah kepribadian mbti yang langka

Ada 16 tipe kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dan INFJ adalah tipe yang paling langka lho, Yoonies! Di Amerika Serikat, hanya ada 1% sampai 3% masyarakatnya yang termasuk kepribadian INFJ. 

Yuk, berkenalan dengan uniknya kepribadian INFJ, ciri-ciri, serta tipe kepribadian lainnya yang cocok dengan INFJ. Yuk, cek penjelasan selengkapnya di artikel ini!

INFJ adalah kepribadian paling langka

INFJ adalah singkatan dari Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging. Tipe kepribadian ini ditujukkan bagi seorang introvert yang idealis dan juga intuitif. Selain itu, tipe kepribadian MBTI ini adalah seseorang yang perfeksionis, santai, analitis, kreatif, tetapi juga emosional.

Sudah tahukah kamu kalau INFJ adalah tipe kepribadian MBTI yang unik dan langka? Hanya ada kurang dari 2% manusia dari seluruh populasi dunia yang memiliki kepribadian ini. Kelangkaan ini membuat mereka dengan kepribadian INFJ sulit dikenali karena mereka muncul sebagai individu yang cenderung pendiam.

Walaupun orang lain sering salah paham dengan tipe kepribadian ini, ada sisi positif jika seseorang memiliki kepribadian ini. Hal terbaik dari kepribadian INFJ adalah mereka dapat menjadi seorang teman yang setia, pekerja yang terorganisir, dan pemimpin yang baik.

MBTI Adalah Tes Kepribadian, Yuk Cek Caranya dan Beragam Tipenya!

Apa saja ciri-ciri INFJ?

ciri-ciri infj adalah unik

Sama seperti tipe kepribadian MBTI lainnya, ada ciri-ciri atau karakter khusus yang menggambarkan kepribadian ini. Jika merasa memiliki tipe kepribadian unik dan langka yang satu ini, kamu bisa memastikannya dengan mencocokan kepribadianmu sekarang dengan ciri-ciri berikut ini.

1. Sering merasa kesepian dan “berbeda”

Ciri-ciri yang pertama adalah seseorang dengan kepribadian ini sering merasa kesepian dan “berbeda”. Populasinya yang sedikit karena keunikan dan kelangkaannya membuatnya sering merasa kesulitan menemukan orang lain yang melihat dunia dengan cara yang sama.

2. Tidak suka membuang waktu

INFJ adalah seseorang yang tidak suka membuang-buang waktu. Campuran emosi dan logika yang aneh pada diri mereka membuat mereka tidak suka membuang waktu. Uniknya, mereka juga sering mencoba hal-hal baru.

3. Bisa membuat orang lain nyaman

Sangatlah mudah bagi orang-orang dengan kepribadian ini untuk membuat orang lain merasa nyaman berada di dekat mereka. Hal ini karena mereka adalah pendengar yang hebat. Tidak mengherankan kalau tipe kepribadian ini sering menjadi orang kepercayaan.

4. Intuisi yang kuat

Tipe kepribadian yang satu ini memiliki intuisi yang kuat dan akurat. Mereka juga dapat dengan cepat dan tepat memahami suatu kondisi atau keadaan dengan bertemu seseorang beberapa menit saja. Mereka cenderung lebih memaafkan seseorang yang bersalah karena mereka dapat mengidentifikasi penyebab sebenarnya.

5. Tidak suka dibohongi dan benci kepalsuan

Apakah kamu benci dibohongi dan kepalsuan? Bisa jadi kamu memiliki tipe kepribadian MBTI yang satu ini. Mereka cenderung mencari kebenaran dan makna sejati dari suatu hal. Tujuan mereka mencari wawasan dan akan langsung menghapus hal-hal palsu yang mereka temui.

6. Introvert namun terlihat seperti ekstrovert

Tipe kepribadian ini adalah introvert sejati, tetapi orang-orang di sekitar mereka sering menyangka bahwa mereka seorang ekstrovert. Hal ini bisa terjadi karena mereka bisa beradaptasi dengan mudah dan berbaur dengan lingkungan sosial apa pun.

7. Keyakinan yang kuat

INFJ memiliki keyakinan yang kuat dan tak tergoyahkan. Jika ada suatu hal yang tidak sejalan dengan keyakinan mereka, tipe kepribadian ini tidak akan pernah ragu untuk langsung mengabaikan dan meninggalkannya.

8. Melakukan semuanya sendiri

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini mungkin memiliki ratusan kenalan dan relasi, tetapi hanya sedikit yang mereka anggap sebagai teman sejati. Mereka akan tetap setia dengan orang-orang yang mereka anggap teman. Hal ini membuat mereka cenderung memilih untuk melakukan semuanya sendiri atau dengan segelintir orang saja.

9. Tertarik dengan obrolan yang mendalam

INFJ bukan seseorang yang tertarik dengan obrolan ringan. Hal ini selaras dengan kencederungan mereka yang ingin mencari tahu kebenaran dan makna sejati dari suatu hal. Orang-orang dengan tipe kepribadian ini tidak menyukai basa-basi karena mereka menyukai sesuatu yang lebih bermakna.

10. Mempunyai prestasi yang tinggi dan ingin mencapai kesempurnaan

Biasanya seseorang dengan kepribadian INFJ mempunyai prestasi yang tinggi. Mereka dikenal dengan kepribadian yang akan merencanakan setiap detail dan akan memberikan hasil akhir yang cemerlang. Selain itu, INFJ akan selalu berusaha untuk mencapai kesempurnaan.

INFJ cocok dengan kepribadian yang seperti apa?

Keunikan INFJ dengan karakternya yang berbeda mungkin akan membuat kamu bertanya-tanya, INFJ cocok dengan kepribadian yang seperti apa ya? Hal ini penting untuk diketahui, apalagi jika berkaitan dengan kecocokan hubungan lawan jenis.

INFJ cocok dengan mereka yang mempunyai tipe kepribadian ENTP. Beberapa orang dengan tipe kepribadian INFJ mengaku bahwa mereka cocok atau dapat berhubungan baik dengan INFJ lainnya. Mereka yang memiliki kepribadian yang unik dan berbeda bisa bergaul dengan mudah dengan ENTP yang inovatif, pintar, dan ekspresif.

Punya Kepribadian ENFP? Ini Fakta Mengenai Kepribadian Ini!

Bagaimana, Yoonies? Sekarang kamu sudah mengetahui alasan INFJ adalah kepribadian yang langka, ciri-ciri kepribadian ini, dan tipe kepribadian seperti apa yang cocok. Dengan mengetahui kepribadian diri, kamu bisa mengambil keputusan yang tepat dalam hidup dan juga menemukan orang yang tepat dalam pertemanan atau hubungan percintaan.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference