gaya hidup halal

Gaya hidup halal saat ini menjadi salah satu tren yang banyak dilakukan. Gaya hidup yang mengedepan dan memilih segala sesuatu yang halal serta menghindari sesuatu yang haram ini kian banyak dilakukan.

Tidak terlepas dari keberkahan yang didapatkan, gaya hidup ini juga cenderung dirasa sehat dan menjauhkan tubuh dari segala bahaya.

Apakah jenis gaya hidup halal itu dan bagaimana penerapannya? Yuk simak selengkapnya disini!

Apa itu gaya hidup halal?

Olahraga saat puasa

Gaya hidup halal banyak dilakukan di berbagai negara. Saat ini diketahui pangsa pasar muslim juga terbesar dan dianggap sebagai salah satu tren gaya hidup yang lebih aman dan sehat.

Hidup halal berarti hanya memilih sesuatu yang halal dan menghindari segala sesuatu yang haram.

Gaya hidup ini cenderung dirasa aman dan lebih sehat seperti menghindari minuman beralkohol, menghindari konsumsi daging babi yang dilarang oleh alquran hingga gaya hidup yang lebih berkah dan islami.

Gaya hidup ini banyak terdapat dalam al quran sehingga umat muslim cenderung merasa aman dalam mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa saja manfaat dari menerapkan gaya hidup halal?

Apakah Sulam Alis Haram? Simak Faktanya di Artikel Berikut Ini!

Manfaat menerapkan gaya hidup halal

Gaya hidup halal memang bukan hanya sebagai gaya hidup dan kebiasaan. Hal ini banyak diatur dalam kitab dari berbagai sektor kehidupan mulai dari kuliner, pariwisata, pendidikan, farmasi, media, ibadah, hingga kegiatan sehari-hari.

Tentunya banyak kemudahan yang didapatkan ketika seseorang melakukan gaya hidup halal karena semuanya mengedepankan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Keuntungan dari menerapkan gaya hidup halal juga bukan sekedar lifestyle namun juga dapat membawa keuntungan di dunia dan akhirat. Manfaat dari hidup halal yaitu:

1. Jaminan keamanan dan kebersihan

Dalam Qs. Albaqoroh Ayat 168 disebutkan bahwa Allah memerintahkan kepada umat muslin untuk hanya mengonsumsi sesuai yang baik dan halal.

Hal ini tentunya membawa masyaraka pada jaminan kebersihan dan keamanan apabila menerapkan gaya hidup halal sehari-hari. 

Aspek thayyib yang berarti bersih dapat memberikan arti sehat, bersih, baik, dan aman untuk dikonsumsi. Hal ini tentu memberikan keamanan dan kebersihan sesuai sumber langsung dari Al-quran.

Berikut Produk Pembersih Kewanitaan yang Aman untuk Wanita yang Belum Menikah

2. Memberi ketenangan dan kenyamanan

Gaya hidup halal akan mengatur mulai dari makanan, gaya pakaian hingga kehidupan sehari-hari sehingga kenyamanan serta ketenangan hidup bisa didapatkan.

Masyarakat menjadi lebih nyaman untuk membeli sesuatu dengan label halal daripada bertanya-tanya apakah hal itu tidak halal.

Tubuh juga lebih sehat dan aman hanya dengan mengonsumsi sesuatu yang halal.

3. Memberi keputusan penting bagi konsumen

Konsumen muslim disebut sebagai salah satu masyarakat yang paling banyak di dunia dan label halal menjadi salah satu keputusan penting ketika ingin membeli atau menggunakan suatu produk.

Hal ini tentunya berlaku untuk semua sektor kehidupan dan dibantu dengan adanya BPJPH atau Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

Masyarakat menjadi lebih mudah menentukan keputusan akan membeli atau menggunakan suatu barang yang berlabel halal daripada yang tidak halal atau tidak berlabel apapun.

Penjual juga memahami pangsa pasar muslim yang besar sehingga kehalalan selalu menjadi salah satu tolak ukur dalam usaha dan penjualan.

4. Punya potensi besar dalam bisnis

Potensi besar pasar muslim di seluruh dunia juga mempengaruhi keputusan dan daya beli dari masyarakat pada umumnya.

Masyarakat cenderung akan menerapkan gaya hidup halal karena banyak orang yang melakukan hal tersebut.

Secara tidak langsung umat muslim juga memengaruhi berkembangnya gaya hidup ini di berbagai sektor kehidupan.

Dengan adanya manfaat ini, bagaimanakah cara menerapkan hidup yang halal?

Kenapa Tubuh Mudah Lelah, Ternyata Bisa Karena Penyakit, Lho!

Bagaimana cara menerapkan hidup halal

Gaya hidup halal fokus pada hal yang halal dan menghindari segala sesuatu yang tidak halal. Beberapa cara dalam penerapan gaya hidup halal antara lain:

  • Menjalani kehiduapn dengan prinsip halal sebagaimana yang diajarkan dalam islam dan alquran.
  • Bertingkah laku, melakukan aktivitas, kegiatan, kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan syariah islam.
  • Apabila ingin membeli atau memakai sesuatu dapat memastikan kehalalan dari suatu produk seperti ada label halal dari mui. Melakukan sesuatu yang halal juga dimulai dari niatnya, cara mendapatkannya hingga cara memanfaatkan hal tersebut.
  • Mengedepankan kebersihan, kesehatan dan kenyamanan dalam segala aspek kehidupan sesuai dengan syariat islam.

Penerapan gayahidup halal juga berlaku untuk semua bidang, mulai dari pakaian, makanan hingga apapun yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai salah satu contohnya, wanita yang mengalami haid mungkin akan memakai pembalut untuk membantu meringankan masa haid mejadi lebih mudah. 

Pemakaian produk pembalut organik yang juga halal untuk hidup lebih sehat tentunya lebih banyak disarankan daripada pembalut lain yang tidak jelas bagaimana proses pembuatnya.

Salah satu pembalut yang dapat dipilih adalah pembalut yoona all varian yang bahkan sekarang sudah bersertifikat halal mui sehingga sangat aman untuk dipakai dan dipilih.

Populernya cara hidup halal juga sangat menunjang ketenangan dalam hidup sehingga banyak orang yang mulai menerapkan hidup halal dari berbagai sektor kehidupan.

Share artikel ini
Reference