cara menunjukkan rasa sayang

Tiap manusia membutuhkan kasih sayang. Namun, ada saja orang yang tampak kaku untuk menunjukkan rasa sayang pada pasangan. Lalu, bagaimana cara menunjukkan rasa sayang pada pasangan dan orang-orang terkasih agar lebih romantis dan hubungan harmonis? Yuk, cek selengkapnya!

Seperti apa rasa sayang?

Kasih sayang lebih dari sekedar emosi yang dianggap oleh beberapa orang sebagai syarat dalam hubungan yang sehat. Baik melalui pelukan, ciuman, atau panggilan telepon, kasih sayang adalah cara menunjukkan kepada orang lain dalam hidup kita betapa pentingnya mereka di dunia.

Meski kasih sayang dan emosi hampir sama, namun pada kenyataannya, keduanya berbeda. Emosi adalah sesuatu yang dikaitkan secara internal, sedangkan kasih sayang cenderung diberikan kepada seseorang. 

Kamu dapat memenuhi kebutuhan seseorang akan kasih sayang dengan memberikan hadiah untuknya atau dengan menonton film favoritnya. Ini semua membutuhkan kerja keras untuk menunjukkan kepada seseorang yang spesial betapa pedulinya kamu.

Agar Selalu Langgeng, Ini 5 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh

Tanda pasangan tulus dan sayang

cara menunjukkan rasa sayang pada pasangan dan orang terkasih agar romantis dan harmonis

Sebelum mengetahui cara menunjukkan rasa sayang pada pasangan agar lebih romantis dan hubungan pun harmonis, kamu harus mengenali tanda pasangan yang tulus dan sayang padamu, yaitu:

1. Ia mendengarkanmu

Tanda pasangan tulus dan sayang yang pertama adalah ia menaruh minat pada tiap detail hidupmu. Ia mendengarkan secara aktif dengan mengajukan pertanyaan dan menunggu giliran untuk mengungkapkan pandangannya daripada langsung mengalihkan pembicaraan ke pengalamannya sendiri. 

Meskipun ia mungkin tidak mendengar atau mengingat setiap kata yang kamu ucapkan, umumnya ia memiliki kesadaran yang cukup kuat tentang hal-hal yang paling penting dalam hidupmu, seperti kesukaanmu dan hal yang dibenci, harapan, ketakutan, persahabatan, hubungan keluarga, dan lainnya.

2. Mengakui perbedaan tapi tidak mencoba mengubahmu 

Tidak peduli seberapa sering dan mendalam kamu dan pasangan saling berbagi, kamu dan pasangan adalah orang yang berbeda. Pasangan yang tulus dan sayang padamu mengetahui kalau kamu dan pasangan berbeda dan ia tidak mencoba untuk mengubahmu menjadi orang lain yang ia inginkan.

3. Menganggap komunikasi sebagai kunci utama hubungan

Cinta membutuhkan komunikasi yang terbuka dan jujur. Seorang pasangan yang mencintaimu akan selalu berusaha berkomunikasi dan siap jujur saat menyampaikan perasaan dan komentarnya lewat komunikasi yang dibangun.

Memang, komunikasi tidak datang dengan mudah pada setiap pasangan. Meskipun mungkin pasanganmu belum sempurna dalam membangun komunikasi, lihatlah kesediaannya untuk belajar dan memperbaiki keterampilan komunikasi yang lebih baik.

4. Mendorong kamu menjadi mandiri 

Pasanganmu ingin kamu menjadi pribadi yang berhasil dan bangga atas pencapaian dirimu sendiri. Ini adalah tanda penting bahwa pasangan tulus dan sayang padamu.

5. Percaya satu sama lain

Tanda pasangan tulus dan sayang pada pasangan adalah saling percaya. Kamu dan pasangan merasa cukup aman untuk berbagi pendapat dan emosi, terbuka tentang tantangan yang dihadapi, dan tak sungkan untuk meminta bantuan kepadamu.

Komitmen Adalah Kunci Sukses Hubungan, Apa Ciri-Cirinya?

Cara menunjukkan rasa sayang

Kalau kamu tipe pasangan yang kaku menunjukkan rasa sayang, kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini:

1. Beri perhatian penuh

Berikan orang terkasih perhatian penuh saat ia berbicara. Ini akan menunjukkan antusiasmu terhadap pasangan sehingga ia akan merasa dihargai. 

2. Penuhi kebutuhan orang tersayang tanpa diminta

Cari tahu apa yang diinginkan pasangan bahkan sebelum ia tahu bahwa ia membutuhkan atau menginginkan hal tersebut. Cara menunjukkan rasa sayang yang satu ini bisa menjadi hal berharga baginya karena ia akan merasa diperhatikan.

3. Pahami love language pasangan

Bahasa cinta (love language) setiap orang berbeda-beda. Ada yang menunjukkan cinta melalui tindakan, ada yang memberikan kejutan dengan hadiah, ada yang ingin mengobrol lama dengan pasangan sambil bertukar pikiran, ada juga yang suka memeluk atau mencium pasangan.

Penting bagi kamu untuk memahami love language orang yang kamu cintai sehingga ia dapat menerima perhatian dan cinta sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Kamu bisa mencoba tes yang tersedia secara online untuk memahami bahasa cintanya.

4. Validasi perasaannya

Saat pasangan berbicara, dengarkan secara detail dan belajarlah untuk memvalidasi pasangan dengan mengulangi yang ia katakan. 

5. Berikan pasangan pelukan hangat

Beri tahu pasangan setiap hari bahwa kamu mencintainya dengan memberikan pelukan yang menenangkan sehingga ia merasakan keberadaanmu dan merasa dirinya selalu dibutuhkan. 

6. Luangkan waktu berdua

Cara menunjukan rasa sayang selanjutnya adalah dengan meluangkan waktu untuk orang tersayang. Ini sama saja meluangkan quality time untuknya. Misalnya, kamu sengaja mengambil cuti untuk membawa pasangan liburan sebentar.

6 Tanda Hubungan Relationship Goals, Ini Cara Wujudkannya!

Nah, kamu sekarang sudah tahu kan seperti apa rasa sayang, tanda pasangan tulus dan sayang, hingga cara menunjukkan rasa sayang agar hubungan harmonis dan langgeng? Ingat, menerapkan hal-hal di atas memang tidak mudah.

Jika kamu memprioritaskan orang-orang terkasih untuk kamu hujani dengan kasih sayang, maka mereka juga tak segan memprioritaskanmu sebagai orang yang penting dalam hidup mereka. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference