words of affirmation

Banyak orang yang mengatakan bahwa tindakan lebih penting daripada perkataan. Namun tidak untuk orang dengan bahasa cinta words of affirmation atau dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata-kata afirmatif.

Nah, apakah kamu termasuk orang dengan bahasa cinta kata-kata afirmatif atau malah pasangan kamu yang mempunyai jenis love language ini? Yuk bahas lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana tips menggunakan bahasa cinta ini untuk pasangan.

Apa itu Word of Affirmation?

Kata-kata afirmatif atau words of affirmation adalah salah satu bahasa cinta yang dibahas dalam 5 Love Language karya Gary Chapman. Kata-kata ini umumnya berupa ekspresi cinta, pujian, apresiasi, dan motivasi yang diberikan kepada orang yang dicintai.

Kata-kata afirmatif ini merupakan ungkapan isi hati kepada pasangan. Tidak seperti bahasa cinta yang lain, jenis bahasa cinta ini menggunakan kata-kata sebagai bentuk cinta dan perhatian pasangan. Jika pasangan kamu suka memberi pujian dan apresiasi, maka bisa jadi bahasa cintanya adalah kata-kata afirmatif.

Words of affirmation dalam love language

Bagaimana kata-kata afirmatif menjadi penting dalam hubungan sebagai salah satu love language? Tentunya kamu sudah tahu bahwa selain bahasa cinta yang satu ini, ada 4 bahasa cinta lain yang juga bisa digunakan untuk ekspresi rasa cinta pada pasangan, yaitu acts of service, quality time, receiving gift dan physical touch.

Tidak ada yang salah dengan kelima bahasa cinta itu jika diberikan kepada orang yang tepat. Kata-kata afirmatif memberikan alternatif kepada pasangan yang memiliki hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) untuk dapat lebih merasakan bahasa cinta pasangan.

Meskipun tidak menutup kemungkinan, kamu yang sering bertemu pasangan juga menggunakan kata-kata afirmatif sebagai bahasa cinta. Apa ciri-ciri bahasa cinta ini?

Ciri ciri words of affirmation

Seseorang yang memiliki bahasa cinta menggunakan kata-kata afirmatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Sering mengucapkan ekspresi dengan kata-kata

Pasangan yang sering mengucapkan ekspresi betapa dia merindukan atau mencintai kamu dapat menjadi tanda bahwa memiliki bahasa cinta kata-kata afirmatif. Kamu juga tidak keberatan dan selalu suka saat mendengarnya.

Memberikan aksi dalam bentuk tulisan

Memberi semangat tidak hanya dengan kehadiran seseorang secara langsung, namun surat atau pesan singkat semangat bisa membuatmu tersipu malu dan bergairah mendengarnya.

Mengucapkan syukur tentang pasangan

Kamu suka jika pasangan sangat menghargai kehadiranmu dan terus berada di sisinya dengan mendengarnya berkata syukur dan bangga.

Berterima kasih kepada pasangan

Ucapan terima kasih pasangan menjadi sangat berharga bisa menjadi tanda bahwa bahasa cintanya adalah kata-kata afirmatif.

Banyak sekali contoh yang bisa kamu sampaikan saat mengetahui bahwa pasangan juga memiliki bahasa cinta yang sama, yuk simak apa saja contohnya.

Contoh words of affirmation dalam hubungan

Kata-kata afirmatif memiliki dampak yang besar kepada pasangan yang menyukai jenis bahasa cinta ini. Contoh love language kata-kata afirmatif antara lain:

  • Dengan sederhana pasangan mengatakan, “aku mencintaimu”.
  • Berikan penjelasan sederhana apa yang kamu sukai dan kagumi dari pasangan.
  • Ekspresikan dengan luas apa yang kamu rasakan
  • Katakan secara rinci bahwa kamu bangga dengan pasangan.
  • Katakan bahwa kamu sangat bersyukur bersama dengan pasangan
  • Ucapkan selamat pada apapun yang dicapai oleh pasangan
  • Puji sesuatu yang baru dari pasangan baik itu pakaian, rambut, senyum, kecerdasan dan apapun yang berhubungan dengan pasangan.
  • Berikan terima kasih secara tulus perihal apa yang sudah pasangan rencanakan untuk kamu.
  • Tinggalkan catatan untuk pasangan.
  • Buat kata-kata untuk pasangan pada saat hari spesial di media sosial
  • Berkirim pesan atau telepon pasangan sesering mungkin.

Kata-kata afirmatif dalam sebuah hubungan menjadi kunci penting karena komunikasi menjadi landasan dalam menjalani hubungan. Ketahui juga tips saat menghadapi pasangan dengan jenis bahasa cinta ini.

Tips menghadapi pasangan words of affirmation

Mengenal pasangan dengan bahasa cinta kata-kata afirmatif sebetulnya bisa dihadapi dengan mudah jika kamu tahu bagaimana mengungkapkan cinta secara natural kepada pasangan. Berikut tipsnya:

  • Jadilah otentik. Jadilah diri sendiri ketika mengungkapkan apapun kepada pasangan. Tidak perlu mencontoh dan berlaku seperti orang lain.
  • Gunakan empati. Berikan kata-kata afirmatif dengan empati penuh dan bukan hanya untuk menyenangkan pasangan.
  • Ekspresikan apresiasi. Berikan apresiasi yang sungguh-sungguh terhadap apapun yang dicapai oleh pasangan.
  • Tidak segan untuk mengungkapkan. Tidak perlu malu dalam mengungkapkan kata afirmatif dan menilai bahwa pasangan akan bosan mendengarnya.
  • Memahami media komunikasi. Kata afirmatif membutuhkan komunikasi sebagai media penyampaian bahasa cintanya. Hal ini juga akan memberikan kesempatan berkomunikasi dengan pasangan lebih banyak.
  • Menunjukkan kekuatan pasangan melalui kata-kata. Terkadang pasangan harus ditunjukkan dimana kekuatannya, dan ini bisa dibahasakan dengan kata-kata.
  • Kata-kata untuk membangkitkan motivasi pasangan. Berikan penyemangat dan kata-kata cinta sebagai motivasi untuk pasangan.

Words of affirmation merupakan salah satu bahasa cinta yang bisa digunakan untuk mengekspresikan perasaan untuk pasangan. Ketahui apa love language pasangan agar tidak salah memberikan ekspresi cinta.

Share artikel ini
Reference