vinyasa yoga

Sebagai salah satu jenis olahraga, yoga mempunyai manfaat bagi tubuh dan juga mental kita. Nah, kali ini Yoona ingin membahas tentang vinyasa yoga dan juga manfaatnya bagi keseimbangan jiwa dan raga.

Apa itu vinyasa yoga?

Istilah Vinyasa berasal dari nyasa, yang berarti “menempatkan”, dan vi, yang berarti “dengan cara yang khusus”. Ini menunjukkan bahwa kita tidak “menggerakkan tubuh ” secara sembarangan tetapi membawa kesadaran ke setiap gerakan.

Yoga Vinyasa menawarkan berbagai postur yang bisa kamu coba. Yoga ini bisa dibilang kebalikan dari  “bentuk tetap” seperti Bikram Yoga, yang menampilkan 26 postur yang sama di setiap kelas, dan Ashtanga yang memiliki urutan yang sama setiap saat. Vinyasa Yoga membantu mengembangkan tubuh yang lebih seimbang serta mencegah cedera gerakan berulang yang dapat terjadi jika kamu selalu melakukan hal yang sama setiap hari.

Sebagai sebuah filosofi, Vinyasa mengakui sifat sementara dari segala sesuatu. Kamu melakukan suatu gerakan, berdiam dan kemudian melakukan pose lain. Vinyasa lebih diarahkan pada latihan pernafasan yang dikaitkan dengan kesadaran pose yang akan dilakukan.

Ada perbedaan utama antara latihan Vinyasa dan jenis yoga lainnya. Bila Hatha yoga berfokus pada menahan asana selama beberapa saat, yoga Vinyasa lebih cepat. Ini membuat kamu terbiasa dengan pose terapeutik sedangkan yoga Vinyasa mendorong gerakan meditatif.

Gerakan yoga vinyasa untuk pemula

gerakan vinyasa yoga
Gerakan vinyasa yoga

Bila kamu seorang pemula, jangan khawatir. Gerakan berikut ni terbilang mudah namun dengan manfaat yang tak kalah dari gerakan lainnya. Berikut rincian delapan gerakan umum untuk memulai latihan:

Pose meja

Posisikan tubuh seperti meja, tekuk jari-jari kaki ke matras dan panjangkan kaki, angkat pinggul ke atas. Tahan beberapa saat lalu kembali ke pose meja.

Pose meja terbalik

Mulailah dengan berbaring telungkup di matras dengan kaki terentang lurus ke belakang tubuh. Letakkan telapak tangan di atas matras di samping bahumu. Kemudian, rentangkan lengan lurus untuk mengangkat tubuh bagian atas sambil dengan lembut melengkungkan punggung dan mengangkat paha dan tulang kering dari lantai.

Pose kursi

Berdiri tegak dengan kaki selebar pinggul. Tekuk lutut dan turunkan pinggul. Miringkan tubuh dari bagian bawah panggulmu hingga kepalamu ke depan. Ayunkan tanganmu ke atas. Kamu bisa memodifikasi bagian tangan dengan metakkan tanganmu di Anjali mudra (mode berdoa) di tengah jantung.

Posisi prajurit

Berdiri tegak dengan kaki selebar pinggul. Langkahkan kaki kiri ke belakang, jaga agar jari-jari kaki menghadap ke sisi panjang matras. Sementara kaki kanan tetap menghadap ke depan. Tekuk dalam-dalam lutut kanan ke depan. Angkat lengan seperti huruf “T”, jaga agar perut bagian bawah tetap bergerak. Beralih sisi dan ulangi dengan gerakann yang sama.

Sudut Samping

Gerakan ini merupakan lanjutan dari posisi prajurit. Tarik lengan kanan kea rah luar seolah kamu ingin menjangkau sesuatu. Gerakka tubuhmu searah dengan tarikan tangan kanan. Lalu letakkan lengan di paha sambal memutar lengan kiri berlawanan dengan arah jarum jam. Rasakan sendi-sendimu seperti ditarik ke arah lengan kiri. Setelahnya Kembali ke posisi “T” 

Chaturanga

Gerakan ini mirip seperti push-up trisep dengan siku dirapatkan ke samping. Tubuh tidak menyenthuh matras, hanya smapai siku tertekuk 90 derajat. Bila sulit, kamu bisa menekuk lutut di atas matras.

Manfaat vinyasa yoga

Vinyasa yoga memiliki segudang manfaat luar biasa dalam mengubah perasaan. Banyak penelitian yang dilakukan setiap tahun tentang manfaat yoga. Beberapa yang telah terbuti ialah meningkatkan fleksibilitas, melindungi tulang belakang dan membangun kekuatan otot, mengatur kelenjar adrenal, membantu kamu tidur, meningkatkan sistem kekebalan dan meningkatkan kepercayaan dirimu, kekuatan batin dan memberikan ketenangan pikiran.

Manfaat tersebut lebih cepat didapat daripada jenis yoga lainnya, menjadikannya luar biasa bagi mereka yang ingin menggunakannya sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan membangun daya tahan tubuh. Karena itu, selalu ada cara untuk memodifikasi gerakan jika kamu belum mampu melakukannya dalam tempo cepat.

Sebagai pendekatan meditatif terhadap gerakan, Vinyasa juga membantu mengeluarkan kamu dari pikiran negatif. Meskipun kamu mungkin tidak langsung merasa begitu, kelincahan mental akan berkembang seiring waktu.

Share artikel ini
Reference