makanan untuk penderita trigliserida tinggi

Trigliserida tinggi sama berbahayanya dengan kolesterol. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara menurunkan trigliserida tinggi, yaitu salah satu jenis lemak yang terdapat dalam darah. 

Kamu harus menyadari bahwa ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan trigliserida tinggi, seperti diabetes, penyakit hati, dan penyakit tiroid.

Selain itu, kadar trigliserida yang tinggi terkadang terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita trigliserida tinggi. Yuk, simak apa saja makanan tersebut!

14 makanan untuk penderita trigliserida tinggi

makanan untuk penderita kolesterol

Berikut beberapa jenis makanan untuk penderita trigliserida tinggi yang wajib kamu ketahui!

1. Kacang kedelai

Minuman yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol adalah susu kedelai. Susu kedelai mengandung isoflavon yang efektif menurunkan kadar kolesterol darah. Tidak hanya susu kedelai, makanan olahan kacang kedelai seperti tempe dan tahu juga banyak mengandung isoflavon.

2. Wortel

Makanan yang bagus untuk penderita trigliserida tinggi adalah wortel. Wortel merupakan makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang sangat baik.

Sayuran berwarna oranye ini mengandung serat makanan (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang dipercaya dapat meningkatkan penyerapan kolesterol dari saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol darah.

3. Oatmeal

Oatmeal sudah lama dikenal sebagai makanan yang menyehatkan jantung, menjadikannya solusi bagi orang-orang dengan kadar trigliserida tinggi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Oatmeal juga membuatmu kenyang lebih lama, dan mencegah terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan di luar waktu makan. 

4. Kacang-kacangan

Makanan untuk penderita trigliserida tinggi lainnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk penderita trigliserida tinggi.

Makanan ini membantu menurunkan kolesterol  karena fitosterol dalam kacang menghalangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

5. Pisang

kalori pisang

Pisang juga merupakan makanan yang bagus dikonsumsi oleh penderita trigliserida tinggi. Kandungan zat inulin pada pisang membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol, yang baik bagi penderita trigliserida tinggi.

6. Teh Hitam

Teh hitam merupakan jenis minuman yang dapat menjaga kadar kolesterol darah. Flavonoid yang ditemukan dalam teh hitam diketahui menjaga detak jantung normal, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

7. Ikan

Berbagai jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti mackerel, salmon, tuna, dan sebagainya, dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Oleh karena itu, usahakan rajin makan ikan, terutama yang kaya akan asam lemak omega-3, yaa!

8. Seledri

Kandungan antioksidan yang tinggi pada seledri dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, menurunkan trigliserida, dan mencegah oksidasi LDL atau dikenal sebagai kolesterol jahat. Mengonsumsi jus seledri adalah cara yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh.

9. Alpukat

manfaat alpukat untuk kesehatan

Alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehat. Buah ini juga kaya vitamin E dan mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

Manfaat alpukat tanpa tambahan gula atau susu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

10. Bawang Putih

Makanan yang perlu dikonsumsi penderita trigliserida tinggi adalah bawang putih. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa senyawa allicin yang terdapat pada bawang putih dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol hingga 12%.

11. Biji bunga matahari

Makanan yang sering disebut sebagai kuaci ini biasanya disajikan sebagai camilan santai. Namun siapa sangka, ternyata camilan kecil ini bisa membantu menurunkan kadar trigliserida.

Hal ini karena kandungan sterol di dalamnya mampu menghambat kenaikan trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah. 

12. Terong

Studi pada hewan laboratorium telah menunjukkan bahwa hingga 10 mililiter jus terong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Meski demikian, penelitian lanjutan pada manusia  diperlukan untuk membuktikan efektivitas terong dalam menurunkan kolesterol.

13. Lobak

Lobak mungkin memang cukup jarang dikonsumsi di Indonesia. Lobak adalah sayuran yang masuk dalam family yang sama dengan wortel. Setiap porsi lobak mengandung sekitar 3 gram serat yang diyakini dapat mengurangi risiko tingginya trigliserida.

14. Minyak zaitun

Terakhir, penderita trigliserida tinggi juga bisa mengonsumsi minyak zaitun. Selain kaya akan antioksidan, minyak zaitun menjadi solusi untuk menurunkan trigliserida dalam tubuh.

Oleh karena itu, banyak orang, terutama yang memiliki tekanan darah tinggi, menggunakan minyak zaitun dalam masakannya.

Namun, perlu diingat bahwa minyak zaitun terbaik adalah minyak zaitun perasan pertama (extra virgin).

10 Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Makanan yang sebaiknya dihindari trigliserida tinggi

junk food dan kafein

Tingginya trigliserida dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk penderita trigliserida tinggi adalah:

  1. Makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah, keju, dan makanan olahan lainnya yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.
  2. Makanan tinggi gula, seperti minuman bersoda, kue, dan makanan manis lainnya yang tinggi gula dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.
  3. Makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi, roti putih, dan makanan olahan dari tepung dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.
  4. Makanan tinggi natrium, seperti snack, makanan cepat saji, dan makanan olahan lainnya yang tinggi natrium dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.
  5. Makanan tinggi lemak trans, seperti makanan digoreng, margarine, dan shortening dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.
  6. Makanan tinggi alkohol, seperti minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
  7. Makanan tinggi kalori, seperti makanan cepat saji, makanan yang digoreng, dll dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
  8. Makanan tinggi kolesterol, seperti daging merah, telur, makanan olahan dari daging, dll dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

Ingatlah untuk selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makanmu. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur untuk membantu dalam proses pengendalian trigliserida yaa!

Share artikel ini
Reference