manfaat buah kiwi untuk promil
Kehamilan

Manfaat Buah Kiwi untuk Promil: Meningkatkan Kesuburan Pasangan

dr. Wisniaty Condro | Januari 24, 2022
Share

Kehamilan memang hal yang dinanti-nantikan bagi pasangan yang merencanakannya. Banyak diantara mereka mulai menjalankan program kehamilan dengan mengonsumsi asupan bergizi, termasuk buah kiwi yang bermanfaat untuk program hamil.

Tapi, tidak jarang manfaat buah kiwi untuk promil diragukan oleh pasangan baru. Padahal, buah kiwi justru membantu meningkatkan kualitas sperma. Masih ragu dengan berbagai manfaat buah kiwi untuk program hamil? Coba baca dulu artikel ini hingga habis, ya.

Buah kiwi

Buah berwarna kuning kecokelatan dengan daging berwarna hijau, berukuran kecil, dan berbentuk bulat adalah buah kiwi. Kebanyakan buah kiwi memiliki rasa asam, tapi, tidak jarang buah kiwi juga terasa manis. Uniknya, kamu bisa mengonsumsi buah kiwi dari daging hingga bijinya yang berwarna hitam.

Buah kiwi adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Jadi, buah ini tidak bisa dianggap remeh terutama jika kamu meragukan manfaat buah kiwi untuk program kehamilan. Belum lagi, buah kiwi memiliki kandungan yang dua kali lipat dari jeruk dan lima kali lipat dari buah apel.

Di bawah ini adalah berbagai kandungan dalam buah kiwi.

Kandungan kalori dalam buah kiwi

Dikenal sebagai sumber alami asam folat, buah kiwi sering kali diselipkan dalam menu makanan untuk program kehamilan. Buah yang memiliki kandungan vitamin C lebih besar daripada jeruk dan apel ini memiliki kalori sebesar 42 kalori. Berikut adalah informasi kandungan kalori dalam buah kiwi untuk program hamil:

  • Protein 0,1-0,8 gram
  • Karbohidrat 10,1 gram
  • Lemak 0,4 gram
  • Vitamin C 56 miligram
  • Serat 2,1 gram
  • Kalium 148 miligram
  • Natrium 3,8 miligram

Selain beberapa kandungan tersebut, buah kiwi juga mengandung gula sebesar 6,7 gram. Meskipun gula buah kiwi terlihat tinggi, gula buah kiwi adalah gula alami dengan indeks glikemik rendah. Tidak lupa, buah kiwi juga mengandung potasium, vitamin E, asam folat, magnesium, mangan, dan tembaga.

Apakah buah kiwi bisa untuk promil?

Melihat berbagai kandungannya, buah kiwi bisa digunakan untuk mendukung program hamil dan justru sebaiknya dikonsumsi oleh kedua pasangan yang merencanakan kehamilan. Buah kiwi tidak hanya bermanfaat untuk ibu dan bayi, tetapi juga penting untuk sang ayah.

Jadi, buah kiwi tidak berbahaya untuk kamu konsumsi selama menjalankan program kehamilan ya. Ditambah lagi, pada suatu studi, berbagai nutrisi dari buah kiwi justru mampu meningkatkan kualitas sperma sang ayah. Tentu saja manfaat buah kiwi untuk promil tidak hanya itu.

Manfaat buah kiwi untuk promil

Jika kamu ingin cepat hamil, kamu bisa mengonsumsi buah kiwi yang kaya akan manfaat. Mulai dari sang ibu, calon bayi, hingga sang ayah, berikut adalah manfaat buah kiwi untuk promil:

Buah kiwi untuk kesuburan

Mengandung seng dan antioksidan, buah kiwi bermanfaat untuk melindungi sperma dari radikal bebas. Senyawa ini dapat merusak sel sperma sehingga pasangan sulit hamil. Jika dikonsumsi oleh sang ayah, buah kiwi dengan seng dan asam folat bisa meningkatkan jumlah dan kualitas sperma yang lebih baik.

Buah kiwi untuk motilitas sperma

Manfaat buah kiwi untuk promil berikutnya adalah meningkatkan motilitas sperma. Antioksidan buah kiwi seperti vitamin C dan E mampu melindungi sperma ketika melakukan motilitas, serta deoxyribonucleic acid (DNA) dalam sel telur maupun sperma dari oksidasi.

Mencegah cacat lahir pada bayi

Masih dengan asam folat, manfaat buah kiwi untuk program hamil adalah mendukung perkembangan bayi. Artinya, asam folat buah kiwi bisa mencegah kemungkinan cacat lahir pada bayi.

Mengatur gula darah

Karena infeks glikemik dari buah kiwi rendah, buah ini baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang memiliki riwayat diabetes gestasional. Buah kiwi tidak menyebabkan peningkatan gula dan bisa menjaga diabetes tetap terkendali selama program kehamilan.

Mengurangi stress

Buah kiwi kaya akan vitamin C yang lebih besar dari buah jeruk dan apel. Vitamin ini bisa membantu mengurangi stress termasuk menstruasi yang tidak teratur akibat stress yang berlebihan.

Mengurangi kembung

Buah kiwi memiliki enzim actinidin atau enzim pencernaan yang bisa membantu proses pencernaan makanan. Enzim ini akan memecah protein dan mengurangi kembung dari proses mencerna makanan.

Mencegah anemia defisiensi besi

Manfaat buah kiwi untuk promil berikutnya adalah meningkatkan penyerapan zat besi. Maksudnya, vitamin C akan membantu menyerap zat besi sehingga ibu terhindar dari anemia karena kekurangan zat besi.

Cepat meredakan gejala pilek

Dalam suatu penelitian, buah kiwi bisa membantu mempersingkat durasi dan intensitas infeksi saluran pernapasan seperti flu biasa. Pada studi lain, buah kiwi juga bisa melindungi seseorang dari asma.

Menjaga kolesterol rendah

Selain kesuburan, kembung, anemia, dan pilek, buah kiwi juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol tetap rendah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan buah kiwi yang kaya akan serat.

Menjaga kesehatan jantung

Rendah sodium dan kaya potasium, buah kiwi mengandung kombinasi elektrolit yang bisa mengurangi tekanan darah. Belum lagi, folat pada buah kiwi mampu mencegah risiko stroke menjadi lebih rendah. Intinya, buah kiwi bisa melindungi sistem kardiovaskular.

Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat buah kiwi berikutnya adalah membantu penyembuhan luka. Sebagai antioksidan, vitamin C membantu mekanisme perbaikan alami pada tubuh.

Mengurangi risiko pembekuan darah

Selain mempercepat penyembuhan luka, buah kiwi dengan efek pengencer darah mampu mengurangi pembekuan darah dan lemak dalam darah.

Menghindari pendarahan berlebih

Jika sebelumnya bisa mengurangi pembekuan darah, salah satu manfaat lain dari buah kiwi untuk promil adalah menghindari perndarahan yang berlebihan. Vitamin K dalam buah kiwi membantu proses pembekuan darah.

Selain manfaat-manfaat di atas, buah kiwi yang dikonsumsi selama program kehamilan juga bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, mendukung bakteri sehat pada usus untuk membantu pencernaan, serta memperkuat tulang.

Jika kamu tertarik untuk mengonsumsi buah kiwi selama menjalankan program kehamilan, coba ikuti tips di bawah ini, ya.

Tips mengonsumsi buah kiwi untuk promil

Meskipun buah kiwi adalah buah yang menyehatkan, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah kiwi secukupnya. Supaya kamu memperoleh manfaat buah kiwi secara maksimal selama program hamil, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Konsumsi buah kiwi sebanyak 2 buah setiap hari
  • Simpan buah kiwi di lemari es selama tidak lebih dari 7 hari
  • Bungkus buah kiwi dengan plastik di lemari es agar buah kiwi bertahan selama sekitar 14 hari
  • Cuci buah kiwi sebelum dipotong atau disantap
  • Gunakan buah kiwi sebagai campuran dalam salad buah
  • Konsumsi buah kiwi dalam bentuk smoothie maupun jus

Tips mengonsumsi buah kiwi untuk promil yang tidak kalah penting adalah jika kamu mengalami masalah pencernaan setelah menyantap buah kiwi, segera hentikan konsumsi buah kiwi. Tidak hanya itu, jika kamu mengalami alergi, kamu juga harus berhenti mengonsumsi buah asam yang satu ini.

Kesimpulannya, kamu boleh mengonsumsi buah kiwi saat sedang menjalankan program hamil. Perhatikan jumlah buah yang kamu santap untuk memperoleh manfaat terbaik dari buah kiwi.

Reference
Share