cara mencegah kehamilan setelah melahirkan

Ada beberapa cara mencegah kehamilan setelah melahirkan yang bisa kamu coba, baik oleh dirimu sendiri atau pun pasanganmu. Cara mencegah kehamilan setelah melahirkan secara umum masih sama dengan sebelum kehamilan.

Yuk simak apa saja!

Cara cegah kehamilan setelah melahirkan

berhubungan seks setelah melahirkan
Berhubungan seks setelah melahirkan

Banyak pasangan yang tak mau buru-buru hamil lagi. Bisa karena masalah kesehatan maupun finansial. Nah, ini beberapa cara cegah kehamilan setelah baru melahirkan.

1. Kontrasepsi hormonal

Metode hormonal tidak akan menyakiti kamu ataupun bayimu. Kamu dapat mulai menggunakan IUD suntik, implan, Skyla dan Mirena, dan beberapa jenis pil KB (disebut pil mini) segera setelah melahirkan.

Implan dan IUD sangat efektif, dan mencegah kehamilan selama beberapa tahun. Setelah metode ini diterapkan, kamu tidak perlu melakukan apa pun (seperti ingat untuk minum pil) agar terlindung dari kehamilan. Cara ini sangat berguna bagi orang tua baru yang sibuk.

Selama 3 minggu pertama setelah melahirkan, jangan menggunakan metode yang mengandung hormon estrogen, seperti pil atau cincin. Setelah 3 minggu, kamu dapat memulai salah satu dari metode ini.

KB Alami Setelah Melahirkan, Apakah Manjur?

2. Metode non-hormon 

Anda dapat dengan aman menggunakan kontrasepsi non-hormon saat menyusui. Hingga 6 bulan pertama setelah bayi lahir, kamu dapat mengandalkan ASI sebagai kontrasepsi jika kamu belum mendapatkan menstruasi dan tidak memberikan susu formula atau makanan lain pada bayi.

Pilihan kontrasepsi non-hormonal adalah kondom, kondom internal, kontrasepsi diafragma, dan tutup serviks.

3. Sterilisasi

Sterilisasi melihat serangkaian prosedur operasi. Beberapa jenis sterilisasi memungkinkan kamu atau pasangan tidak lagi memiliki anak. Bicarakan dengan dokter jenis sterilisasi yang tepat sesuai keperluanmu.

Ketahui 8 Efek Samping Kb Spiral Sebelum Memakainya

4. Pemberian ASI eksklusif

Meskipun dapat menunda ovulasi pada beberapa wanita, menyusui bukanlah metode pengendalian kelahiran yang efektif kecuali kamu mengikuti metode amenore laktasi (MAL). 

MAL merupakan metode pengendalian kelahiran yang cukup sulit karena memerlukan usaha yang cukup besar. Sebab dalam metode ini, pemberian ASI harus dilakukan maksimal sekali dalam empat jam, tak terkecuali di malam hari. 

Selain itu, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi. Di antaranya belum mengalami haid pasca melahirkan. Pada ibu yang menyusui secara eksklusif ovulasi tidak akan terjadi sampai 10 minggu pasca melahirkan.

5. Ejakulasi di luar

Coitus interuptus atau senggama terputus atau ejakulasi di luar dilakukan dengan mengeluarkan Mr P sebelum mencapai klimaks. Cara ini tidak terlalu efektif, karena pada kenyatannya sulit untuk mengontrol diri di saat-saat klimaks dan ada kemungkinan sperma keluar sebelum ejakulasi.

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Sendiri Yang Aman

Seberapa seseorang bisa hamil setelah melahirkan, apakah berisiko?

Terlepas dari cara melahirkan yang kamu pilih, melalui vagina atau operasi caesar, tubuhmu dapat hamil segera setelah melahirkan. Tubuhmu dapat berovulasi sebelum periode postpartum (setelah melahirkan) pertamamu berlalu, dan segera setelah berovulasi, kamu dapat hamil.

Sebenarnya, sangat disarankan untuk tidak berhubungan seks sebelum pemeriksaan enam minggu pasca melahirkan. Pertimbangkan kondisi tubuh dan psikologis pasca melahirkan untuk kesehatanmu.

Bahkan, meski kamu merasa sembuh secara fisik, faktanya tubuhmu sedang menyesuaikan diri dengan perubahan kadar hormon dan nutrisi.

Jika kamu hamil dalam waktu enam bulan setelah melahirkan, ada risiko komplikasi seperti:

  1. Cacat lahir
  2. Pembatasan pertumbuhan pada bayi
  3. Ketuban pecah dini
  4. Kelahiran prematur

Sementara hasilnya sedikit lebih baik jika kamu menunggu setidaknya enam bulan di antara kehamilan, menunggu setidaknya 18 bulan adalah yang terbaik. Hal ini memberi tubuh waktu untuk sembuh dan mengurangi risiko komplikasi. 

Jarak itu juga memberi kamu waktu untuk merencanakan kehamilan berikutnya dan menerima konseling prakonsepsi, yang mengurangi risiko komplikasi lebih jauh. 

Penting, Ketahui Efek Samping Postinor 2 terhadap Menstruasi

Sementara itu, kehamilan dengan jarak lebih dari lima tahun juga memiliki risiko, karena tubuhmu kemungkinan sudah ‘lupa’ tentang hamil, sehingga kondisi kehamilanmu kurang lebih akan sama seperti kehamilan pertama.

Jenis dan waktu yang tepat pakai kontrasepsi

Tidak semua metode kontrasepsi aman untuk semua wanita. Misalnya, beberapa metode sebaiknya tidak digunakan jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi).

Kamu bisa berdiskusi dengan dokter kandungan tentang metode mana yang cocok untukmu atau pasangan.

Kapan pun setelah kelahiran bayi, selama tidak memiliki risiko medis, kamu dapat menggunakan:

  • implan kontrasepsi (lebih dari 99% efektif)
  • suntikan kontrasepsi (lebih dari 99% efektif)
  • pil progestogen saja (99% efektif jika diminum dengan benar)
  • kondom pria (98% efektif jika digunakan dengan benar)
  • kondom wanita (95% efektif jika digunakan dengan benar)

Kamu juga dapat memilih untuk memasang IUD (alat kontrasepsi dalam rahim) (lebih dari 99% efektif), atau IUS (sistem intrauterin) (lebih dari 99% efektif) yang dipasang dalam waktu 48 jam setelah kelahiran.

Jika IUD atau IUS tidak dipasang dalam waktu 48 jam, biasanya kamu akan disarankan untuk menunggu hingga 4 minggu setelah melahirkan.

3 minggu setelah lahir

Jika kamu tidak menyusui dan ahli kesehatan kamu telah memeriksa bahwa kamu tidak memiliki faktor risiko medis untuk penggumpalan darah di pembuluh darah, kamu dapat mulai menggunakan:

  • pil kombinasi (lebih dari 99% efektif jika diminum dengan benar)
  • cincin vagina (lebih dari 99% efektif jika digunakan dengan benar)
  • patch kontrasepsi (lebih dari 99% efektif jika digunakan dengan benar)

Namun jika sedang menyusui, memiliki kondisi kesehatan tertentu, atau memiliki risiko penggumpalan darah, biasanya kamu akan disarankan untuk menunda penggunaan pil kombinasi, ring atau patch hingga setidaknya 6 minggu setelah melahirkan.

4 minggu setelah lahir

Jika tidak memasang IUD atau IUS dalam waktu 48 jam setelah melahirkan, kamu dapat memasangnya nanti. Namun biasanya akan disarankan untuk menunggu setidaknya 4 minggu setelah melahirkan.

6 minggu setelah lahir

Jika sedang menyusui atau mengalami kondisi medis tertentu selama kehamilan atau persalinan, kamu harus menunggu hingga setidaknya 6 minggu sebelum dapat menggunakan:

  • pil gabungan
  • cincin vagina
  • tambalan kontrasepsi

Kamu dapat mulai menggunakan kontrasepsi diafragma atau penutup (92% hingga 96% efektif jika digunakan dengan benar) sekitar 6 minggu setelah melahirkan. Kebanyakan dokter menganjurkan agar tidak memasukkan apa pun ke dalam vagina sampai pemeriksaan pertama.

Jika menggunakan kontrasepsi diafragma sebelum hamil, temui dokter setelah melahirkan untuk memastikannya masih terpasang dengan benar. Ini karena persalinan dan faktor lain, seperti kenaikan atau penurunan berat badan, bisa berarti kamu memerlukan ukuran yang berbeda.

Share artikel ini
Reference