alat tes kesuburan
Kehamilan Perencanaan

Alat Tes Kesuburan untuk Perencanaan Kehamilan Mendatang, Yuk Coba!

Putri Aprillia | Maret 15, 2022
Share

Banyak pasangan yang baru menikah dan ingin segera memiliki anak namun belum mengetahui masa kesuburan masing-masing. Masa subur penting untuk diketahui jika ingin segera memiliki keturunan. Terkadang penghitungan masa subur juga tidak tepat sehingga kehamilan tak kunjung datang.

Ada beberapa alternatif lain dengan alat tes kesuburan untuk mengetahui kapan masa ovulasi dan subur pada wanita. Bagaimana cara kerjanya? Yuk simak di sini ladies!

Apa itu alat tes kesuburan?

Alat tes ovulasi atau kesuburan merupakan sebuah alat yang akan membantu menghitung masa subur atau memastikan ovulasi benar-benar terjadi. Pada saat ovulasi terjadi, maka peluang besar pembuahan akan terjadi saat masa subur. Tes kesuburan dapat dilakukan sebelum adanya perencanaan kehamilan sehingga bisa dipastikan bahwa pasangan satu sama lain subur.

Menurut American Pregnancy Association, jenis tes kesuburan banyak direkomendasikan untuk pasangan suami istri yang telah memasuki kriteria tidak subur, meskipun begitu penting untuk mengecek masa subur pria dan wanita agar dapat merencanakan kelahiran dengan tepat.

Jenis jenis alat tes kesuburan untuk wanita

Tes kesuburan bisa dilakukan pada saat merencanakan pernikahan. Terkadang ada pasangan yang menginginkan segera memiliki anak, namun ada juga yang berencana menunda. Bagi kamu yang berencana segera memiliki anak, tes kesuburan penting untuk bisa dilakukan bersama.

Selain itu, suami dan istri juga dianjurkan untuk memiliki pola hidup sehat, mencapai berat badan ideal dan olahraga yang teratur. Ada beberapa cara untuk mengetes kesuburan yang dapat dijalani oleh wanita antara lain:

Pemeriksaan ovulasi

Terdapat serangkaian tes yang dapat digunakan untuk mengetes masa subur wanita, yaitu melalui pemeriksaan hormone dan ovulasi. Pemeriksaan ini dapat berguna untuk menentukan kapan waktu berhubungan seksual yang dapat menghasilkan pembuahan.

Tes terbagi atas tes ovarium untuk mengetahui fungsi hormon dan tes fase luteal untuk mengetahui jumlah progesteron yang biasanya akan meningkatkan setelah ovulasi.

USG Transvaginal

Pemeriksaan tes kesuburan wanita ini dapat berfungsi untuk mengetahui kondisi rahim, ovarium, vagina, leher rahim, tuba falopi wanita. Terdapat serangkaian tes yang akan dilakukan untuk wanita dengan memasukkan alat pemancar dengan gelombang suara frekuensi tinggi ke dalam vagina.

Histeroskopi

Tes ini mendiagnosis masalah kesuburan pada wanita yang terkait dengan kondisi rahim. Tes ini dapat mengatasi masalah fibroid, polip, perdarahan abnormal, dan hasil pemeriksaan USG.

Laparoskopi

Tes ini bertujuan untuk mendiagnosis serta mengatasi penyakit yang terkait dengan panggul dan area perut. Biasanya prosedur tes ini akan dilakukan oleh wanita yang bermasalah dengan kista, nyeri panggul, endometriosis, tumor fibroid dan sebagainya.

Histerosalpingografi (HSG)

HSG berfungsi sebagai tes untuk mengetahui kondisi rahim dan tuba falopi. Terdapat serangkaian tes lanjutan bisa terdapat gangguan pada organ reproduksi.

Jenis tes kesuburan pada pria

Tentunya tidak semua masalah kesuburan akan selalu disebabkan oleh wanita ya. Serangkaian tes kesuburan juga dapat dilakukan oleh pria seperti dibawah ini:

  • Analisis sperma untuk mengetahui apakah terdapat gangguan sperma seperti jumlah, bentuk, kecepatan gerak sperma dan lain-lain.
  • Tes hormon untuk mengetahui apakah hormon pria mempengaruhi sistem reproduksi yang akan dijalani, meski jarang terjadi, namun tes kesuburan ini bisa menjadi salah satu alternatif tes yang bisa dijalani.
  • Tes genetik bisa dilakukan oleh pria untuk dapat mengetahui sejumlah kondisi ketika jumlah sperma sangat sedikit, kondisi fisik akibat faktor genetis yang mempengaruhi kesuburan.
  • Terdapat alat tes kesuburan yang dapat membantu wanita untuk mengecek dengan mudah masa subur dan mendeteksi ovulasi. Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja alat tes kesuburan

Sebagian besar tes ovulasi menilai hormon yang dibuat oleh kelenjar pituitary yang disebut Luteinizing Hormone (LH). LH merupakan tanda atau sinyal yang dikirim ke ovarium untuk memberitahu mereka untuk berovulasi sel telur.

Hormon ini akan memicu wanita untuk berovulasi dan kemudian melepaskan sel telur. Saat lepas itulah wanita sedang berada di masa ovulasi. Cara menggunakana alat kesuburan yaitu:

  • Siapkan alat tes kesuburan
  • Memasukkan urine ke wadah khusus urine atau pegang alat tes, arahkan ke vagina dan usahakan langsung terkena urine
  • Urine juga bisa diteteskan ke alat tersebut
  • Tunggu 3-10 menit dan hasilnya akan muncul
  • Jika terdapat garis warna warni pada alat tes, maka alat tersebut menunjukkan peningkatan hormone LH.
  • Hasil tes tidak akan hilang setelah muncul
  • Jika negative, maka tes menunjukkan bahwa masa tersebut tidak subur dengan tanda stik atau garis yang berubah-ubah.

Cara pakai alat tes kesuburan wanita

Cara memakai alat tes ini cukup mudah. Ikuti instruksi yang biasanya terdapat di bungkus alat tesnya. Cukup siapkan alat dan urine dan pastikan jika kamu dapat membacanya. Alat tes akan menunjukkan kadar LH yang tinggi apabila sedang subur dengan garis-garis yang nampak di alat tesnya.

Ada beberapa alat tes digital yang lebih mudah dibaca seperti lambang senyum jika ternyata kadar LH tinggi dan wanita sedang memasuki ovulasi. Terus memantau masa subur agar keinginan hamil segera dapat terpenuhi. Bila lebih dari setahun belum ada perubahan, maka pasangan suami istri bisa segera berkonsultasi ke dokter untuk menjalani serangkaian tes pemeriksaan.

Kapan sebaiknya menggunakan alat tes kesuburan?

Menurut American Society for Reproductive Medicine, mengajarkan pasangan yang belum mencapai kehamilan setelah satu tahun berhubungan tanpa adanya kontrasepsi, bisa meminta bantuan untuk menggunakan tes kesuburan.

Wanita dapat mengetahui masa subur manual dengan melihat kalender atau menggunakan alat tes. Alat tes dapat digunakan sekitar 14 hari sebelum masa menstruasi normal. Pada saat hasil tes menunjukkan bahwa kamu sedang dalam kondisi subur, maka paling baik adalah melakukan hubungan seksual 24-48 jam setelahnya.

Tingkat akurasi alat tes kesuburan

Beberapa alat tes ovulasi memiliki tingkat akurasi yang tinggi mencapai 99%. Namun tentunya tes kesuburan juga bisa dibantu dengan serangkaian pemeriksaan untuk menguji kesehatan alat reproduksi. Selain itu penting untuk mengetahui saat mempertimbangkan membeli alat tes ini, antara lain:

  • Alasan alat tes digunakan. Alat tes dapat digunakan jika memang tidak ada cara lain yang bisa membantu kehamilan terjadi lebih cepat. Pilih alat tes terbaik dan sudah bersertifikasi serta dapat menunjukkan hasil yang akurat.
  • Terdapat beragam alat tes mulai dari harga yang terjangkau hingga paling mahal. Coba alat tes sesuai kemampuan dan jika menstruasi normal, maka penghitungan manual masih bisa dilakukan.

Alat tes kesuburan penting untuk digunakan untuk membantu menentukan masa subur atau ovulasi wanita. Alat tes mudah digunakan dan cepat hasilnya. Jika belum berhasil, maka suami istri dapat berkonsultasi ke dokter untuk menjalani serangkaian tes pemeriksaan untuk merencanakan kehamilan.

Reference
Share