manfaat telur puyuh untuk ibu hamil

Ukurannya kecil, tapi manfaat telur puyuh untuk ibu hamil tidak boleh dianggap remeh. Telur puyuh beberapa kali lebih kecil dari ayam, tetapi mengandung sumber nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan calon ibu dan janinnya.

Ibu hamil disarankan untuk menambahkan telur puyuh dalam bentuk rebus dan dikukus ke dalam makanan. Cara sederhana ini sudah cukup untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut. Yuk, simak ulasan selengkapnya mengenai superfood ini.

Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil

waspadai gejala dan penyebab preeklamsia pada ibu hamil

Kandungan protein yang tinggi membantu konstruksi semua sistem embrio, mulai dari sistem muskuloskeletal dan otot, hingga organ dalam. Nah, kandungan telur puyuh bisa menjadi pilihan yang bagus untuk memenuhi fungsi penting tersebut.

Vitamin B yang ada pada telur puyuh, memiliki efek positif pada metabolisme, sistem saraf pusat, dan keadaan psiko-emosional ibu hamil. Asam folat, niacin, PP, dan komponen bermanfaat lainnya berkontribusi pada pembentukan normal anak, mencegah terjadinya sejumlah cacat (termasuk tabung saraf) pada trimester pertama.

Telur puyuh  juga mengandung vitamin A dan E yang terkenal memperbaiki kondisi kulit dan jaringan selama kehamilan, memperkuat folikel rambut, dan lempeng kuku. Dengan penggunaan telur puyuh secara teratur, dermatitis dan kilau kulit berminyak menghilang, kilau sehat muncul, dan rambut tidak bercabang.

Lalu ada kalsium yang memberikan perkembangan jaringan tulang dan gigi janin nantinya, dan juga dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga metabolisme, kesehatan rambut dan kuku. Unsur mikro ini juga diaktifkan selama persalinan, memberikan kekuatan kontraksi dan upaya yang cukup.

Zat besi dalam telur puyuh diserap dengan baik dan merangsang produksi sel darah merah serta hemoglobin, yang mengantarkan oksigen ke sel ibu dan anak. Penggunaan telur secara teratur mencegah anemia defisiensi besi.

5 Manfaat Buah Mangga untuk Promil yang Bisa Kamu Coba!

Tirosin membantu menenangkan wanita hamil, melawan kecemasan, sikap apatis, gugup dan mudah tersinggung, serta meningkatkan kualitas tidur normal.

Sedangkan kandungan asam amino-nya merangsang sistem saraf, meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap masuk angin dan infeksi.

Telur puyuh juga bermanfaat bagi calon ibu karena alasan berikut:

  1. Mengurangi tanda-tanda toksikosis, seperti mual dan kelemahan umum, kurang nafsu makan, lekas marah, gangguan pencernaan (diare atau sembelit).
  2. Mengurangi hipertonisitas rahim.
  3. Mengurangi risiko kelahiran prematur dan keguguran.
  4. Membantu mengatasi mulas yang sering menjadi karakteristik trimester kedua dan ketiga. Berkat telur puyuh, keasaman lambung berkurang.
  5. Efek positif pada ritme biologis, berkontribusi pada tidur cepat dan tidur nyenyak.
  6. Menurunkan tekanan darah dengan aman, mengurangi risiko kondisi hipertensi selama kehamilan, seperti preeklampsia dan eklampsia.
  7. Merangsang kerja ginjal, sehingga kelebihan air keluar dari tubuh dan karakteristik edema pada trimester ketiga menghilang.

Bolehkah ibu hamil makan telur puyuh?

bolehkah ibu hamil makan telur puyuh
bolehkah ibu hamil makan telur puyuh

Wanita hamil sering merasa kewalahan dengan banyaknya daftar hal-hal yang harus dan tidak boleh mereka makan selama kehamilan. Karena burung puyuh bukan pilihan makanan yang populer di, sulit untuk mendapatkan informasi tentang konsumsi yang aman selama kehamilan. 

Dalam kebanyakan kasus, burung puyuh sangat aman selama kehamilan dan menawarkan beberapa nutrisi berharga untuk pertumbuhan janin. Dokter anak William Sears menjelaskan dalam “The Pregnancy Book” bahwa unggas seperti burung puyuh aman untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Namun, ada beberapa hal yang mesti ibu hamil ketahui. Puyuh yang kurang matang dapat menyebabkan keracunan makanan, infeksi sistemik, dan kerusakan janin yang sedang berkembang. 

Apakah Manfaat Buah Nanas untuk Promil Ampuh? Ini Faktanya!

Jadi, pastikan burung puyuh yang kamu masak benar-benar matang dan disiapkan dalam kondisi sanitasi. Puyuh yang dibiakkan di peternakan industri atau dibunuh di alam liar dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan. 

Ouyuh yang diternakkan umumnya diberi antibiotik dan hormon teratogen. Zat ini merupakan agen berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan selama kehamilan jika tertelan selama periode tertentu perkembangan janin.

Meskipun burung puyuh liar umumnya lebih aman, tidak mungkin untuk mengetahui apakah burung tersebut telah terpapar berbagai polutan dan bahan kimia berbahaya lainnya. Sebab, diketahui bahwa beberapa polutan juga berperan sebagai teratogen.

Aturan makan telur puyuh yang bagus

makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil

Berbeda dengan ayam, telur puyuh bisa dimakan mentah, karena burung ini tidak mengandung salmonellosis. Untuk mempertahankan nutrisi maksimal, perlakuan panas minimal dapat diterima: merebus, memanggang, mengukus. Rebus telur puyuh segera dalam air mendidih selama 2-5 menit.

Cangkang telur, yang mengandung kalsium karbonat dalam jumlah yang signifikan, tidak boleh diabaikan begitu saja. Giling cangkang dalam penggiling kopi dan minum dengan air – tidak ada cara yang lebih baik untuk mengirimkan bahan bangunan alami untuk sistem tulang anak.

Berapa Kali Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Aman Setiap Hari?

Jika telur mengandung sisa kotoran atau darah, jangan makan produk tersebut bahkan setelah dipanaskan. Sebab ada kemungkinan burung itu sakit. Perlu juga diperhatikan bahwa puyuh industri diberi makan dengan hormon dan antibiotik untuk meningkatkan produktivitas, dan beberapa zat ini masuk ke dalam telur.

Untuk dosisnya, dokter menganjurkan makan tidak lebih dari 3-4 telur puyuh per hari (tetapi tidak setiap hari). Untuk meredakan toksikosis (penyakit akibat keracunan) , 1-2 telur mentah harus ‘diminum’ di pagi hari dengan perut kosong.

Yuk moms, nikmati manfaat telur puyuh dengan cara yang benar!

—-

Penulis : Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference