Flek adalah bercak yang keluar dari daerah kemaluan. Bentuknya pun bermacam-macam tergantung dari warna dan strukturnya. Bahkan flek, terutama flek putih, bisa tetap terjadi selama kehamilan karena berbagai macam alasan. Flek pada ibu hamil dikategorikan normal sampai batas tertentu.

Setiap wanita memiliki keputihan, apakah dia hamil atau tidak. Debit terdiri dari cairan dan sel-sel mati. Ini adalah cara alami bagi sel-sel vagina dan leher rahim untuk memperbarui diri. Selama bulan-bulan awal kehamilan kamu, kamu mungkin melihat lebih banyak dari biasanya.

Pelepasan ekstra ini disebabkan oleh peningkatan produksi estrogen dan peningkatan aliran darah di awal kehamilan, katanya. Bila normal, seharusnya agak kental, berwarna bening hingga putih, dan tidak berbau. Saat serviks dan dinding vagina melunak, tubuh memproduksi cairan berlebih untuk membantu mencegah infeksi. Kepala bayi kamu mungkin juga menekan leher rahim saat mendekati akhir kehamilan, yang sering menyebabkan peningkatan keputihan.

Penyebab flek pada ibu hamil

Dengan atau tanpa kehamilan, keputihan adalah fenomena umum. Sebelum kita lanjut membahas keputihan saat hamil, ada baiknya kita pahami dulu konsep keputihan.

Leukorea adalah istilah medis untuk keputihan. Keputihan adalah cairan yang dibuat oleh vagina dan leher rahim yang membantu menjaga vagina tetap lembab dan bersih. Ini juga membantu melindungi kamu dari infeksi.

Penting untuk memberi tahu penyedia layanan kesehatanmu tentang keputihan yang tidak normal, karena itu bisa menjadi tanda infeksi atau masalah dengan kehamilanmu. Berikut beberapa tanda keputihan yang tidak normal:

  • bau yang kuat dan busuk 
  • kemerahan atau gatal, atau pembengkakan vulva
  • warna kuning, hijau, atau abu-abu

Keputihan yang tidak normal mungkin merupakan tanda infeksi. Infeksi ragi sering terjadi selama kehamilan. Jika kamu mengalami infeksi jamur selama kehamilan, dokter dapat merekomendasikan krim vagina atau supositoria. Untuk menghindari infeksi jamur:

  • Kenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat.
  • Keringkan alat kelamin kamu setelah mandi, berenang, atau berolahraga.
  • Pakai celana dalam katun.
  • Tambahkan yogurt dan makanan fermentasi lainnya ke dalam diet kamu untuk meningkatkan bakteri sehat.

Keputihan yang tidak normal juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS). Biasanya, dokter akan melakukan pengecekan untuk PMS pada pemeriksaan prenatal pertama. Jika kamu yakin kamu menderita PMS, penting untuk memberi tahu dokter sesegera mungkin untuk membantu mengurangi risiko menularkan PMS ke janin.

Keputihan yang tidak normal juga bisa menandakan komplikasi pada kehamilan. Hubungi dokter segera jika kamu memiliki debit merah cerah yang melebihi satu ons. Ini bisa menjadi tanda plasenta previa atau solusio plasenta.

Jika ragu, selalu lebih baik untuk bermain aman dan hubungi dokter. Catat kapan perubahan pada keputihan kamu mulai terjadi dan karakteristiknya. Ini akan membantu dokter kamu menentukan apakah keputihan kamu perlu dikhawatirkan.

Cara mengatasi flek pada ibu hamil

Terlepas dari kenyataan bahwa itu hampir terjadi setiap hari, wanita hamil mungkin merasa mudah risih karena keluarnya cairan yang terus-menerus. Kelembaban dan kebasahan yang terkait dapat membuat seorang wanita sangat mudah tersinggung. Namun, ada cara efektif untuk menghilangkan keputihan saat hamil.

Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan teratas untuk membantu kamu menawarkan bantuan:

  1. Mandi secara teratur: Mandi setiap hari dan mengganti pakaian dalam kamu adalah langkah pertama yang dapat kamu lakukan. Mandi dapat langsung membersihkan alat kelamin dan menghilangkan keputihan. Sebelum lebih banyak keputihan terkumpul di pakaian dalam, mungkin sudah saatnya untuk mandi lagi. Selain itu, mandi setiap hari dapat menghindari akumulasi bakteri dan mencegah infeksi.
  2. Kenakan pakaian dalam katun yang menyerap keringat: Apakah kamu sedang hamil atau tidak, kualitas pakaian dalam dapat menunjukkan kesehatan alat kelamin kamu. Jika pakaian dalam kamu tidak longgar atau memberi ruang, kemungkinan kamu terkena infeksi tinggi. Pakaian berlapis kapas sangat ideal karena menyerap kelebihan cairan. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa lapisan pakaian lain seperti jeans atau legging nyaman dan tidak ketat.
  3. Hindari menggunakan produk apa pun pada vagina: Jangan gunakan produk kosmetik atau pembersih apa pun pada vagina kamu kecuali disarankan oleh dokter kandungan. Produk-produk tersebut selanjutnya dapat membahayakan area genital kamu atau menyebabkan peradangan.
  4. Makan makanan sehat: Lendir serviks juga dapat dipengaruhi oleh jenis makanan yang kamu makan. Jangan makan makanan yang menyebabkan peradangan atau masalah pencernaan. Meskipun mengidam makanan, disarankan agar kamu menjaga asupan gula. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatanmu tentang makanan mana yang cocok untuk dimakan untuk menghindari kemungkinan infeksi.

Apa pengobatan keputihan selama kehamilan?

Terkadang, pengobatan rumahan yang diberikan di atas tidak efektif. Jika gejala kamu parah dan cenderung mengganggu kesehatan, disarankan agar kamu berkonsultasi dengan praktisi yang terverifikasi dan melakukan perawatan yang tepat untuk keputihan selama kehamilan.

Perawatan untuk kehamilan leukorea adalah unik untuk setiap pasien. Idealnya, itu tergantung pada alasan keputihan selama kehamilan. Jika kamu telah mengidap infeksi bakteri yang disebabkan oleh kehamilan, dokter kandungan akan meresepkan antibiotik yang relevan.

Share artikel ini
Reference