manfaat ever e 250 untuk promil

Masih banyak yang belum tahu manfaat suplemen yang satu ini. Manfaat ever e 250 untuk promil sepertinya didapatkan dari kandungan alami di dalamnya.

Bagi kamu yang merencanakan kehamilan, ever e 250 ini bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan harianmu agar tubuh lebih sehat, termasuk meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan. Penjelasan selengkapnya dapat kamu baca di bawah ini.

Baguskah suplemen vitamin E sebelum hamil?

manfaat natur e hijau untuk wajah

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas berbahaya (molekul oksigen reaktif). Vitamin E larut dalam lemak, artinya tubuh manusia memiliki simpanan Vitamin E dan menggunakannya saat dibutuhkan, terutama untuk wanita hamil.

Pada wanita, vitamin E dapat meningkatkan lendir rahim. Pada pria, vitamin E membantu sperma hidup lebih lama, jadi mengonsumsi vitamin E sebelum hamil meningkatkan kemungkinan pembuahan. Vitamin E dapat diberikan 3 bulan sebelum kehamilan yang direncanakan.

7 Manfaat Vitamin E untuk Promil, Biar Punya Momongan!

Manfaat ever e250 untuk promil

asam folat untuk promil

Sebenarnya ever e250 menggunakan natural vitamin E (d-alpha-tocopherol) dengan cangkang yang lembut dan lunak dari rumput laut. α-tocopherol adalah bentuk vitamin E paling aktif.

Kandungan aktif merupakan zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

11 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan, baik untuk Kulit hingga Kognitif

Selain untuk promil, manfaat ever e250 lainnya ialah membantu menjaga pertumbuhan sel tetap baik, kesehatan mata, kesehatan kulit, mengatasi masalah defisiensi vitamin E atau pencegahan penyakit tertentu seperti alzheimer.

Sumber vitamin E

Selain melalui suplemen, kamu dan pasangan bisa memenuhi kebutuhan vitamin E secara alami. Vitamin E ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Berikut beberapa di antaranya.

  • Minyak biji gandum
  • Bunga matahari, safflower, dan minyak kedelai
  • Biji bunga matahari
  • Kacang almond
  • Kacang tanah, selai kacang
  • Sayuran bit, collard hijau, bayam
  • Labu
  • Paprika merah
  • Asparagus
  • Mangga
  • Alpukat

Efek samping vitamin E

Tidak ada bukti efek toksik dari vitamin E yang ditemukan secara alami dalam makanan. Kebanyakan orang dewasa yang mendapatkan lebih dari RDA 22 IU setiap hari menggunakan multivitamin atau suplemen vitamin E terpisah yang mengandung 400-1000 IU setiap hari. 

Belum ada laporan efek samping yang berbahaya dari penggunaan suplemen pada orang sehat. Namun, terdapat risiko perdarahan berlebih, terutama dengan dosis lebih besar dari 1000 mg (1465 IU) setiap hari atau jika seseorang juga menggunakan obat pengencer darah seperti warfarin. 

Para ilmuwan juga masih memperdebatkan apakah suplemen ini dapat berbahaya dan bahkan meningkatkan risiko kematian.

Sedangkan untuk wanita, vitamin E merupakan salah satu vitamin esensial bagi tubuh. Suplementasi vitamin E diperlukan, terutama untuk wanita hamil dan terutama wanita yang tidak subur. Namun, dosis dan suplemen vitamin E dengan cara apapun (diet atau tablet) harus dikonsultasikan sepenuhnya oleh dokter spesialis.

Bukti saat ini menunjukkan bahwa suplementasi vitamin E cenderung memiliki sedikit efek pada hasil ibu dan kehamilan termasuk lahir mati, preeklampsia, berat badan lahir rendah, dan pada kenyataannya dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. 

Wanita hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 15 mg Vitamin E dari sumber alami per hari selama kehamilan. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen. Bahkan WHO-pun menganggap bahwa suplementasi vitamin E TIDAK DIANJURKAN untuk ibu hamil.

Bagaimana jika kita terlalu banyak mengkonsumsi vitamin E Selama kehamilan?

  • Mengkonsumsi suplemen Vitamin E dosis sangat tinggi dapat meningkatkan kemungkinan cacat lahir.
  • Dapat meningkatkan kemungkinan pendarahan dengan risiko pendarahan hebat di otakmu.
  • Peningkatan konsumsi dapat meningkatkan risiko kelainan jantung pada bayi.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference