Ibu hamil mungkin sering bertanya-tanya, bolehkah mengonsumsi mie instan? Dan berapa kali ibu hamil boleh makan mie instan?

Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah makanan yang dikonsumsinya. Tidak semua makanan aman bagi ibu hamil dan kandungannya. Ada makanan tertentu yang rasanya enak namun kurang baik untuk kesehatan bayi. Apakah mie instan merupakan salah satunya?

Banyak wanita ingin makan mie instan selama kehamilan tetapi merasa khawatir tentang keamanannya. Postingan berikut ini akan memberikan informasi mengenai berapa kali ibu hamil boleh makan mie instan dan bahayakah ibu hamil makan mie instan setiap hari.

Apa itu mie instan?

Mie instan adalah makanan olahan yang cepat dan mudah dimasak. Rasanya enak dan harganya sangat terjangkau. Namun, mie instan tidak bergizi dan bukan termasuk makanan yang seimbang.

Kandungan utamanya adalah pati, garam, penyedap buatan, dan lemak jenuh. Selain itu juga digunakan zat adiktif seperti monosodium glutamat (MSG) dan pengawet. Mie instan juga kekurangan nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, dan serat.

Kandungan mie instan

Bahaya makan mie instan malam hari

Kandungan yang terdapat dalam mie instan per 100 gram, antara lain:

  • Energi 453 kkal
  • Serat 2,4 gram
  • Lemak 17 gram
  • Karbohidrat 65 gram
  • Protein 9 gram
  • Natrium 1160 miligram
  • Kalium 120 miligram
  • Besi 4,3 miligram
  • Protein 9 gram
  • Tiamin (B1) 0,7 miligram
  • Folat (B9) 147 gram
  • Niasin (B3) 5,4 miligram
  • Riboflavin (B2) 0,4 miligram

Jadi, dapat disimpulkan bahwa mie instan mengandung kalori, protein, dan serat yang rendah. Namun, kandungan lemak, karbohidrat, dan natriumnya terlalu tinggi. Dengan kandungan nutrisi yang sedikit ini, maka mie instan bukanlah pilihan makanan yang baik selama kehamilan.

Baca juga: Berapa Kalori Mie Instan? Amankah Dimakan Tiap Hari? 

Bahayakah ibu hamil makan mie instan setiap hari?

Berapa kalori mie instan?

Banyak orang menyukai mie instan karena rasanya enak, penuh bumbu, dan sangat mudah dimasak. Tidak heran jika ibu hamil juga ingin mengonsumsinya.

Namun, sebenarnya mie instan tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, apalagi jika dikonsumsi setiap hari. Jadi, wanita hamil biasanya disarankan untuk menghindari konsumsi mie instan atau menguranginya seminimal mungkin karena beberapa alasan berikut ini.

1. Mie instan banyak mengandung natrium

Mie instan mengandung banyak natrium. Meskipun natrium bisa bermanfaat bagi fungsi tubuh, namun bila jumlahnya berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini dapat meningkatkan tekanan darah tinggi sehingga risiko terkena penyakit stroke, jantung, dan sebagainya menjadi lebih tinggi.

2. Mie instan mengandung MSG

Mie instan mengandung MSG yang berperan sebagai penambah rasa. Terlalu banyak mengonsumsi MSG dapat menyebabkan obesitas dan masalah jantung. 

3. Mie instan dapat mempengaruhi kadar gula darah

Makanan olahan umumnya cenderung mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Makan terlalu banyak makanan olahan, terutama selama trimester pertama kehamilan dapat meningkatkan kemungkinan diabetes gestasional.

BACA JUGA: Diabetes Kehamilan, Ibu Hamil Wajib Waspada

4. Mie instan tidak memenuhi nutrisi janin

Makanan olahan termasuk mie instan mengandung nutrisi yang sangat sedikit. Bayi mendapat nutrisi dari ibunya. Ketika ibu hamil makan mie instan, hanya natrium dan karbohidrat yang dia dapatkan.

Karena bayi bergantung pada ibunya untuk memenuhi nutrisi, maka mie instan bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi selama kehamilan.

BACA JUGA: Sering Makan Mie Instan Tiap Malam? Ini Bahaya yang Mengintai!

Berapa kali ibu hamil boleh makan mie instan?

Mie instan aman dikonsumsi selama kehamilan jika dikonsumsi sesekali saja, tidak setiap hari. Sebab, mie instan mengandung bahan kimia dan pengawet yang bisa mempengaruhi ibu hamil dan bayinya yang sedang tumbuh.

Kandungan yang terdapat pada mie instan tidak membahayakan ibu hamil dan bayinya apabila jumlah yang dikonsumsi sangat dibatasi. Untuk membuat mie instan menjadi lebih sehat, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Sebaiknya, kamu tidak menggunakan bumbu penyedap yang disediakan di dalam kemasannya. Tambahkan bumbu sendiri yang tersedia di rumah.
  • Untuk menambahkan serat, masukkan beberapa sayuran segar, seperti selada, wortel, dan sebagainya.
  • Tambahkan telur goreng atau daging sapi yang dimasak tanpa lemak untuk menambahkan kandungan proteinnya.

Mie instan merupakan makanan olahan yang tidak memberikan manfaat apa pun bagi ibu hamil dan bayinya. Sehingga, sebaiknya menghindarinya selama kehamilan, mengingat pentingnya kesehatan bagi ibu hamil dan bayi yang akan dilahirkan.

Share artikel ini
Reference