manfaat kunyit asam untuk rahim

Kunyit adalah bumbu umum yang sering digunakan dalam masakan. Selain sebagai bumbu masakan, ternyata kunyit juga memiliki khasiat lain, lho! Salah satunya adalah manfaat kunyit asam untuk kesehatan rahim.

Ada banyak informasi yang beragam beredar di masyarakat tentang efek samping dan manfaat kunyit asam untuk rahim.

Jika dilihat secara medis berdasarkan berbagai penelitian, bagaimana sih kebenarannya? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut!

Benarkah kunyit asam dapat menyebabkan rahim kering?

Kabar tentang kunyit asam yang memiliki efek samping pada rahim masih menjadi perbincangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa overdosis kunyit (500 mg atau lebih per hari) memiliki efek samping pada ovulasi.

Namun, tidak ada penelitian yang cukup  untuk mendukung sepenuhnya teori ini. Oleh karena itu,  jika ingin mengkonsumsi jamu kunyit asam dalam jangka waktu lama, disarankan untuk tidak kebanyakan.

Kamu juga direkomendasikan untuk konsultasi dengan dokter spesialis, seperti ahli gizi atau dokter kandungan/ginekolog.

Baca juga: Mengonsumsi Jeruk Nipis Bisa Menggugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta? 

5 manfaat kunyit asam untuk rahim

Di balik berbagai informasi yang beredar mengenai bahaya kunyit asam, ada beberapa manfaat kunyit asam untuk rahim yang perlu kamu ketahui.

1. Meringankan gejala PMS

Premenstrual Syndrome (PMS) sering mempengaruhi aktivitas seorang wanita sebelum masa menstruasi. Umumnya, gejala ini ditandai dengan sakit kepala, gas di perut, nyeri pada otot dan persendian, atau masalah emosional, seperti perubahan suasana hati.

Meskipun demikian, sebuah penelitian di Journal Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa kunyit asam dapat membantu mengurangi keparahan gejala PMS karena efek anti-inflamasinya.

Manfaat ini  diperoleh setelah mengkonsumsi kapsul kunyit asam dalam 3 siklus menstruasi berturut-turut, 7 hari sebelum dan 3 hari setelah menstruasi.

2. Membantu mengatasi PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan hormonal yang umum pada wanita. Ini merujuk pada kondisi di mana terdapat banyak kista muncul di ovarium dan tidak ada telur yang dilepaskan. Nah, untuk penderita PCOS, kunyit bisa jadi pilihan pengobatan.

Kunyit dikenal dapat meningkatkan kesehatan rahim dengan membantu meringankan PCOS.  Bahan kurkumin yang terkandung dalam kunyit dikatakan mampu menghilangkan kista dan menghasilkan folikel yang sehat selama proses pelepasan sel telur.

3. Membantu meringankan endometriosis

Endometriosis adalah penyakit yang terjadi ketika jaringan yang menyerupai endometrium tumbuh di luar rahim, ovarium atau tuba fallopi.

Penyakit ini sering menyebabkan nyeri panggul, seperti saat menstruasi dan hubungan seksual. Infertilitas juga dapat terjadi dan dapat menghambat kelahiran anak.

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit dikatakan dapat mengurangi endometriosis karena efek anti-inflamasinya. Ini juga  membantu meringankan gejala endometriosis.

4. Membantu mencegah dan mengatasi kanker

Sifat anti-kanker kunyit dapat membantu mencegah dan mengobati kanker, termasuk yang berhubungan dengan rahim dan sistem reproduksi wanita.

Misalnya, kanker endometrium, kanker ovarium,  kanker serviks. Kurkumin diketahui dapat menekan perkembangan kanker dan menekan pertumbuhan tumor.

Selain itu, kunyit asam juga dapat mengurangi dosis radiasi dan cisplatin yang digunakan dalam kemoterapi. Hal ini sering digunakan untuk menekan pertumbuhan sel kanker ovarium.

5. Mengatasi masalah kehamilan

Manfaat kunyit asam untuk kesehatan rahim tidak hanya dirasakan oleh rata-rata wanita, tetapi juga secara khusus pada ibu hamil.

Ini karena efek antioksidan, anti-inflamasi, anti-toksik, antihipertensi, dan anti-diabetes kunyit asam dikatakan membantu mencegah masalah  kehamilan.

Meskipun khasiatnya sangat baik, tapi untuk alasan keamanan, kamu tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit asam secara rutin.

Baca juga: Apakah Kunyit Bisa Menghentikan Haid?

Efek samping kunyit asam untuk rahim

Pada dasarnya, kunyit asam adalah rempah-rempah yang tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Namun, overdosis kunyit  bisa berbahaya bagi kesehatan. Overdosis kunyit dapat menyebabkan mual hingga diare pada beberapa orang.

Selain itu,  efek samping lain dari kunyit asam dapat terjadi terutama jika kamu alergi terhadap bahan rempah-rempah yang satu ini.

Efeknya termasuk gatal-gatal, ruam  kulit,  sakit perut, masalah perut, dan sebagainya. Overdosis kunyit juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada ibu hamil.

Misalnya terjadi perdarahan pada trimester 1, atau bahkan kelahiran prematur dengan konsumsi berlebihan pada trimester ke-3.

Oleh karena itu,  kunyit perlu dikonsumsi dalam jumlah sedang. Saat mengkonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya.

 

Share artikel ini