Biasanya, saat makan di rumah makan atau restoran, kebanyakan orang memesan air mineral maupun teh. Apa pun makanannya, memang rasanya enak bila ditemani secangkir teh manis. Karena pembuatannya cukup praktis, banyak orang menyukainya. 

Namun, sayangnya, teh manis mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan teh tawar. Itulah sebabnya teh tawar merupakan minuman yang lebih sehat daripada teh manis.

Nah, jika kamu suka minum teh tawar, sebenarnya ada beberapa manfaat minum teh tawar yang bisa kamu peroleh. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak informasinya dalam artikel berikut ini.

Apakah teh tawar sehat?

Minum teh tawar sebenarnya lebih menyehatkan daripada teh manis. Minum teh tanpa gula dapat memberikan manfaat bagi kesehatan termasuk membantu seseorang menurunkan berat badan dan membakar lemak.

Apalagi, jika kamu juga melakukan diet dan olahraga. Sebaliknya, jika kamu menambahkan gula atau madu ke dalamnya, hal ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca juga: Manfaat Minum Teh, Bisa Cegah Penyakit Jantung!

Kandungan teh tawar

manfaat minum teh

Kandungan yang terdapat pada teh tawar, antara lain:

  • Polifenol
  • Kafein
  • Flavonol
  • Theaflavin
  • Katekin

11 Manfaat minum teh tawar untuk kesehatan

Setelah mengetahui kandungannya, ada beberapa manfaat minum teh tawar untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengontrol kadar gula darah

kadar gula darah normal

Mengonsumsi teh tawar bisa mengontrol kadar gula darah. Teh mengandung polifenol yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah lebih mudah dikendalikan.

Jika kadar gula darah ini dapat dijaga dengan baik, kamu akan terhindar dari risiko penyakit diabetes.

2. Melancarkan peredaran darah

Selain kadar gula darah yang lebih terkontrol, peredaran darah juga akan lebih lancar. Polifenol dalam teh juga berperan dalam mencegah pertumbuhan plak di pembuluh darah.

Dengan begitu, pembuluh darah tidak akan menyempit dan menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung. Inilah sebabnya mengapa teh tawar sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Melawan kolesterol jahat

Teh tawar juga efektif dalam melawan kolesterol jahat yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi tubuh. Mengonsumsi teh tawar secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Minum teh hitam tawar dapat menurunkan kadar kolesterol sampai 11 persen.

Baca juga: Waspada 7 Gejala Kolesterol Sejak Dini! 

4. Mengatasi stres

Manfaat lain dari minum teh tawar adalah membuat tubuh lebih rileks, mengatasi stres, meningkatkan mood, dan konsentrasi. Efek tubuh yang menjadi rileks dapat diperoleh berkat kandungan L-theanine dalam secangkir teh.

5. Mencegah penuaan dini

Minum teh tawar efektif untuk menangkal proses oksidasi di dalam tubuh. Sehingga, minum teh tawar secara rutin bisa mencegah timbulnya penuaan dini, seperti flek hitam maupun kerutan. Selain itu, hal ini juga bisa membuat kulit yang kusam menjadi cerah.

6. Membakar lemak

Teh tawar juga dapat mendukung program penurunan berat badan bagi mereka yang sedang diet. Jika kamu sedang menjalani diet, disarankan untuk mengonsumsi teh tawar, terutama teh hijau yang efektif untuk membakar lemak.

7. Mengatasi rasa mual

Untuk mengatasi rasa mual akibat maag atau asam lambung, kamu bisa mengonsumsi teh herbal. Teh herbal tawar dapat meredakan gejala mual dan melindungimu dari iritasi akibat refluks asam ke tenggorokan.

Sebaliknya, hindari untuk mengonsumsi teh hijau, teh hitam, atau teh peppermint karena bisa menimbulkan refluks asam.

Baca juga: Apakah Minum Teh Saat Haid Diperbolehkan?

8. Mencegah kanker

pengobatan kanker paru-paru
Cancer patient woman wearing head scarf after chemotherapy consulting and visiting doctor in hospital..

Teh telah dikenal sebagai minuman yang dapat mencegah kanker. Polifenol dan antioksidan yang ada dalam teh diketahui dapat melindungi sel dari kerusakan. Manfaat tersebut dapat diperoleh dari teh hijau dan teh hitam.

9. Mengurangi peradangan

Teh hijau mengandung katekin yang memiliki sifat anti inflamasi dan bermanfaat untuk mengatasi penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan penyakit neurodegenerative.

10. Menjaga kesehatan tulang

Teh mengandung nutrisi yang dapat merangsang pembentukan tulang dan membantu memperlambat kerusakannya sehingga melindungi seseorang dari penyakit osteoporosis.

11. Mencegah penyakit kognitif

Teh oolong yang tawar mengandung l-theanine, asam amino yang dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kewaspadaan.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa l-theanine dapat membantu mencegah penyakit kognitif seperti parkinson dan alzheimer.

Meski teh kaya akan manfaat, sebaiknya tetap perhatikan jumlah teh tawar yang kamu konsumsi, sekitar 2-3 cangkir dalam sehari.

Jadi, jangan minum teh terlalu banyak, terutama jika kamu mengidap penyakit maag atau sedang hamil. Sebab, teh dapat menghambat penyerapan zat besi dan asam folat dari makanan yang kamu konsumsi.

Share artikel ini
Reference