Manfaat Olahraga Sepeda
Hidup Sehat

Suka Bersepeda? Ini Manfaat Olahraga Sepeda yang Kamu Dapatkan!

Putri Aprillia | Desember 27, 2021
Share

Olahraga bersepeda saat ini kian digandrungi oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Manfaat olahraga bersepeda pun sangat banyak, salah satunya dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain manfaatnya bagi kesehatan, bersepeda juga menjadi olahraga yang tentunya sangat menyenangkan.

Tertarik mengetahui segudang manfaat dari olahraga bersepeda untuk kesehatan? Kira-kira adakah tips bersepeda untuk memaksimalkan kebugaran? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Manfaat olahraga sepeda bagi Kesehatan dan Wanita

Olahraga sepeda sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga ini juga cocok untuk kamu yang baru ingin memulai rutin olahraga dengan risiko cedera. Dari banyaknya manfaat olahraga sepeda yang ada, kira-kira apa saja manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan dan juga wanita?

1. Membantu untuk kontrol berat badan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bersepeda selama 30 menit setiap hari dapat membakar lemak tubuh hingga 5 kg dalam setahun, lho! Hal itu karena, olahraga sepeda dapat meningkatkan kinerja sistem metabolisme, membentuk dan memperkuat otot, hingga membakar lemak. Nah, agar bersepeda menjadi lebih efektif menurunkan berat badan, kamu juga harus mengatur pola makan yang sehat dan seimbang.

2. Mengurangi risiko sakit jantung dan gangguan pembuluh darah

Salah satu manfaat olahraga sepeda adalah meningkatkan kesehatan jantung dan memperlancar sirkulasi darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika kamu bersepeda sekitar 32 km setiap minggu, kamu dapat mengurangi risiko terkena sakit jantung hingga 50% dibanding orang lain yang tidak bersepeda.

Sementara itu, menurut British Journal of Sport Science Medicine (2018), melakukan olahraga dengan intensitas tertentu dapat menurunkan gejala penyakit hipertensi, bahkan efeknya bisa sama dengan pasien yang mengkonsumsi obat resep dari dokter. Dengan kata lain, bersepeda dapat menurunkan risiko terkena gangguan kardiovaskular. Bukan hanya itu, olahraga sepeda juga dapat meningkatkan kekuatan otot jantung serta mengurangi kadar lemak di dalam darah.

3. Mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa seseorang dengan tubuh bugar memiliki risiko mengidap kanker kolorektal dan kanker paru yang lebih rendah dibanding orang-orang yang tidak bugar. Nah, melakukan olahraga sepeda secara teratur sembari terus mengatur pola makan bisa membantumu dalam hal ini.

Bahkan, bagi orang-orang yang menderita kanker dan sedang berada di masa pemulihan, manfaat olahraga sepeda juga bisa dirasakan, yakni mengurangi efek samping dari pengobatan kanker itu sendiri, bahkan meningkatkan kualitas hidup pasien kanker tersebut.

4. Mengurangi risiko diabetes

Salah satu penyebab diabetes adalah kurangnya aktivitas fisik. Jika kamu adalah seorang pemula dalam berolahraga, olahraga sepeda dapat menjadi jawaban atas masalahmu. Jadwalkan olahraga sepeda secara teratur setiap minggu, misalnya 30 menit dan 2 kali seminggu. Jika sudah terbiasa, tambahkan menjadi 3-5 kali seminggu.

5. Meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh

Saat bersepeda, kamu pasti belajar untuk menjaga postur tubuh tetap tegak, Hal ini akan membantu meningkatkan keseimbangan, kekuatan, bahkan koordinasi tubuhmu secara keseluruhan.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam sebuah artikel di Everyday Health, umumnya wanita memiliki 3x potensi yang lebih besar terkena osteoarthritis atau peradangan terhadap tulang rawan, baik secara biologis, hormon, maupun genetik. Nah, olahraga bersepeda juga menjadi olahraga yang tepat untuk mengatasi hal ini.

6. Meningkatkan kesehatan mental

Menurut Mental Health Foundation, di Inggris, wanita mengalami risiko gangguan mental dua kali lebih besar dari pria. Nah, selain menjadi aktivitas fisik yang menyehatkan tubuh, manfaat olahraga sepeda yang lain adalah untuk melepaskan lebih banyak hormon dopamin, yakni hormon yang memicu rasa bahagia. Dengan meningkatkan pelepasan dopamin, perasaan stres, gangguan kecemasan, hingga depresi akan lebih muda reda.

7. Memperpanjang usia

Siapa sangka aktivitas fisik yang sangat mudah dan terlihat sepele seperti bersepeda dapat membantumu memperpanjang usia? Jika kamu melakukan olahraga sepeda dengan intensitas tinggi, tubuhmu dapat mencegah penuaan yang lebih cepat bahkan hingga ke tingkatan sel. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik yang berat dapat meningkatkan fungsi dan kapasitas mitokondria yang membuatmu menjadi lebih awet muda.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada para pesepeda Tour de France menunjukkan bahwa mantan pesepeda memiliki usia rata-rata 81,5 tahun, sementara populasi umum memiliki rata-rata usia hidup hanya sampai 73,5 tahun.

Tips aman bersepeda yang aman untuk kesehatan

Untuk bisa mendapatkan manfaat olahraga bersepeda secara optimal, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Apalagi jika kamu memiliki penyakit seperti jantung, pengeroposan tulang dan sejenisnya. Nah, jika sudah kamu bisa memulainya dengan tips aman berikut ini!

  • Gunakan pelindung untuk menghindari cedera jika terjatuh dari sepeda, seperti helm sepeda dan pelindung siku dan lutut.
  • Pakai pakaian yang nyaman dan aman untuk bersepeda. Sebaiknya hindari memakai celana yang longgar untuk menghindari tersangkut di rantai sepeda.
  • Periksa keamanan sepeda, mulai dari rem, setang, ban, dan jok sepeda.
  • Gunakan ukuran sepeda yang sesuai dengan kondisi tubuhmu, misalnya tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Bersepeda dengan tertib di jalan dan gunakan lajur khusus sepeda jika tersedia.

Yuk olahraga kardio dengan bersepeda!

Nah, itulah beberapa manfaat olahraga sepeda yang bisa kamu dapatkan, terutama bagi wanita. Menurut Very Well Fit, bersepeda merupakan olahraga kardiovaskular yang sangat baik untuk membakar kalori dan membentuk otot tubuh bagian bawah. Bersepeda juga merupakan olahraga yang ramah bagi kamu yang sering mengeluh soal sakit sendi.

Kamu bisa melakukan olahraga sepeda mulai dari 30-60 menit, setidaknya 3-5 kali seminggu. Hal ini dilakukan agar kamu mendapatkan manfaat olahraga sepeda yang lebih maksimal. Selain manfaat dari segi fisik, dengan bersepeda di luar rumah, kamu juga bisa memperoleh manfaat tambahan, seperti berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan menikmati keindahan alam. Yuk, mulai olahraga sepeda untuk tingkatkan kebugaran!

Reference
Share