crab mentality

Stressed Asian businesswoman feeling tired, headache and exhausted with her overloaded financial paperwork document at her finance consulting company office. Stressed, depression and business concept

Crab mentality adalah pola pikir yang egois tetapi banyak diderita orang. Cara terbaik untuk menggambarkan crab mentality adalah dengan ungkapan, “Jika saya tidak dapat memilikinya, kamu tidak dapat memilikinya”. Istilah ini muncul dari pengamatan perilaku kepiting yang ditangkap dalam ember. 

Secara teori, kepiting yang terperangkap ini dapat melarikan diri satu demi satu, tetapi setiap kali salah satu mencoba memanjat, yang lain merusak upaya dan mencegahnya. Seringkali, kepiting menunggu sampai kepiting yang melarikan diri hampir bebas sebelum menariknya kembali. Pada akhirnya, ini akan menyebabkan kegagalan semua kepiting untuk bebas.

Siapa saja yang bisa mengalami crab mentality?

Sebenarnya, terlalu banyak orang yang menjadi korban crab mentality tanpa disadari. Ini karena lingkungan atau bahkan seseorang yang mereka cari untuk nasihat dan bimbingan. Seringkali, kita memberikan bobot yang lebih besar pada nasihat dari mereka yang lebih tua dan lebih berpengalaman. 

Namun, kata-kata mereka mungkin dipengaruhi oleh penyesalan bahwa mereka tidak mencapai lebih banyak di masa muda mereka, dan secara tidak sadar bermain untuk menjaga agar generasi berikutnya tetap beroperasi dalam batas yang sama.

Individu yang bersangkutan mungkin benar-benar percaya bahwa kata-kata dan bimbingan mereka adalah yang terbaik, tetapi secara tidak langsung dan tidak sengaja mereka membatasi orang lain dan membatasi potensi penuh pencapaian di masa depan. 

Ini adalah fakta yang terlalu umum bahwa terlalu banyak orang kehilangan ambisi dan tujuan mereka karena lingkungan dan orang-orang di sekitar mereka adalah pemilik crab mentality. Contoh kehidupan nyata dari crab mentality, seperti berikut ini:

1. Kesehatan Jasmani

Contohnya adalah ketika kamu ingin menurunkan berat badan, tetapi “kepiting” meyakinkan kamu bahwa kamu terlihat “baik-baik saja” dan tidak apa-apa untuk memanjakan diri. 

2. Kesehatan Keuangan

Ini mungkin saat kamu mencoba menghemat uang, tetapi “kepiting” mengundang kamu ke makan malam yang mahal dan membuat kamu merasa bersalah jika mencoba menolak tawaran itu. Mereka mungkin juga membuat kamu merasa tidak enak karena membawa makan siang sendiri ke tempat kerja ketika kru ingin pergi keluar setiap hari.

3. Sukses Profesional

Contoh yang baik di sini adalah ketika kamu mendapatkan promosi yang layak, tetapi “kepiting” menarik kamu ke bawah dengan menyiratkan bahwa kamu tidak mendapatkannya secara adil. Ini mungkin terjadi terutama jika kamu tiba-tiba memiliki posisi lebih tinggi daripada kepiting lainnya karena mereka dapat saling memakan untuk menjatuhkan kamu.

4. Sukses Sementara

Seperti ini, kamu serius dalam membuat proposal produk hingga lembur, tetapi “kepiting” di kantor menghalangi jalanmu dengan meremehkan rencana kamu untuk melakukannya atau mempersulit kamu untuk beralih ke posisi baru.

5. Kesehatan Sosial

Contohnya adalah ketika “kepiting” menyebarkan desas-desus buruk tentang kamu atau orang lain. “Kepiting” lebih suka menghancurkan orang lain daripada berbicara tentang ide dan solusi untuk masalah.

Tanda-tanda orang mengalami crab mentality

Sangat berguna untuk mengetahui apakah seseorang—termasuk kamu—memiliki crab mentality. Tanda utama dari crab mentality adalah bahwa seseorang sering mencoba untuk mengecilkan hati atau menyabotase orang lain, dalam kasus di mana tidak ada manfaat langsung untuk melakukannya.

Mau tahu apakah kamu termasuk punya crab mentality? Coba cek tanda-tanda lain bahwa seseorang mungkin memiliki crab mentality berikut ini!

  • Ekspresi kepuasan terhadap kemalangan orang lain.
  • Kurangnya kasih sayang terhadap orang lain.
  • Ketidakmampuan untuk bekerja dengan baik dengan orang lain.
  • Kecenderungan untuk berbicara negatif tentang orang lain.
  • Bereaksi negatif terhadap pencapaian orang lain, seringkali secara otomatis.
  • Mencoba mengambil bagian dalam pencapaian orang lain, dalam upaya untuk menandingi atau merendahkannya.
  • Melihat pencapaian orang lain sebagai cerminan negatif pada diri sendiri.
  • Kecenderungan untuk memandang orang lain sebagai persaingan langsung dengan diri sendiri, meskipun sebenarnya tidak demikian.
  • Mengeluh dan mengkritik terus-menerus, seringkali tanpa usaha untuk memecahkan masalah.
  • Ketidakamanan dan kepahitan terhadap kemampuan, pencapaian, atau status diri sendiri. Namun, beberapa orang mungkin menunjukkan pola yang berlawanan, dan mencoba untuk meningkatkan kemampuan, prestasi, atau status mereka sendiri, dalam upaya untuk mengurangi orang lain.

Cara mengatasi crab mentality

Langkah pertama untuk menghindari crab mentality adalah dengan mengenali fakta bahwa kamu sedang menunjukkannya, atau bahwa kamu akan melakukannya. kamu dapat melakukan ini dengan memeriksa tanda-tanda umum dari crab mentality, tetapi hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah apakah pikiran, pernyataan, atau tindakan kamu melibatkan mengecilkan hati atau menyabotase seseorang tanpa alasan yang jelas.

Setelah kamu menyadari bahwa kamu memiliki crab mentality, kamu harus mencoba menyelesaikan masalah mendasar yang menyebabkan kamu melakukannya. Misalnya, jika masalah kamu adalah bahwa kamu menderita bias zero-sum, yang berarti bahwa kamu cenderung berasumsi bahwa pencapaian orang lain tentu mengurangi pencapaian kamu sendiri. Kamu dapat mempertimbangkan apakah ini benar-benar masalahnya.

Selanjutnya, kamu dapat mencoba untuk mempromosikan pola berpikir positif yang dapat membantu menghindari mentalitas ini. Misalnya, alih-alih terobsesi dengan apa yang dilakukan dan dicapai orang lain, kamu fokus pada tujuan dan kemajuan kamu sendiri.

Demikian pula, kamu dapat mencoba mencari aspek positif dari pencapaian orang lain. Misalnya, jika kamu melihat seseorang mencapai sesuatu yang juga ingin kamu capai, maka alih-alih merasa pahit dan berusaha mengurangi pencapaiannya, kamu dapat mencoba melihat pelajaran apa yang dapat kamu pelajari dari mereka ketika menyangkut pencapaian kamu sendiri. 

Apa yang harus dilakukan jika kamu menjadi korban crab mentality?

Berada di lingkungan yang buruk bukanlah sepenuhnya kesalahanmu. Namun, jika kamu tetap berada di lingkungan itu dan tidak berusaha untuk keluar, maka kamu sendirilah yang harus disalahkan. 

Meskipun mungkin tidak mungkin untuk meninggalkan situasi tersebut, kamu dapat memulainya dengan orang-orang di sekitarmu. Temukan grup atau rekan baru dengan pola pikir yang sama, atau bahkan lebih positif dari kamu sendiri. Identifikasi dan meminimalkan pengaruh negatif di sekitar kamu  dan mendorong kamu untuk tumbuh.

Semakin banyak suara negatif di sekitarmu, semakin besar potensi mereka untuk memengaruhi kamu secara negatif dan membuat kamu mundur. Identifikasi penghancur mimpi ini dan jauhi mereka (terlepas dari siapa mereka). Jika memang anggota keluarga yang sangat dekat maka belajarlah untuk menerima nasihat mereka dengan sedikit garam, dan hindari berbicara dengan mereka tentang topik tertentu yang mengaktifkan crab mentality mereka.

Setelah kamu mengeluarkan diri dari lingkaran negatif itu, kamu dapat mulai membangun kembali lingkunganmu dengan orang-orang berpengaruh positif.

Share artikel ini
Reference